Nasional

4 Keutamaan Bulan Maulid, Ketahui Amalan Spesial untuk Mengeruk Keberkahannya

LiveNews – Berdasarkan kalender Hijriah, bulan ini adalah bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW atau bulan Maulid Nabi. Menurut Alquran dan hadis, bulan Maulid Nabi ini memiliki sejumlah keutamaan. Lantas, apa saja keutamaan bulan Maulid Nabi? Berikut ulasannya.

Diketahui, Nabi Muhammad SAW  lahir pada 12 Rabiul Awwal pada tahun Gajah. Seperti yang disebutkan diatas, bulan lahirnya Nabi SAW ini disebut juga sebagai bulan Maulid Nabi. Tahun ini, Maulid Nabi bertepatan dengan tanggal 27-28 September 2023.

Pada bulan Maulid tersebut, terdapat sejumlah keutamaan. Untuk selengkapnya, berikut ini keutamaan bulan Maulid Nabi yang dirangkum dari berbagai sumber.

1.  Bulan penuh barokah

Baca Juga:Contoh Undangan Maulid Nabi yang Bisa Diedit, Bisa Langsung Copas!

Kelahiran Nabi SAW pada bulan Rabiul Awwal membuat bulan tersebut  penuh dengan barokah. Karena pada bulan tersebut Allah SWT mengirim Nabi Muhammad  SAW sebagai rahmat untuk alam semesta sebagaimana tertuang dalam surat Al Anbiya ayat 107 berikut ini.

“Dan tidaklah Kami mengutus engkau (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam,”  (QS Al Anbiya: 107).
 
2. Disunahkan banyak bershalawat

Bulan Maulid merupakan bulan penuh barokah, itulah mengapa pada bulan ini disunahkan agar umat Muslim banyak bershalawat kepada Nabi SAW, keluarga, serta para sahabat. Anjuran bershalawat ini tertuang dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 56 berikut ini.

“Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS Al-Ahzab: 56)

Selain tertuang dalam Alquran, anjuran bershawalat kepada Nabi SAW juga tertuang dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini.

Baca Juga:55 Link Twibbon Maulid Nabi 2023 Terbaru, Desain Keren dan Islami

Baca Juga:   Mobil Alphard Pergi Tinggalkan Mapolda Metro Jaya, Mentan SYL Tak Nampak

 “Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali,” (HR Muslim).

3. Waktu bergembira

Bulan Rabiul Awwal merupakan waktu untuk bergembira menyambut hari lahirnya Nabi Muhammad SAW yang merupakan sosok teladan. Ini tercantum dalam Al quran surat Al Ahzab ayat 21 berikut ini

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah,” (QS Al-Ahzab: 21)

4. Rasulullah wafat

Selain sebagai hari lahirnya Nabi Muhammad SAW, bulan Rabiul Awwal juga disebut sebagai bulan wafatnya Nabi Muhammad SAW. Nabi SAW meninggal di usianya yang ke 63 tahun selepas menunaikan haji wada’ (haji perpisahan).

Demikian ulasan mengenai keutamaan bulan Maulid Nabi yang perlu diketahui umat Muslim. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Related Articles

Back to top button