Nasional

Anak Bisnis Yang Kini Jadi Ketum Partai

LiveNews – Bisa jadi tak banyak yang menyangka sosok Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo bakal jadi ketua umum partai. Okelah, jika melihat rekam jejak saudaranya yang ikut terjun ke politik, setidaknya ia pun sama.

Namun, dengan tak terduga dan tak banyak proses ini itu, Kaesang langsung didaulat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Ia memang sudah cukup lama dikait-kaitkan dengan partai berlambang tangan memegang mawar itu.

Setelah diberi kartu tanda anggota (KTA) pada Sabtu (23/9/2023) berselang dua hari kemudian pada Senin (25/9/2023), Kaesang resmi menjabat Ketum PSI menggantikan Giring Ganesha.

Dari beberapa catatan, Kaesang merupakan Ketum partai termuda. Umurnya baru 28 tahun, usianya baru genap 29 tahun pada Desember 2023 mendatang.

Baca Juga:Bocorkan Inisial Capres yang Didukung Projo, Budi Arie: Depannya ‘P’

Kemunculannya di kancah politik nasional pun menuai rekor, ia adalah ketum partai termuda yang berkonstentasi di Pemilu 2024. Keputusannya terjun ke dunia politik langsung menuai reaksi dari sejumlah elite partai maupun analis.

Banyak yang mengucapkan selamat, namun ada juga analis yang pesimis karena melihat rekam jejaknya. Di mana Kaesang sebelumnya lebih ‘sibuk’ di dunia bisnis ketimbang politik.

Berikut daftar bisnis Kesang yang sukses hingga sekarang:

Sang Pisang

Sang Pisang menawarkan jajanan manis berbahan baku pisang. Produk olahan utamanya adalah pisang nugget. Gerai pertama bisnis Kaesang Pangarep ini buka pada November 2017 dan sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia sampai Malaysia. Sang Pisang melakukan rebranding pada salah satu gerai di Depok, Jawa Barat.

Baca Juga:Rencana Sowan ke Jokowi sebagai Ketum PSI, Kelakar Kaesang: Bisa Lewat Jalur Belakang

Baca Juga:   Kedapatan Bawa Celurit, Tiga Remaja Tanggung di Cengkareng Diamankan Polisi

iColor

iColor merupakan bisnis jasa servis barang-barang elektronik merek Apple. Selain itu, iColor juga menjual suku cadang barang elektronik tersebut. Bisnis ini dibuat Kaesang dengan kolaborasi bersama sang kakak, Gibran Rakabuming Raka.

Mangkokku

Berkolaborasi dengan chef Arnold Puernomo, Kaesang Pangarep menawarkan produk makanan berkemasan mangkok dengan merek MangkokKu. Menu unggulan yang ditawarkan oleh MangkokKu adalah lauk pauk bercitarasa nusantara.

Tugas Negara Bos

Selain usaha kuliner, Kaesang Pangarep juga menjalankan usaha konveksi berfokus pada produksi jas hujan dan kaos. Bisnis yang mulai dirilis pada 2017 ini dibangun bersama teman-temannya dan dipasarkan melalui layanan e-commerce Tokopedia. Jas hujan dengan tulisan Tugas Negara Bos ini pernah viral di media sosial karena banyak dipakai oleh ojol.

Kerjaholic

Bisnis Kaesang Pangarep yag satu ini berupa aplikasi khusus pencari kerja yang bertujuan membantu pencari kerja, utamanya fresh graduate untuk membangun relasi dengan pekerja berpengalaman. Untuk sementara, penggunaan platform ini masih terbatas, hanya di wilayah Surakarta, Yogyakarta, dan Semarang saja.

Related Articles

Back to top button