Tekno

7 Alasan Harga Kripto Menurun: Ketahui Sebelum Investasi di Dunia Kripto

Sumber foto: Pexels

Cryptocurrency adalah aset digital yang nilainya fluktuatif dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Pemahaman tentang faktor-faktor ini dapat membantu dalam menganalisis dan memprediksi pergerakan harga cryptocurrency. 

Dalam artikel ini akan membahas tujuh faktor utama yang mempengaruhi harga cryptocurrency, yaitu: Penawaran dan Permintaan, Utilitas/Tokenomik, Kapitalisasi Pasar, Pengembangan, Rasa Takut dan Serakah, Regulasi, dan Persaingan.

1. Supply & Demand

Faktor pertama yang mempengaruhi harga cryptocurrency adalah penawaran dan permintaan. Hukum dasar ekonomi berlaku di pasar cryptocurrency; jika permintaan melebihi penawaran, maka harga akan naik, dan sebaliknya. 

Misalnya, jika ada banyak investor yang ingin membeli Bitcoin tetapi pasokannya terbatas, harga Bitcoin akan naik. Demikian pula, jika ada banyak investor yang ingin menjual Bitcoin tetapi permintaannya rendah, harga Bitcoin akan turun.

Sebagai contoh, pada tahun 2021, permintaan terhadap Bitcoin meningkat pesat karena banyak institusi dan individu yang mulai mengadopsi cryptocurrency. Hal ini meningkatkan permintaan Bitcoin dan menyebabkan harga Bitcoin melonjak. Namun, jika ada peningkatan penjualan Bitcoin yang signifikan, harga Bitcoin dapat turun karena penawaran melebihi permintaan.

2. Utility/Tokenomics

Faktor kedua yang mempengaruhi harga cryptocurrency adalah utilitas atau tokenomics. Utilitas merujuk pada kegunaan atau manfaat yang diberikan oleh cryptocurrency. 

Misalnya, jika suatu cryptocurrency memiliki banyak kasus penggunaan yang nyata dan dapat diandalkan, permintaan akan meningkat dan harga akan naik.

Selain itu, tokenomics juga dapat mempengaruhi harga cryptocurrency. Tokenomics mencakup faktor-faktor seperti total pasokan token, persentase token yang beredar, dan mekanisme pembakaran atau pembelian kembali token. Jika ada mekanisme yang mendukung permintaan atau mengurangi pasokan, harga cryptocurrency dapat meningkat.

Sebagai contoh, Ethereum (ETH) adalah salah satu cryptocurrency yang memiliki utilitas yang luas. Ethereum digunakan sebagai biaya transaksi di jaringan blockchain Ethereum dan juga digunakan untuk membangun aplikasi desentralisasi (DApps). 

Baca Juga:   Itel A70, Smartphone Android Mirip iPhone 15 Pro Max dengan Harga Terjangkau

Karena tingginya utilitas Ethereum, permintaan terhadap Ethereum meningkat, yang kemudian mempengaruhi harga Ethereum.

3. Kapitalisasi Pasar (Market Cap)

Faktor ketiga yang memengaruhi harga cryptocurrency adalah kapitalisasi pasar atau market cap. Kapitalisasi pasar adalah jumlah total uang yang diinvestasikan dalam suatu cryptocurrency. Kapitalisasi pasar mempengaruhi likuiditas dan stabilitas harga cryptocurrency.

Cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar yang besar cenderung lebih stabil dan memiliki volatilitas yang lebih rendah. 

Misalnya, Bitcoin memiliki kapitalisasi pasar yang sangat besar, sehingga harganya cenderung tidak terpengaruh oleh pergerakan pasar yang kecil. Sebaliknya, cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar yang kecil cenderung memiliki volatilitas harga yang tinggi.

Sebagai contoh, pada saat penulisan artikel ini, Bitcoin memiliki kapitalisasi pasar sekitar 11420 triliun rupiah, sementara token DeFi seperti LINK memiliki kapitalisasi pasar sekitar 126  triliun rupiah. Perbedaan kapitalisasi pasar ini mempengaruhi volatilitas harga Bitcoin dan LINK.

4. Development

Faktor keempat yang mempengaruhi harga cryptocurrency adalah pengembangan. Inovasi dan pengembangan terus-menerus adalah penting untuk pertumbuhan dan penerimaan cryptocurrency. 

Proyek cryptocurrency yang aktif dalam pengembangan dan terus memperbarui teknologi mereka cenderung memiliki performa yang lebih baik dan menarik minat investor.

Sebagai contoh, Ethereum adalah salah satu proyek cryptocurrency yang terus-menerus mengembangkan dan memperbaharui teknologi mereka. Pengembangan Ethereum 2.0, yang memperkenalkan PoS (Proof of Stake) sebagai mekanisme konsensus, telah menarik minat banyak investor dan mempengaruhi harga Ethereum secara positif.

5. Rasa Takut dan Serakah (Fear & Greed)

Faktor kelima yang mempengaruhi harga cryptocurrency adalah rasa takut dan serakah (fear and greed). Emosi dan psikologi investor dapat mempengaruhi harga cryptocurrency dengan cara yang signifikan. 

Saat investor merasa takut, mereka cenderung menjual cryptocurrency mereka, sehingga menyebabkan harga turun. Sebaliknya, saat investor merasa serakah, mereka cenderung membeli lebih banyak cryptocurrency, sehingga menyebabkan harga naik.

Baca Juga:   Siap-Siap! Live Shopping dan Streaming Game Bakal Hadir di Twitter Alias X

Sebagai contoh, jika harga Bitcoin telah mengalami kenaikan yang signifikan dalam waktu singkat, banyak investor mungkin merasa serakah dan ingin mendapatkan keuntungan lebih lanjut dengan membeli Bitcoin. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan permintaan dan kenaikan harga yang lebih lanjut. Namun, ketika harga mencapai titik puncak dan mulai menurun, rasa takut bisa muncul dan memicu penjualan massal, yang kemudian menurunkan harga.

6. Regulasi

Faktor keenam yang mempengaruhi harga cryptocurrency adalah regulasi. Regulasi pemerintah terhadap cryptocurrency dapat memiliki dampak signifikan terhadap harga. Ketika pemerintah memperkenalkan aturan baru yang membatasi atau melarang penggunaan cryptocurrency, hal ini dapat menyebabkan penurunan harga yang tajam.

Sebagai contoh, beberapa negara telah melarang atau membatasi penggunaan cryptocurrency, seperti China yang melarang pertukaran cryptocurrency. Kebijakan ini dapat menyebabkan penurunan harga cryptocurrency yang terkait dengan negara tersebut. 

Di sisi lain, negara-negara seperti Jepang telah mengadopsi dan mengatur cryptocurrency, yang dapat meningkatkan harga dan adopsi cryptocurrency.

7. Persaingan

Sumber foto: Unsplash

Faktor terakhir yang mempengaruhi harga cryptocurrency adalah persaingan. Semakin banyak cryptocurrency baru yang diluncurkan, semakin banyak pilihan yang tersedia bagi calon investor. 

Persaingan antara cryptocurrency dapat mempengaruhi harga dan permintaan. Jika cryptocurrency baru yang menarik diluncurkan dengan fitur-fitur yang lebih baik atau teknologi yang lebih canggih, hal ini dapat mengurangi permintaan dan harga cryptocurrency yang sudah ada.

Sebagai contoh, saat ini ada ribuan cryptocurrency yang bersaing di pasar. Beberapa cryptocurrency, seperti Binance Coin (BNB), telah berhasil menarik minat investor dengan fitur-fitur seperti biaya transaksi yang rendah dan kemudahan penggunaan. Persaingan ini dapat mempengaruhi harga cryptocurrency yang sudah ada dan mendorong inovasi di pasar.

Baca Juga:   Tips Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Anda

Pada kesimpulannya, harga cryptocurrency dipengaruhi oleh berbagai faktor yang kompleks dan saling berhubungan. 

Dalam membuat keputusan investasi yang cerdas perlu memahami dan menganalisis faktor-faktor ini dengan cermat. Namun, perlu diingat bahwa pasar cryptocurrency sangat tidak stabil, dan harga dapat berubah dengan cepat.

Miliki mitra keuangan yang dapat diandalkan adalah langkah yang bagus. Nusa Finance hadir sebagai solusi untuk mendukung analisis investasi Anda. Dengan layanan keuangan kripto yang terpercaya, Nusa Finance menyediakan berbagai alat dan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan investasi yang informasional dan tepat.

Tentang Nusa Finance

Dokumentasi: Nusa Finance

Nusa Finance adalah platform Web3 penyedia layanan keuangan terdesentralisasi terlengkap pertama dari Indonesia. Fitur unggulan Nusa adalah pasar pinjaman kripto dimana pengguna dapat meminjamkan dan menjaminkan aset kripto untuk membantu proses trading. Nusa bertujuan untuk membuat platform Web3 mudah diakses oleh siapa saja.

Kenali Nusa Finance lebih lanjut

Penjelasan lengkap : Docs Nusa finance

Kunjungi website : Nusa Finance

Bergabung di komunitas : Nusa Finance Indonesia 

Referensi

Arti. (2023, June 22). Top 10 Factors Influencing Crypto Market Volatility. Analytics Insight. Retrieved November 24, 2023, from https://www.analyticsinsight.net/top-10-factors-influencing-crypto-market-volatility/

ichsan. (2023, May 6). 5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Crypto. Pintu. Retrieved November 24, 2023, from https://pintu.co.id/academy/post/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-harga-crypto

Mihaila, R. (2021, December 12). The 7 Key Factors Influencing Cryptocurrency Value. MakeUseOf. Retrieved November 24, 2023, from https://www.makeuseof.com/factors-influencing-the-cryptocurrency-value/

Rahmaesya, N. (2022, June 17). Kenapa Harga Crypto Turun? Berikut 5 Faktor Penyebabnya. Pintu. Retrieved November 24, 2023, from https://pintu.co.id/academy/post/kenapa-harga-crypto-turun

Vermaak, W. (2021, August 21). Why Do We Get Extreme Bitcoin Price Drops? CoinMarketCap. Retrieved November 24, 2023, from https://coinmarketcap.com/academy/article/why-do-we-get-extreme-bitcoin-price-drops

Related Articles

Back to top button