Tekno

Apple Peringatkan Pengguna untuk Mengecas iPhone dengan Benar, Simak Panduannya!

Sumber: Pexels.com

LiveNews – Apple, perusahaan teknologi terkemuka yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat, telah mengeluarkan peringatan serius kepada para pengguna iPhone mengenai cara yang benar untuk mengisi daya perangkat mereka.

Laporan tersebut dipublikasikan melalui situs resmi Apple dengan judul “Important Safety Information for iPhone” (Informasi Keselamatan Penting untuk iPhone).

Dalam pernyataannya, Apple menekankan betapa pentingnya untuk mengikuti panduan keselamatan yang diberikan. Mereka menjelaskan bahwa mengabaikan panduan tersebut dapat mengakibatkan risiko kebakaran, sengatan listrik, cedera, atau bahkan kerusakan pada iPhone dan properti lainnya.

Salah satu poin utama dalam panduan keselamatan adalah tentang cara mengisi daya iPhone dengan benar. Apple menyarankan agar pengguna tidak mengisi daya iPhone mereka dengan menggunakan kabel (wired) atau tanpa kabel (wireless) dan menempatkannya di bawah bantal atau selimut semalaman. 

“Hal ini penting untuk mempertahankan iPhone, kabel pengisi daya, dan power adapter, ataupun pengisi daya nirkabel berada di area yang berventilasi, baik saat digunakan ataupun sedang mengisi daya,” ujar Apple. 

Hal ini sangat penting untuk menjaga agar perangkat, kabel pengisi daya, dan adaptor daya tetap dalam kondisi yang aman, terutama dengan memastikan adanya sirkulasi udara yang baik saat perangkat sedang digunakan atau diisi daya.

Baca juga: AirDrop iPhone dan Macbook Kamu Bermasalah? Ini Cara untuk Mengatasinya

Menempatkan iPhone yang sedang diisi daya di tempat yang sempit, seperti di atas bantal, kasur, atau selimut, dapat menyebabkan perangkat cepat panas atau overheat. Kondisi ini dapat mengurangi kualitas perangkat keras iPhone dan bahkan membuatnya tidak nyaman saat digunakan. 

Selain itu, Apple juga mengimbau pengguna untuk tidak tidur berdekatan dengan iPhone yang sedang diisi daya semalaman. Kontak yang terlalu lama antara perangkat dan tubuh pengguna dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau bahkan kejadian yang tidak diinginkan.

Baca Juga:   Satya Nadella Umumkan Investasi Microsoft Rp 27,6 Triliun di Indonesia

Untuk menghindari risiko ini, Apple menyarankan agar lokasi pengguna dan iPhone yang sedang diisi daya diberi jarak yang cukup, dan tidak terlalu dekat atau bersentuhan langsung dengan kulit badan.

Mereka juga menekankan pentingnya menggunakan charger resmi dari Apple yang telah memenuhi standar keamanan internasional, atau jika menggunakan kabel pengisi daya dari pihak ketiga, pastikan bahwa adaptor dan kabel tersebut juga memenuhi standar keselamatan yang sama.

Spesifikasi dari charger Apple 20 watt termasuk frekuensi 50 Hz hingga 60 Hz dalam satu fase, dengan lini voltase mulai dari 100 volt hingga 240 volt, dan daya output 5V/3A atau 9V/2.2A. Penting untuk memastikan bahwa kabel output menggunakan port USB-C. 

Apple menekankan bahwa penggunaan kabel atau adaptor yang rusak dapat menyebabkan kebakaran, sengatan listrik, cedera, atau bahkan kerusakan permanen pada iPhone dan properti lainnya.

“Memakai kabel atau pengisi daya yang rusak, mengisi daya di kondisi lembab, dapat menimbulkan kebakaran, sengatan listrik, cedera, hingga kerusakan iPhone dan properti lainnya,” jelas Apple. 

Penting untuk dicatat bahwa penggunaan charger resmi atau kabel yang kompatibel dengan iPhone dapat memastikan proses pengisian daya berlangsung dengan aman dan efisien. Dengan mematuhi panduan ini, pengguna tidak hanya dapat menjaga keselamatan perangkat mereka, tetapi juga memperpanjang umur baterai dan kinerja iPhone mereka.

Dengan mengikuti panduan keselamatan ini, pengguna dapat meningkatkan masa pakai iPhone mereka dan menghindari kerusakan di masa mendatang. Apple menegaskan bahwa kepatuhan terhadap informasi keselamatan ini adalah kunci untuk menggunakan iPhone dengan cara yang bertanggung jawab dan memastikan keselamatan diri dan smartphone mereka.

Apple berharap untuk membiasakan penggunanya dengan cara yang lebih aman dalam mengisi daya perangkat mereka. Penting untuk diingat bahwa pengguna harus menghindari pengisian daya iPhone di tempat yang sempit dan tidak langsung bersentuhan dengan tubuh, karena hal ini dapat mengurangi risiko kejadian yang tidak diinginkan.

Baca Juga:   Starlink Elon Musk Akan Hadir di Indonesia Mulai 2024

Di samping itu, Apple juga menegaskan bahwa kepatuhan terhadap panduan keselamatan ini adalah tanggung jawab setiap pengguna iPhone. Dengan mempraktikkan cara yang benar dalam mengisi daya iPhone, pengguna dapat menghindari risiko yang tidak perlu dan menikmati penggunaan perangkat mereka dengan lebih nyaman dan aman.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button