Tekno

Benarkah Terlalu Sering Bermain Ponsel Akan Membuat Kita Terkena ‘iPhone Finger’?

iPhone Finger. Foto: New York Post

LiveNews – Pada zaman yang semakin maju ini hampir semua orang di dunia menggunakan ponsel. Dalam sehari, seseorang dapat menghabiskan lebih dari 10 jam durasi layar. 

Kebiasaan bermain ponsel dalam jangka waktu panjang tersebut menuai kekhawatiran bahwa perangkat seluler ini akan meninggalkan bekas dan lekukan di jari atau yang dikenal dengan istilah ‘iPhone finger’ atau ‘smartphone pinky’.

Dalam episode terbaru The TJ Show, pembawa acara membahas konspirasi bahwa jari kelingking yang digunakan untuk menopang ponsel cenderung memiliki lekukan yang berbeda dari jari-jari lain.

“Cara kita memegang ponsel terkadang membawa beban ponsel itu bertumpu pada jari kelingking,” jelas salah satu pembawa acara. “Hal ini menciptakan lekukan yang benar-benar mengubah penampilan kelingking Anda.”

Mereka juga menjelaskan, untuk menentukan apakah seseorang memiliki ‘ iPhone Finger’ atau tidak maka perlu mengamati kedua kelingking dan lihat apakah yang satu terlihat berbeda dari yang lain, khususnya pada tangan dominan yang kemungkinan besar berasal dari pegangan ponsel.

Namun, para ahli menolak klaim bermain ponsel terlalu lama dapat membuat lekukan di jari terutama kelingking. Mereka mengatakan bahwa ponsel tidak cukup berat untuk menghentikan aliran darah atau merusak saraf.

Baca Juga Siapa Sangka? Diabetes Bisa ‘Dipantau’ Lewat Smartphone!

Dilansir dari The Independent, Andrew Bracken, seorang ahli terapi okupasi di Utah yang berbicara dengan afiliasi Fox, KSTU, lekukan pada kelingking mungkin ada, tetapi tidak disebabkan oleh ‘iPhone finger’ atau ‘smartphone pinky’.

“Ini bukan diagnosis medis resmi,” ungkap Bracken pada KSTU.

Bracken menjelaskan bahwa penggunaan ponsel yang berlebihan dapat menjadi faktor penyebab diagnosis lain seperti cubital tunnel syndrome, trigger finger, dan carpal tunnel syndrome.

Baca Juga:   Sempat Diremehkan, Anderson Sumarli Sukses Besarkan Platform Investasi Ajaib

Sindrom carpal tunnel atau dikenal sebagai ‘smartphone elbow’ adalah sindrom yang terjadi pada orang-orang yang menekuk siku melebihi 90 derajat dalam waktu yang lama dan biasanya terjadi saat chatting menggunakan ponsel.

Walau ‘iPhone finger’ telah terbantahkan, ‘smartphone elbow’ dan berbagai sindrom lain dapat terjadi pada Anda jika bermain ponsel terlalu lama. Selalu berhati-hati saat bermain ponsel ya!

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

(kar)

Related Articles

Back to top button