Tekno

BCA Bakal Tutup Permanen Rekening dengan Saldo Rp 0 Mulai Awal November 2023

Tekologi.id – Bank Central Asia (BCA) akan melakukan penyesuaian dalam ketentuan penutupan rekening secara otomatis mulai 1 November 2023. Perubahan ini adalah langkah untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, telah mengungkapkan bahwa penutupan otomatis akan diberlakukan pada rekening nasabah dengan saldo Rp 0 dan tidak ada transaksi selama 12 bulan berturut-turut.

Sebelum perubahan ini, jangka waktu rekening tidak aktif adalah 18 bulan, dan ketentuan tersebut masih berlaku hingga 31 Oktober 2023.

Rekening yang Terpengaruh

Perubahan ketentuan ini berlaku untuk beberapa jenis rekening BCA, yaitu:

  • Tahapan
  • Tahapan Gold
  • Tahapan Xpresi
  • Tapres
  • TabunganKu
  • BCA Dollar
  • Giro

Hera juga memberikan imbauan kepada nasabah agar selalu melakukan transaksi dan menjaga saldo sesuai dengan minimum yang ditetapkan untuk menghindari penutupan rekening secara otomatis.

Baca juga: Jenis Video YouTube Paling Disukai, Rekening AdSense Auto Penuh!

Dampak Penutupan Rekening

Untuk rekening nasabah yang telah tidak aktif atau ditutup secara permanen, pemiliknya tidak dapat lagi menggunakan rekening tersebut untuk melakukan transaksi perbankan.

Selain itu, rekening yang sudah ditutup tidak dapat menerima transfer dana dari rekening bank mana pun. Transaksi transfer ke rekening yang sudah ditutup otomatis akan dibatalkan, dan dana akan dikembalikan ke sumber rekening.

Cara Mengetahui Status Rekening Anda

Untuk mengetahui apakah rekening BCA Anda masih aktif atau tidak, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Coba Gunakan untuk Transaksi: Rekening aktif memungkinkan Anda melakukan semua aktivitas perbankan, seperti transfer, pembayaran, dan penarikan tunai di ATM. Jika Anda tidak dapat melakukan semua ini, dapat disimpulkan bahwa rekening Anda tidak aktif.
  • Mengecek ke Channel Perbankan: Anda juga dapat memeriksa status rekening Anda melalui layanan mobile banking dan internet banking BCA. Cek status rekening pribadi Anda di sana.

  • Menghubungi HaloBCA: Jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat menghubungi customer service di 1500888 atau melalui aplikasi HaloBCA. Tanyakan status keaktifan rekening BCA dengan menyebutkan nomor rekening Anda.

  • Datang ke Kantor Cabang Terdekat: Jika semua upaya di atas tidak membantu, Anda dapat mengunjungi kantor cabang BCA terdekat. Pastikan membawa buku tabungan, kartu Paspor BCA, dan kartu identitas (KTP) Anda. Jika rekening Anda telah ditutup secara otomatis, Anda dapat membuka rekening baru.

Dengan memahami perubahan ini dan mengikuti langkah-langkah untuk memeriksa status rekening Anda, Anda dapat menjaga agar rekening BCA Anda tetap aktif dan berfungsi dengan baik.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Baca Juga:   Aplikasi-aplikasi Ini Diunduh 600 Juta Kali di Play Store, Padahal Isinya Malware !

Related Articles

Back to top button