Nasional

Dukungan Golkar dan PAN pada Prabowo Terkesan Terburu-buru, Analis: Jangan-jangan Ada Kekuatan Besar yang Bikin Luluh

LiveNews – Analis politik, Adi Prayitno melihat ada kejanggalan di balik deklarasi Golkar dan PAN mendukung calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurut Adi, ke dua partai tersebut terlihat tengah dalam tekanan.

“Dukungan Golkar dan PAN itu memang terkesan buru-buru dan mendadak, tidak ada angin dan tak ada hujan kedua partai ini tiba-tiba menyatakan dukungan politiknya ke Prabowo Subianto,” kata Adi kepada wartawan, Minggu (13/8/2023).

Mengenai Golkar, Adi kembali mengingatkan dengan hasil munas pada empat tahun lalu di mana Airlangga Hartarto diamanatkan untuk menjadi capres. Menurutnya, belum pernah ada rapat besar atau mekanisme besar di internal partai mengubah keputusannya itu.

“Tiba-tiba hari ini mengusung Prabowo. Tentu publik bertanya-tanya ada apa,” ujarnya.

Baca Juga:Setianya PAN Dukung Prabowo Sebenarnya Sudah Tercipta Sejak Pilpres 2009

Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno. (LiveNews/Ria Rizki).

Sedangkan PAN, dalam rakornas mereka beberapa bulan lalu di Semarang sempat menyebut Ganjar sebagai capres potensialnya yang coba disandingkan dengan Erick thohir.

Seperti Golkar, Adi juga melihat tidak ada mekanisme lagi setelah rakornas yang membuat PAN mengumumkan dukungan politiknya kepada Prabowo.

“Tentu publik juga bertanya-tanya, jangan-jangan ada kekuatan politik besar, yang membisiki untuk berkoalisi dan menyatakan dukungan politiknya kepada Prabowo Subianto. Pasti kekuatan itu cukup besar sehingga membuat Golkar dan PAN luluh,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Adi menyebut kemungkinan adanya proposal politik di balik dukungan Golkar dan PAN kepada Prabowo.

“Dugaan saya bergabungnya mereka membawa proposal politik. Bagi PAN proposalnya adalah Erick Thohir jadi cawapres, begitu juga dengan Airlangga sebagai pendampingnya Prabowo,” tuturnya.

Baca Juga:PAN-Golkar Resmi Bergabung dengan Gerindra-PKB, Zulhas: Prabowo Pemimpin Tepat

Baca Juga:   Keluarga Minta Foto Almarhumah Syarifah Fadlun Yahya Tak Disebar di Medsos: yang Sudah Mohon Dihapus!

Cawapres Jadi Penentu

Related Articles

Back to top button