Tekno

Elon Musk Justru Sarankan Israel Agar Berbuat Baik Pada Warga Gaza, Ini Alasannya

Foto: Mediaite

LiveNews – Perdebatan dan perbincangan tentang konflik Israel-Gaza semakin memanas, tetapi miliarder terkenal Elon Musk mengusulkan pendekatan yang berbeda. Alih-alih mendukung serangan atau memihak pada satu pihak, Musk menyarankan adanya tindakan damai berupa “conspicuous acts of kindness.”

Konflik ini dimulai setelah serangan teroris Hamas terhadap Israel, dan kecenderungan dukungan dari negara-negara Barat terhadap Israel menjadi sorotan. Beberapa perusahaan teknologi, seperti Meta dan TikTok, juga mengutuk Hamas tanpa melakukan hal serupa terhadap Israel.

Musk, pemilik X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), menyoroti pendekatan yang berbeda dalam sebuah wawancara dengan podcast Lex Fridman. Menurutnya, tujuan Hamas adalah memicu pergolakan dunia Muslim terkait isu Palestina-Israel, bukan untuk memenangkan perang.


Musk mengusulkan langkah yang kontraintuitif, yaitu agar Israel melakukan tindakan kebaikan yang mencolok sebagai respons terhadap agresi Hamas. Ia percaya bahwa upaya ini dapat menggagalkan tujuan kejam Hamas dan mengubah persepsi di masyarakat.

Meskipun Musk masih mendukung tindakan tegas terhadap anggota Hamas, ia juga menyoroti aspek kemanusiaan di Gaza. Rekomendasinya termasuk mendirikan rumah sakit keliling dan memastikan pasokan makanan, air, dan kebutuhan medis terpenuhi.

Menanggapi serangan balik militer Israel, Musk memperingatkan bahwa upaya pemboman dan invasi darat mungkin hanya akan menciptakan lebih banyak perlawanan dan bukan solusi jangka panjang.

Baca juga: Siap Saingi ChatGPT, Elon Musk Rilis AI Bot yang Hobi Bercanda, “Grok”

Pentingnya gencatan senjata juga disoroti oleh Musk, seiring dengan seruan internasional termasuk dari Presiden Prancis Emmanuel Macron. Meskipun Israel setuju untuk menghentikan pertempuran selama empat jam, gencatan senjata penuh masih menjadi perbincangan.

Musk sebelumnya juga menawarkan bantuan melalui proyek internet Starlink untuk Gaza, yang menciptakan reaksi dari pihak Israel. Selain itu, Musk telah dituduh menyebarkan informasi yang salah tentang konflik di platform X.

Baca Juga:   Transcosmos Commerce: 5 Tahun Sukses Membantu Bisnis di Indonesia

Pendekatan damai dan solusi kemanusiaan yang diusulkan oleh Elon Musk menambah dimensi baru dalam diskusi konflik Israel-Gaza, menunjukkan bahwa ada ruang untuk pemikiran alternatif di tengah kebuntuan konflik ini.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Related Articles

Back to top button