Tekno

5 Fitur iOS 18 yang Diadopsi Apple dari Android

Sumber poto : https://techychemist.com

LiveNews – Apple resmi meluncurkan sistem iOS18 teranyar untuk iPhone dalam gelaran WWDC 2024 di Apple Park, Cupertino, AS. salah satu pembaruan paling signifikan pada iOS 18 adalah kemampuan personalisasi (custom). Hal ini memberikan kebebasan pada pengguna untuk menyetel iPhone sesuai selera. 

Namun, HP Android sudah lama menawarkan keunggulan serupa. Berikut beberapa fitur baru pada iOS 18, Menilik kembali ke belakang dari kegembiraan dan hype awal seputar pengumuman iOS 18, tidak perlu waktu lama untuk melacak asal-usul banyak fitur baru sistem operasi ini ke pesaing gelembung hijau tertentu.

Baca juga : Wajib Tahu! Apple Rilis iOS 18 dengan Fitur Terbaru

Berikut ini, Fitur Baru di iOS 18, yang  Mengambil Inspirasi Kreatif Langsung dari Dunia Android.

1. Pengaturan Cepat Pihak Ketiga serta Dapat Diperluas 

Pusat Kontrol mengadopsi modularitas yang sangat dibutuhkan Control Center telah menjadi bagian integral dari pengalaman iOS sejak diluncurkan pada iOS 7. Control Center menyediakan serangkaian pengaturan cepat yang berguna untuk menyesuaikan Wi-Fi, Bluetooth dan lainnya saat berpergian. Meskipun demikian, hal ini sudah lama tertinggal dari implemetansi Android dalam hal penyesuaian dan fleksibitas.

Dengan iOS 18, Apple telah membuka Control Center untuk dimanfaatkan oleh para pengembang, hampir sama dengan cara kerjanya di Android. Kamu dapat menyesuaikan tata letak dengan cara yang jauh  lebih terperinci daripada versi iOS sebelumnya, membuat sistem ini bisa dibilang lebih fleksibel daripada apa yang ditawarkan di sebagian besar versi Android.

2. Kustomisi Layar Beranda

Layar beranda iPhone, ala Android, Menggemakan fleksibilitas tambahan yang dibawah oleh Control Center yang baru, Apple telah membuka pintu lebar-lebar dalam hal penyesuaian layar beranda. Sekarang tampilannya menyerupai layar beranda Android pada umumnya, baik dan buruknya.

Baca Juga:   Adobe Lightroom Rilis Fitur Edit Gambar Ultra HD untuk Android

Dari perubahan kecil seperti memungkinkan kamu menempatkan ikon aplikasi di mana saja, layar, hingga penambahan yang lebih mudah seperti palet warna ikon khusus, seluruh sistem kustomisasi terlihat dan terasa selaras dengan banyak peluncur Android terbaik di luar sana.

3. Kontrol Layar Kunci yang Dapat Ditukar

Kamu, akhirnya dapat menambahkan pintasan kalkulator ke layar kunci. Dua ikon pintasan yang selalu ada di layar kunci iPhone kamu tombol senter dan kamera, sekarang akhirnya dapat ditukar dengan tindakan lain mulai iOS 18. Ini adalah fitur yang baru saja ditambahkan Google ke dalam pengalaman Android vanilla, namun fitur ini sudah ditawarkan oleh produsen peralatan asli (OEM) selama bertahun-tahun. Implementasi Apple memiliki fitur lengkap dengan banyak piihan opsi dan pengaturan untuk dipilih.

4. Bagian Aplikasi yang Terkunci dan Tersembunyi

Dimana ini saat Face ID pertama kali diperkenalkan, iOS 18 membuka fungsi baru yang memungkinkan kamu untuk menyembunyikan masing-masing aplikasi dan menguncinya dengan aman di balik autentiksi biometrik jika kamu menginginkannya. Fitur ini memiliki kegunaan yang jelas, variannya telah ada di seluruh ponsel Android selama beberapa tahun. Sebagian besar peluncur Android memungkinkan kamu untuk menyembunyikan aplikasi yang tidak ingin kamu hapus dari layar dan fungsi folder pribadi yang lebih berbasis keamanan juga tersedia. Fitur ruangan pribadi khusus adalah yang baru saja diperkenalkan oleh Google sendiri ke ekosistem Android yang lebih luas, dan sangat menyenangkan melihat Apple ikut serta.

5. Dukungan untuk Pesan RCS

SMS tidak lama lagi untuk dunia ini, kami tahu hal ini akan datang  dan ini jelas bukan hasil dari kemurahan hati Apple. Inti dari teknologi RCS adalah menghadirkan fitur-fitur SMS modern termasuk tanda terima yang sudah dibaca, indikator pengetikan dan multimedia yang lebih berkualitas kepada masyarakat luas, sebagai pengganti SMS kuno.

Baca Juga:   Pengguna Keluhkan Baterai iPhone 15 Pro Bengkak Padahal Belum Lama Dipakai

6. Mode Gaming

Mode Gaming menajdi fitur baru yang turut di hadirkan Apple ke iOS. Pengalaman bermain game yang lebih imersif. Tingkat refresh rate yang tinggi bakal menawarkan kinerja bermain game yang maksimal. Fitur ini sudah hadir sejak Android 12. Saat mengaktifkan Gamg mode, akan ada fitur perekaman layar, mode DnD (Do not- Disturb), menghitung frame per second (fps). Tujuannya sama, mengoptimalkan pengalaman bermain game sambil menawarkan kinerja terbaik.

7. Fitur Perekam Panggilan Suara

Kemampuan merekam suara iOS 18 sejatinya juga sudah lebih dulu dimiliki HP Android. Google sudah memperkenalkan fitur merekam suara di Google Pixel pada 2021. Saat ini, fitur juga hadir di iOS 18. Apple mengungkapkan bahwa pengguna tidak hanya dapat merekam panggilan saja, tetapi juga mampu membuat transkip secara real-time (langsung) saat melakukan panggilan suara. Agar tidak bentrok dengan undang-undang di negara setempat, Apple menyiasatinya dengan memberitahu penerima telepon soal perekam suara selama panggilan berlangsung.

8. Menghapus Objek Foto

Pengguna bisa menghapus objek yang tidak diinginkan, tanpa melalui apalikasi pihak ketiga. Fitur ini diberi nama Clean Up. Fungsinya sama seperti Magic Eraser yang ada di smartphone Android. Google sudah memperkenalkan Magic Eraser ke Pixel 6 dan Pixel 6 Pro pada 2021. Alat edit ini memungkinkan pengguna menghapus objek atau orang tertentu yang tidak diinginkan muncul ke frame foto.

Baca berita dan artikel lainnya di  Google News

(ay) 

 

Related Articles

Back to top button