Hiburan

Christine Hakim gelar tur ke lima kota beri sineas lokal literasi film

Jakarta (LiveNews) – Aktris senior Tanah Air Christine Hakim berencana menggelar tur ke lima kota untuk memberi literasi seputar perfilman pada calon-calon dan sineas lokal dalam program “The Journey of Christine Hakim”.

Program ini digelar juga sebagai penanda dan memperingati 50 tahun peraih penghargaan aktris terbaik dari Asia Pacific International FIlm Festival itu berkiprah di dunia film.

“Perfilman Indonesia saat ini sebetulnya secara kualitas teknis sudah mampu mencapai standar internasional, harapan saya dan saya juga yakin dengan pasar dan jumlah penduduk yang besar kita bisa menjadi tuan di negeri sendiri pada industri ini,” kata dia pada konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Untuk pertama kalinya Christine Hakim main film pendek

Pada kesempatan yang sama, Aktor Reza Rahadian sebagai salah satu pendiri Raya Rasa Management bersama Christine, yang mengusung program tersebut, mengatakan “The Journey of Christine Hakim” akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan.

Program tersebut berupa rangkaian kegiatan pemutaran beserta diskusi film yang akan dilakukan di beberapa kampus di Jakarta, komunitas film di lima kota (Makassar, Bandung, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta), program retrospektif di beberapa festival dalam dan luar negeri, pameran, hingga peluncuran buku yang menjadi penutup program.

“Dalam program ini juga akan ada kolaborasi dengan tiga seniman spesial yang masih dirahasiakan, programnya satu tahun, cukup panjang, ini di Januari nanti dengan pameran juga, tunggu saja,” jelas Reza.

“The Journey of Christine Hakim” juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Jogja-NETPAC Adian Film Festival (JAFF), Jakarta Film Week, dan Madani Film Festival.

Pemutaran film yang dibintangi Christine Hakim juga akan diputar di sejumlah festival internasional di Amerika Serikat, Timor Leste, Malaysia, Jepang, dan juga Belanda.

Baca Juga:   Sambut Hari Pahlawan, ini pesan dari Fedi Nuril

“Kemudian ada peluncuran buku, ini juga masih dalam persiapan, masih rangkaian dari programnya. Ini adalah buku autobiografi, yang penulisnya belum bisa kita kasih tahu sekarang, masih kita simpan rapat-rapat,” imbuh Reza.

Baca juga: 50 tahun berkarya, Christine Hakim sujud di kaki ibunda

Baca juga: Kemendikbudristek dukung program Christine Hakim literasi sineas lokal

Baca juga: Christine Hakim akui nyaman dengan tubuhnya apa adanya

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Maria Rosari Dwi Putri

Related Articles

Back to top button