Nasional

Berapa Nilai Ambang Batas CPNS 2023? Cek Update Passing Grade CASN

LiveNews – Salah satu syarat lolos Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 pada bulan September mendatang tentu saja dengan memenuhi nilai ambang batas yang telah ditetapkan.

Sudahkah Anda mengetahui berapa nilai ambang batas CPNS 2023? Jika belum, simak informasi update passing grade CASN berikut!

Nilai ambang batas CPNS 2023

Peserta CPNS 2023 harus melampaui nilai ambang batas pada tahap Seleksi KEmampuan Dasar (SKD). Ini juga merupakan salah satu tahapan yang dianggap sulit karena jumlah peserta yang masih banyak.

Baca Juga:Bocoran Materi CPNS 2023 Pdf Lengkap, Cek di Sini

Penilaian tahap SKD akan didasarkan pada kumulatif nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Sampai saat ini, memang belum ada pengumuman secara pasti. Namun jika merujuk pada Surat Keputusan Menteri PANRB No 1023/2021, berikut adalah passing grade yang perlu dicapai peserta CPNS.

  • Nilai ambang batas Tes Karakteristik Pribadi (TKP): 166 dengan jumlah soal 45. Bobot jawaban tertinggi 5, terendah 0, kosong 0, salah 0.
  • Nilai ambang batas Tes Intelegensi Umum (TIU): 80 dengan jumlah soal 35. Bobot jawaban tertinggi 5, kosong 0, salah 0.
  • Nilai ambang batas Tes Wawasan Kebangsaan (TKP): 65 dengan jumlah soal 30. Bobot jawaban tertinggi 5, kosong 0, salah 0.

Namun, khusus peserta dari daerah afirmasi terdapat pengecualian nilai ambang batas, yakni kumulatif SKD terendah adalah 281 dengan TIU terendah 55.

Perlu diingat bahwa dengan melampaui nilai ambang batas, bukan berarti Anda lolos CPNS 2023. Sebab, pada tahapan ini umumnya akan digunakan sistem gugur. Maka, akan diambil peserta dengan nilai-nilai tertinggi sesuai jumlah yang telah ditetapkan.

Baca Juga:   Pesan Duta Besar Indonesia di Malaysia untuk Pekerja Migran di Hari Kemerdekaan: Jangan Ada Lagi Korban Eksploitasi

Setelah lolos dari passing grade CPNS 2023 pun para peserta masih harus melalui rangkaian tes lainnya.

Baca Juga:Kumpulan Soal CPNS 2023 dan Kunci Jawaban PDF, Klik Linknya di Sini!

Untuk memudahkan dan membuat hasil transparan, sudah beberapa tahun ini seleksi SKD menggunakan sistem komputer. Nilai Anda biasanya akan langsung keluar di layar bahkan ditampilkan di luar ruangan untuk mengetahui posisi peringkat Anda.

Selain itu, perlu diinhat bahwa tes SKD memiliki batasan waktu. Jadi, pastikan Anda bisa mengisi semua 115 soal dalam kurun waktu 100 menit.

Demikian informasi mengenai nilai ambang batas (passing grade) CPNS 2023, semoga membantu usaha Anda menjadi ASN!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Related Articles

Back to top button