Bisnis

Digital Center Dukung Pembangunan Ekosistem Digital Baru di Barat Indonesia

LiveNews – Batam merupakan kota penghubung antar pulau, antar negara, dan antar benua serta merupakan salah satu kota bisnis tersibuk di Barat Indonesia. Selain posisi geografisnya yang strategis, Batam sangat tepat menjadi pusat ekosistem digital baru, karena sudah memiliki infrastruktur pendukung yang lengkap, seperti bandara, pelabuhan, listrik, broadband dan perguruan tinggi berkualitas.

Batam juga sudah lama menjadi pusat peradaban pulau-pulau di sekitarnya yang sangat menentukan kemajuan teknologi dan masa depan generasi Batam. Tidak heran sentra-sentra bisnis di Batam tumbuh seperti di wilayah-wilayah industri lainnya di Indonesia.

Berdasarkan fakta-fakta diatas, Digital Center Batam mulai beroperasi Agustus ini. Setelah sebelumnya hadir di wilayah Jakarta, Bali, Batam, Surabaya dan Bandung, Batam menjadi kota kelima kehadiran Digital Center.

“Banyak Harapan yang kami letakkan di tanah Melayu demi meneruskan Perjuangan Laksamana Hang Nadim sebagai Pahlawan Nasional daerah ini, untuk menjadikan Batam sebagai The Center of Heart,” Demikian dikatakan oleh Brenda Regina Hansen (President Director of Board Digital Center Batam) ditulis Senin (14/8/2023).

Baca Juga:4 Cara Menghapus Jejak Digital di Internet Agar Hidup Lebih Aman dan Tenang

Jika selama ini kebutuhan sumberdaya digital lebih banyak didatangkan dari Pulau Jawa, kini Digital Center Batam siap mencetak talenta-talenta digital dengan bimbingan tenaga ahli berpengalaman. Digital Center Batam akan fokus pada program–program digital yang paling dibutuhkan dunia bisnis, diantaranya teknologi blockchain dan robotic process automation.

Teknologi blockchain adalah mekanisme basis data lanjutan yang memungkinkan berbagi informasi secara transparan dalam jaringan bisnis. Basis data blockchain menyimpan data dalam blok yang dihubungkan bersama dalam sebuah rantai.

Sementara Robotic Process Automation (RPA adalah teknologi yang memungkinkan perangkat lunak komputer meniru tindakan yang biasanya dilakukan manusia yang berinteraksi dengan sistem digital untuk melakukan tugas dan proses bisnis yang sederhana dan berulang.

Baca Juga:   Bank DKI Jadi BPD Terbaik Dalam Mendukung Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

Kedua teknologi tersebut diprediksi akan menjadi salah satu teknologi unggulan yang dibutuhkan dunis bisnis di masa mendatang.

Dengan program yang sistematis, update serta didukung tenaga ahli berpengalaman, Digital Center Batam yakin dapat mendukung terpenuhi kebutuhan talenta digital dan membuka lebih banyak peluang kerja di Batam dan sekitarnya serta menjadi katalis perubahan menuju era masyarakat digital Indonesia.

Baca Juga:Penulis Merapat! Simak 6 Tips Menulis di Media Digital

Related Articles

Back to top button