Tekno

Catat! 4 Cara Buat Link WA Anti Ribet!

Sumber: Unsplash.com

LiveNews – Pengguna WhatsApp sering kali perlu memperhatikan beberapa panduan dasar untuk mengoptimalkan pengoperasian aplikasi mereka. Salah satu panduan dasar yang penting untuk dipahami adalah cara buat link WA (WhatApp). 

Link WhatsApp mempermudah proses chat bagi pengguna lain yang ingin menghubungi kita. Daripada harus menyimpan nomor telepon atau kontak WhatsApp pengguna, proses chat bisa menjadi lebih cepat dan mudah dengan adanya link tersebut.

Bagi mereka yang menjalankan usaha atau berjualan, link WhatsApp bahkan menjadi alat yang sangat berguna untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui beberapa cara buat link WhatsApp. 

Keuntungan Penggunaan Link WhatsApp

Penggunaan link WhatsApp tidak hanya memudahkan proses komunikasi, tetapi juga memberikan sejumlah keuntungan bagi pengguna, terutama bagi mereka yang menjalankan bisnis atau berjualan secara online. Berikut adalah beberapa keuntungan penggunaan link WhatsApp:

  1. Mempercepat Proses Komunikasi: Dengan menggunakan link WhatsApp, pengguna lain dapat langsung terhubung ke ruang obrolan WhatsApp pengguna tanpa perlu menyimpan nomor terlebih dahulu. Hal ini menghemat waktu dan mengurangi langkah-langkah yang diperlukan untuk memulai percakapan.
  2. Meningkatkan Konversi: Bagi para pelaku bisnis atau penjual online, memiliki link WhatsApp di situs web mereka dapat meningkatkan tingkat konversi. Potensi pelanggan atau pembeli dapat dengan cepat menghubungi mereka untuk bertanya tentang produk atau layanan yang mereka tawarkan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan penjualan.
  3. Memperkuat Koneksi Pelanggan: Dengan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk menghubungi mereka melalui WhatsApp, para pengusaha dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan mereka. Komunikasi yang lebih mudah dan cepat dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan lebih puas dengan layanan yang diberikan.
  4. Meningkatkan Layanan Pelanggan: Dengan adanya link WhatsApp, layanan pelanggan dapat ditingkatkan karena pelanggan dapat dengan mudah menghubungi perusahaan untuk mendapatkan bantuan atau menyelesaikan masalah mereka. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat reputasi perusahaan.
  5. Pemasaran yang Lebih Efektif: Penggunaan link WhatsApp juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pemasaran. Pelaku bisnis dapat membagikan link WhatsApp mereka melalui berbagai platform media sosial atau situs web untuk meningkatkan visibilitas dan mencapai target pasar mereka dengan lebih efektif.
  6. Mengoptimalkan Kampanye Promosi: Dalam konteks promosi produk atau layanan, penggunaan link WhatsApp dapat membantu dalam mengarahkan prospek langsung ke saluran komunikasi yang dapat langsung diakses. Hal ini memungkinkan pengusaha untuk memantau dan mengelola kampanye promosi mereka dengan lebih efisien.
Baca Juga:   Indonesia Ke-2, Ini Daftar 6 PLTS Terapung Terbesar di Dunia pada Tahun 2023

Cara Buat Link WA

Membuat link WhatsApp sebenarnya cukup mudah. LiveNews telah merangkumkan 4 cara yang dapat dilakukan pengguna:

1. Menggunakan Fitur di WhatsApp Bisnis

Pengguna WhatsApp Bisnis dapat langsung membuat link kontak pribadi dengan lebih mudah melalui fitur yang tersedia di aplikasi. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp Bisnis, buka menu “Setting” atau “Setelan”, pilih menu “Business Settings” dan klik opsi “Short Link”.
  •  Anda akan diberikan link untuk kontak WhatsApp bisnis pribadi Anda. Anda juga dapat mengatur teks otomatis sesuai kebutuhan. 

2. Menggunakan Situs wa.link

Ada juga situs wa.link yang mempermudah pembuatan link WhatsApp dengan teks otomatis. Anda tidak perlu repot menambahkan simbol seperti pada cara sebelumnya. Caranya adalah sebagai berikut:

  •  Kunjungi situs web https://create.wa.link/ dan pilih menu “Create a free wa.link”.
  •  Masukkan nomor telepon WhatsApp dan tulis pesan yang ingin dimuat.
  •  Klik opsi “Generate my wa.link” dan salin link yang berhasil dibuat.

3. Menggunakan Situs wa.me

Situs web wa.me adalah platform resmi dari WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk membuat link yang dapat mengarahkan orang lain langsung ke ruang obrolan WhatsApp mereka. Caranya adalah sebagai berikut:

  •  Buka browser dan ketik alamat “https://wa.me/” diikuti dengan nomor telepon atau kontak WhatsApp yang ingin dijadikan link. Pastikan nomor telepon tersebut diawali dengan kode negara (62) bukan angka nol (0).
  •  Format tautan akan menjadi seperti ini “https://wa.me/62132754689”. Salin tautan tersebut dan bagikan ke berbagai platform untuk memudahkan pengguna lain menghubungi Anda tanpa perlu menyimpan nomor.

4. Menggunakan Teks dalam Link

Link WhatsApp juga dapat berisi teks yang akan muncul secara otomatis ketika pengguna lain membukanya. Ini dapat diisi dengan sapaan atau pesan singkat yang ingin Anda sampaikan. Caranya adalah sebagai berikut:

  •  Buka aplikasi browser di laptop atau ponsel dan ketik alamat dengan format “https://wa.me/nomor telepon WhatsApp diawali kode negara?text=pesan yang ingin dimuat” (tanpa tanda kutip).
  •  Setiap kata dalam pesan harus dipisahkan dengan simbol “%20”. Contoh bentuk link tersebut bisa seperti ini “https://wa.me/62132754689?text=Halo,%20saya%20tertarik%20untuk%20membeli%produk%20Anda”.

Dengan beberapa cara membuat link WA di atas, pengguna WhatsApp tidak perlu bingung lagi saat ingin membagikan kontak WhatsApp mereka melalui tautan. Link WhatsApp memudahkan pengguna lain untuk menghubungi tanpa perlu menyimpan nomor terlebih dahulu.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button