Bisnis

Begini Proses Pembuatan Uang Rupiah yang Tidak Bisa Dipalsukan

LiveNews – Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Bank Indonesia telah menyelenggarakan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 pada 18–20 Agustus 2023 di Istora Senayan-GBK Jakarta dengan tema “Persatuan dalam Keberagaman – Cinta Rupiah Cinta NKRI”. 

Peruri yang merupakan mitra strategis Bank Indonesia sebagai satu-satunya pihak yang ditunjuk pemerintah untuk membuat uang rupiah, turut berpartisipasi dalam acara ini. Pada kesempatan ini, Peruri menampilkan uang specimen (housenote) serta produk-produk security printing lainnya seperti buku paspor, pita cukai, meterai tempel, prangko dan dokumen pertanahan. 

Sebagai upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat, Peruri menjelaskan proses pembuatan uang rupiah dan produk security printing secara langsung kepada pengunjung booth.

Produk-produk security printing yang dihasilkan Peruri memiliki fitur-fitur keamanan tingkat tinggi sehingga dokumen vital milik negara tidak dapat diduplikasi oleh pihak manapun dan tidak dapat dipalsukan. 

Baca Juga:Saham Garuda (GIAA) Terbang Tinggi Ditengah Isu Merger dengan Pelita Air

Guna memberikan pengalaman baru kepada pengunjung, Peruri menyampaikan proses pembuatan uang rupiah secara garis besar melalui teknologi Virtual Reality (VR) sehingga pengunjung bisa lebih merasakan atmosfer proses pencetakan uang rupiah seperti di kawasan produksi Peruri. 

Seperti yang diketahui bahwa Uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2022 yang dicetak oleh Peruri ini mendapat penghargaan sebagai Best New Banknote Series dari International Association of Currency Affairs (IACA) yang diselenggarakan di Meksiko. 

Terdapat 3 (tiga) aspek utama yang menjadi alasan Uang Rupiah TE 2022 mendapatkan penghargaan tersebut. Pertama, adanya penguatan desain agar semakin mudah dikenali. 

Kedua, penguatan unsur pengaman agar semakin sulit dipalsukan. Dan yang ketiga adalah penguatan ketahanan bahan uang.

Baca Juga:   Perempuan Indonesia Wajib Berhenti dari Pekerjaan demi Tanggung Jawab Perawatan

“Sebelumnya kami sampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia yang sudah melibatkan Peruri dalam gelaran FERBI 2023 dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang nilai-nilai positif yang terkandung dalam uang rupiah. Peruri sebagai perusahaan penjamin keaslian berkomitmen memberikan hasil cetakan uang rupiah yang berkualitas dengan tingkat keamanan paling tinggi, untuk menjaga simbol kedaulatan negara dari upaya pemalsuan,” kata Dwina Septiani Wijaya, Direktur Utama Peruri dalam pembukaan FERBI 2023 dikutip Selasa (22/8/2023).

Baca Juga:Erick Thohir Pilik Kawasan Bekas Tambang jadi Lokasi Program Bakti BUMN

Penyelenggaraan FERBI 2023 secara umum untuk menumbuhkan rasa cinta, bangga dan paham terhadap rupiah, di mana rupiah merupakan Jendela Indonesia dan pentingnya peran mata uang nasional dalam memperkokoh semangat nasionalis.

“Tujuan dari FERBI adalah untuk memaknai Rupiah sebagai simbol kedaulatan RI. Makanya kami lakukan setiap proklamasi kemerdekaan,” ujar Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia.

Uang Rupiah sebagai simbol kedaulatan yang sarat sejarah, menjadi representasi persatuan bangsa dari keberagaman. Bukan hanya desainnya yang mencerminkan keragaman Nusantara, esensi Uang Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di NKRI dapat mendorong rasa nasionalisme. Hal itu perlu dimaknai oleh masyarakat untuk menumbuhkan semangat kebangsaan. 

FERBI 2023 turut menampilkan Dialog Kebangsaan dan Bincang Milenial yang menghadirkan keluarga pahlawan dan tokoh inspiratif, pameran uang rupiah dalam sejarah Indonesia, layanan penukaran uang Rupiah dan penjualan uang rupiah khusus serta penjualan uang kuno (numismatik).

Related Articles

Back to top button