Tekno

Cara Membuat HP Jadi CCTV Jarak Jauh, Berlaku untuk Android dan iPhone!

Foto: Lifewire

LiveNews – Berencana meninggalkan rumah tanpa pengawasan dalam waktu lama memang bisa menimbulkan rasa khawatir. Untungnya, kamu tidak perlu membeli CCTV baru untuk mengamankan rumah. Kamu bisa memanfaatkan HP Android atau iPhone lamamu sebagai CCTV dadakan.

Memanfaatkan HP sebagai CCTV memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Hemat biaya: Dibandingkan membeli CCTV baru, menggunakan HP lama sebagai CCTV jauh lebih murah. Kamu hanya perlu menyiapkan dua buah HP dan aplikasi kamera keamanan.

  • Mudah digunakan dan dipasang: Proses pemasangan CCTV dadakan dari HP sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk di aplikasi kamera keamanan.
  • Dapat dipantau dari mana saja: Asalkan terhubung dengan internet, kamu dapat memantau rumahmu dari mana saja dan kapan saja. Hal ini memungkinkan kamu untuk tetap merasa aman dan tenang saat mudik.
  • Memiliki fitur tambahan: Banyak aplikasi kamera keamanan yang menawarkan fitur tambahan seperti deteksi gerakan, notifikasi, dan penyimpanan cloud. Fitur-fitur ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan keamanan rumahmu.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, CCTV dadakan dari HP juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Kualitas video: Kualitas video yang dihasilkan oleh HP mungkin tidak sebaik CCTV profesional. Hal ini karena keterbatasan hardware dan software pada HP.

  • Memerlukan dua buah HP: Kamu membutuhkan dua buah HP untuk membuat CCTV dadakan. Satu HP untuk kamera CCTV dan satu lagi untuk memantau rekaman video.
  • Membutuhkan koneksi internet: CCTV dadakan dari HP memerlukan koneksi internet yang stabil untuk streaming video secara real-time.
  • Baterai HP: Baterai HP kamera CCTV dapat cepat habis, terutama jika digunakan terus menerus.

Baca juga: Gak Mau Ketahuan Stalking? Ikuti Tips Jitu Cek Nomor GetContact Secara Anonim

Membuat CCTV Dadakan dari HP Android atau iPhone

Persiapan:

  1. HP Android atau iPhone: Siapkan dua buah HP, satu untuk kamera CCTV dan satu lagi untuk memantau rekaman video. Pastikan kedua HP memiliki baterai yang tahan lama atau colokan listrik di dekat lokasi pemasangan.
  2. Aplikasi Kamera Keamanan: Instal aplikasi kamera keamanan di kedua HP. Salah satu aplikasi yang populer adalah Alfred Camera. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melihat rekaman video secara real-time, merekam gerakan, dan mendapatkan notifikasi ketika ada aktivitas mencurigakan.
  3. Dudukan HP: Siapkan dudukan HP yang kokoh untuk memastikan kamera CCTV tidak mudah goyang.

Langkah-langkah:

  1. Instal Aplikasi: Instal aplikasi Alfred Camera di kedua HP. Pada HP yang akan digunakan sebagai kamera CCTV, pilih opsi “Camera”. Pada HP yang akan digunakan untuk memantau, pilih opsi “Viewer”.

  2. Buat Akun: Buat akun Alfred Camera di kedua HP. Gunakan akun yang sama untuk menghubungkan kedua perangkat.
  3. Hubungkan Perangkat: Ikuti petunjuk di aplikasi untuk menghubungkan kedua HP. Pastikan kedua HP terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.
  4. Posisikan Kamera CCTV: Pilih lokasi yang aman dan strategis untuk memasang kamera CCTV. Pastikan kamera dapat menjangkau area yang ingin diawasi dengan baik. Hindari menempatkan kamera di tempat yang mudah dijangkau orang lain.
  5. Mulai Pemantauan: Buka aplikasi Alfred Camera di HP pemantau. Kamu akan melihat tampilan kamera CCTV secara real-time.

Tips:

  • Gunakan Wi-Fi dengan koneksi yang stabil untuk memastikan kelancaran streaming video.

  • Aktifkan mode hemat daya pada HP kamera CCTV untuk menghemat baterai.
  • Gunakan power bank jika tidak ada colokan listrik di dekat lokasi pemasangan kamera CCTV.
  • Atur notifikasi agar kamu segera mendapatkan peringatan ketika ada aktivitas mencurigakan.
  • Pastikan untuk mengunci HP pemantau dengan kata sandi untuk menghindari akses yang tidak sah.

Mengubah HP Android atau iPhone menjadi CCTV dadakan adalah solusi praktis dan hemat biaya untuk memantau rumah saat mudik Lebaran. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, CCTV dadakan dari HP menawarkan banyak keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi pemilik rumah yang ingin meningkatkan keamanan rumah mereka.

Sebelum menggunakan HP sebagai CCTV, pastikan untuk membaca panduan pengguna aplikasi kamera keamanan yang kamu gunakan. Pastikan juga untuk selalu memperbarui aplikasi ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur dan keamanan yang optimal.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Baca Juga:   Adobe Kembangkan AI yang Bisa Ubah Video Blur Jadi Jernih

Related Articles

Back to top button