Tekno

Bisnis Owner Wajib Tahu! WhatsApp Business Kini Tersedia Centang Biru Mulai 240 Ribu

Sumber: WhatsApp

LiveNews – Meta telah mengumumkan serangkaian pembaruan dan fitur baru untuk WhatsApp dalam acara tahunan bertajuk “Conversation” yang digelar di Sao Paulo, Brasil, pada Kamis (6/6/24). Salah satu highlight menarik yang diumumkan adalah WhatsApp Business kini bisa membeli Centang Biru atau Verifikasi Meta (Meta Verified). 

Meta juga pamerkan fitur lain, yaitu Meta AI yang dapat membantu pengguna WhatsApp Business dalam melayani pelanggan. Baik Verifikasi Meta maupun Meta AI, keduanya telah digulirkan untuk pengguna WhatsApp Business di beberapa negara, termasuk Indonesia, Brasil, India, dan Kolombia. 

Meta AI: Chatbot Cerdas untuk Pelayanan Pelanggan

Meta AI adalah chatbot berbasis kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Meta untuk membantu pengguna WhatsApp Business dalam melayani pelanggan mereka. Chatbot ini dirancang untuk menjawab pertanyaan pelanggan, mendiskusikan produk, dan menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat. 

Menurut Meta, Meta AI telah dilatih untuk merespons pertanyaan yang paling sering diajukan di WhatsApp Business, sehingga dapat memberikan jawaban dengan cepat dan efisien. 

ai tools for whatsapp business
Sumber: WhatsApp

Selain itu, Meta AI juga dapat membantu bisnis membuat iklan di Facebook dan Instagram. Dengan menggunakan chatbot ini, pengguna dapat mengingatkan pelanggan jika ada barang yang masih tersimpan di keranjang belanja mereka atau menawarkan diskon khusus. 

Dukungan Meta AI diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan pelanggan, sehingga bisnis dapat fokus pada aspek lain yang lebih strategis. 

Baca juga: Cara Membuat WhatsApp Centang Satu Padahal Sedang Online

Verifikasi Meta: Kepercayaan dan Keamanan untuk Bisnis

Fitur Verifikasi Meta ditandai dengan ikon centang biru pada nama pengguna WhatsApp Business. Fitur ini menunjukkan bahwa akun tersebut telah diverifikasi oleh Meta sebagai akun resmi bisnis terkait. 

Baca Juga:   "Belum 5 Menit", Threads Kini Bisa Edit Konten yang Telah Diunggah

“Ketika Anda melihat lencana verifikasi Meta, artinya bisnis sudah mendaftarkan informasi mereka ke Meta dan mendapatkan perlindungan dari peniruan identitas,” ungkap pihak Meta dalam keterangan resmi yang dilansir dari KompasTekno pada Jumat (7/6/24). 

centang biru whatsapp
Sumber: WhatsApp

Akun bisnis yang telah diverifikasi juga akan mendapatkan dukungan lanjutan dari Meta. Verifikasi ini memungkinkan akun tersebut dijalankan di semua perangkat karyawan, mempermudah koordinasi dan manajemen akun bisnis. 

Selain itu, ikon centang biru ini akan terlihat di laman chat, channel WhatsApp, dan halaman khusus bisnis yang bisa dibagikan di media sosiall dan platform lainnya. 

Fitur Verifikasi Meta sebenarnya telah dirilis di Indonesia pada JUuli 2023, namun saat itu baru mendukung layanan verifikasi untuk Facebook dan Instagram. Sekarang, fiur ini tersedia untuk pengguna WhastApp Business dengan harga mulai dari 14.99 USD per bulan atau sekitar Rp240.000. Harga ini dapat bervarias, dan informasi lebih lanjut bisa ditemukan di laman ini. 

Telepon Bisnis: Fitur Baru dalam Tahap Uji Coba

ai tools for whatsapp business
Sumber: WhatsApp

Selain dua fitur utama tersebut, Meta juga memperkenalkan dukungan telepon untuk akun WhatsApp Business. Dengan fitur ini, pengguna dapat menghubungi akun WhatsApp Business melalui panggilan telepon, yang berguna untuk berbagai keperluan seperti membuka rekening bank yang memerlukan verifikasi melalui panggilan suara.

Namun, fitur ini masih dalam tahap uji coba dan dijanjikan akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Manfaat dan Implikasi bagi Bisnis di Indonesia

centang biru whatsapp
Sumber: Unsplash.com / Christin Hume

Peluncuran fitur-fitur baru ini menunjukkan komitmen Meta untuk terus meningkatkan ekosistem WhatsApp Business, khususnya di pasar-pasar yang sedang berkembang seperti Indonesia. Dengan Meta AI, bisnis dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih responsif dan personal, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Baca Juga:   Diving di Zaman Teknologi Modern Lebih Aman dan Menarik

Fitur Verifikasi Meta memberikan lapisan kepercayaan tambahan bagi pelanggan, yang semakin penting di era digital saat penipuan dan identitas palsu semakin marak. Lencana centang biru tidak hanya menandakan keaslian akun, tetapi juga menunjukkan bahwa bisnis tersebut serius dalam menjaga kepercayaan pelanggan.

Telepon bisnis menambah dimensi baru dalam interaksi antara bisnis dan pelanggan. Meskipun masih dalam tahap uji coba, fitur ini berpotensi besar untuk mendukung berbagai transaksi dan interaksi yang memerlukan verifikasi suara, meningkatkan fleksibilitas dan kenyamanan bagi pengguna.

Secara keseluruhan, pembaruan ini memperlihatkan bagaimana Meta terus berinovasi untuk mendukung bisnis di era digital. WhatsApp Business menjadi alat yang semakin kuat dan serbaguna bagi bisnis di Indonesia dan negara-negara lain yang ditargetkan.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button