Tekno

Baru Beroperasi di Indonesia, Starlink Langsung Banting Harga

Foto: vlix

LiveNews – SpaceX memanfaatkan kunjungan Elon Musk ke Indonesia dengan memberikan diskon besar-besaran sebesar 40% untuk perangkat keras Starlink.

Menurut informasi yang diumumkan oleh Starlink di situs web resminya, diskon tersebut berlaku hingga 10 Juni 2024.

Untuk menggunakan layanan internet berbasis satelit Starlink, pengguna perlu membeli perangkat keras dengan harga mulai dari Rp 7,8 juta untuk paket residensial dan jelajah, sedangkan paket untuk kapal dapat mencapai harga Rp 43,7 jutaan.

Diskon perangkat keras Starlink hanya berlaku untuk pengguna yang mengaktifkan perangkat untuk keperluan residensial dan perjalanan, tidak berlaku untuk penggunaan di kapal. Dengan kata lain, harga yang sebelumnya Rp 7,8 juta, sekarang menjadi Rp 4,68 juta setelah diskon.

Sebagaimana diketahui, kehadiran Starlink di Indonesia ditandai dengan kunjungan layanan Elon Musk ke Puskesmas di Sumerta Kelod, Kota Denpasar, Bali pada Minggu (19/5/2024). Elon Musk melakukan penandatanganan kesepakatan dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Starlink mengklaim bahwa layanannya dapat bertahan dalam kondisi ekstrem di laut, termasuk cuaca dingin, panas, hujan es, hujan deras, dan angin topan.

Baca juga: Uji Coba Starlink di Indonesia Sempat ‘Lag’, Menkominfo: Namanya Teknologi Kan Begitu

Untuk menikmati layanan internet dari Starlink, calon pelanggan akan diminta untuk memiliki perangkat VSAT atau stasiun penerima sinyal.

Perlu dicatat bahwa biaya untuk perangkat VSAT ini merupakan biaya tambahan yang harus dikeluarkan terpisah dari biaya langganan internet.

Menurut informasi yang tersedia di Starlink.com, terdapat dua jenis VSAT yang tersedia.

  • Pertama, VSAT yang ditujukan untuk pelanggan yang akan menetap di suatu lokasi, seperti di daerah perumahan, dengan harga sekitar Rp7.800.000.
  • Kedua, VSAT yang ditujukan untuk pelanggan dengan mobilitas tinggi, seperti yang digunakan di kapal yang beroperasi aktif di perairan, dengan harga sekitar Rp43.721.590.
Baca Juga:   Memahami Tokenomik dalam Dunia Cryptocurrency

Selain itu, berdasarkan informasi yang diungkapkan di situs web tersebut, terdapat beberapa paket layanan internet yang tersedia di Indonesia, mulai dari paket personal hingga bisnis.

Ada tiga jenis paket yang ditawarkan oleh Starlink, yaitu Paket Residensial, Paket Jelajah, dan Paket Kapal.

  • Paket Residensial merupakan paket yang paling terjangkau, dengan harga mulai dari Rp750.000 per bulan. Paket ini cocok untuk pelanggan yang tinggal menetap di perumahan dan membutuhkan akses internet berkecepatan tinggi tanpa batasan.
  • Paket Jelajah, ditawarkan mulai dari Rp990.000 per bulan, dirancang khusus untuk pelanggan yang suka melakukan perjalanan darat, seperti menggunakan campervan, hidup nomaden, atau sering berada di daerah pedalaman yang membutuhkan akses internet kecepatan tinggi. Dalam Paket Jelajah, tersedia juga opsi Paket Mobile Prioritas dengan harga Rp4.345.000 per bulan untuk akses data internet sebesar 50 GB, yang termasuk dengan VSAT seharga Rp43.721.590.
  • Paket Kapal, ditawarkan mulai dari Rp4.345.000 per bulan untuk akses data internet sebesar 50 GB. Paket ini mencakup layanan global, cocok untuk perjalanan laut, dan memberikan prioritas akses jaringan. Tersedia juga Paket seharga Rp17.160.000 per bulan untuk akses data internet sebesar 1 TB, dan Paket seharga Rp86.130.000 per bulan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ny)

Related Articles

Back to top button