Tekno

Cara Menghapus E-mail yang Berukuran Besar di Gmail

Foto: Unsplash

LiveNews – Salah satu platform surat elektronik (surel) yang dibuat Google dan terbilang cukup populer di Indonesia adalah Gmail. Pada setiap akun Google, pengguna hanya diberikan kapasitas sebesar 15 GB yang mencakup Gmail, Google Drive, dan Google Photos.

Bagi pengguna yang aktif menggunakan Gmail, terkadang tidak menyadari bahwa pada saat mengirim atau menerima e-mail yang disertai dengan lampiran besar, dapat mengurangi kapasitas penyimpanan akun Google. Selain itu, e-mail yang dibiarkan menumpuk selama bertahun-tahun juga dapat mengurangi kapasitas penyimpanan.

Pengguna yang tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli kapasitas penyimpanan yang lebih besar tentunya harus lebih pintar dalam mengelola penyimpanan. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menghapus e-mail yang berukuran besar di Gmail. Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Menghapus E-mail yang Berukuran Besar di Gmail

  • Masuk ke akun Gmail.
  • Pada kolom pencarian di Gmail, ketik “has:attachment larger:10MB”, nantinya Gmail akan menampilkan e-mail yang disertai dengan lampiran yang lebih dari 10 MB. Pengguna juga dapat mengganti ukuran tersebut sesuai dengan keinginan. Misalnya, pengguna dapat menggantinya dengan ukuran 5 MB. Gmail kemudian akan menampilkan e-mail dengan lampiran yang berukuran lebih dari 5 MB.
  • Setelah menemukan e-mail yang berukuran besar, klik tanda centang di sebelah kiri, kemudian klik ikon tempat sampah untuk menghapus seluruh e-mail yang berukuran besar.

Baca juga: Cara Mengetahui Email yang Sudah Terbaca di Gmail 

Selain cara tersebut, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menghapus e-mail yang berukuran besar, yaitu:

  • Masuk ke akun Gmail, klik ikon filter yang terletak di sebelah kanan kolom pencarian Gmail.
  • Pada bagian “Size”, pilih opsi “greater than”, lalu isi ukuran e-mail yang sesuai keinginan. Misalnya, 10 MB. Kemudian klik “Search”.
  • Selanjutnya, Gmail akan menampilkan e-mail yang berukuran lebih dari 10 MB. Pilih semua e-mail yang berukuran besar tersebut lalu hapus semua e-mail yang berukuran besar tersebut jika ingin menghapusnya.
Baca Juga:   HaloYelow, Solusi Digital Contact Center Dengan Fitur CRM & Tanpa Nomor Telepon

Semua e-mail yang telah dihapus masuk ke kolom sampah atau “Trash”. Artinya, e-mail tersebut tidak secara permanen terhapus. Butuh waktu 30 hari agar e-mail terhapus secara permanen. Namun, apabila ingin menghapus e-mail tersebut secara permanen, pada kolom “Trash”, centang seluruh e-mail yang sebelumnya telah dihapus, lalu klik “Delete forever”.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(sza)

Related Articles

Back to top button