Bisnis

Era Baru Transportasi, Masyarakat Dikenalkan dengan Teknologi Kereta Api Kecepatan Tinggi

LiveNews – Upacara peresmian Basis Pertukaran Ilmu Pengetahuan dan Budaya Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta – Bandung serta kegiatan hari terbuka pertama untuk para penggemar kendaraan diadakan di Depo Tegal Luar, Bandung.

Ini adalah pertama kalinya “Rumah Kereta Cepat” Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta – Bandung dibuka untuk umum. Kurang lebih 200 orang dari tokoh masyarakat, penggemar kendaraan, komunitas kereta, pelajar dan berbagai kalangan masyarakat umum lainnya dari seluruh daerah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

CRRC bersama dengan KCIC, China Railway, dan beberapa unit lain berupaya menghadirkan pusat edukasi ini untuk membawa masyarakat lebih dekat dengan teknologi Kereta Api Kecepatan Tinggi dan mendorong pertukaran budaya.

Inisiatif ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman yang kaya kepada pengunjung dengan menampilkan konsep eksibisi tematik dan memamerkan semua hal terkait Kereta Api Kecepatan Tinggi.

Baca Juga:Penumpang Disabilitas Dapat Diskon Tarif Kereta Api 20%, Begini Caranya

Basis ini berlokasi di depo pemeliharaan bersama yakni depo kereta api kecepatan tinggi Tegal Luar, yang dikenal sebagai “Rumah Kereta Cepat”. Biasanya, pemeliharaan 11 rangkaian kereta angkutan penumpang “Komodo Merah” dan satu kereta uji komprehensif yang dicat kuning berada di lokasi ini.

Depo Tegal Luar, Bandung kini bukan sekedar tempat pemeliharaan kereta. Fungsi terkininya adalah sebagai pusat edukasi dan budaya, memberikan kepada masyarakat untuk mendalami ilmu pengetahuan dan mengapresiasi budaya melalui Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta – Bandung.

Ruang pamerannya menawarkan beragam konten mulai dari tampilan elegan kereta simulasi Virtual Realit, hingga karya-karya karya-karya seni perajin kereta Semua ini bertujuan untuk memikat masyarakat agar merasakan kombinasi pesona ilmu pengetahuan dan teknologi Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta – Bandung.

Baca Juga:   Nasabah PNM Geluti Urban Farming Bantu Program Cegah Stunting

Di lokasi acara peresmian, pesona Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta-Bandung semakin terasa. Mereka yang hadir disuguhi pemandangan menakjubkan serangkaian kereta berjejer rapi di di atas rel di depo., Tak hanya melihat, pengunjung juga diajak untuk merasakan langsung pengalaman eksklusif, dengan mengunjungi gerbong kereta api “Komodo Merah” dan merasakan sensasi berada di dalam ke kereta api cepat.

‚ÄúTidak hanya menawarkan kecepatan operasi komersial tertinggi di dunia mencapai 350 kilometer/jam, kereta api ini juga menyuguhkan desain yang mengadopsi unsur-unsur khas Indonesia, menawarkan fusi antara teknologi modern dan kekayaan budaya lokal.”

Baca Juga:Transportasi Kereta api Bakal Tersedia di IKN

Kepala Desainer CRRC Sifang Co., Ltd, Zhang Fangtao, menjelaskan bahwa Kereta ini menyesuaikan dengan lingkungan operasional, gografis dan kondisi jalur di Indonesia, dengan teknologi adaptif canggih yang memastikan kenyamanan dan keamanan penumpang dalam beragam kondisi.

Related Articles

Back to top button