Olahraga

Erick Thohir Pastikan Presiden FIFA di Indonesia Selama Piala Dunia U-17 2023

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan bahwa presiden FIFA, Gianni Infatino, akan berada di Indonesia selama gelaran Piala Dunia U-17 2023 berlangsung.

LiveNews – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan bahwa presiden FIFA yakni Gianni Infatino akan berada di Indonesia selama gelaran Piala Dunia U-17 2023 berlangsung.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Erick Thohir saat menghadiri agenda Penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang Penyaluran Bantuan Pemerintah untuk Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Timnas Sepakbola U-17 dan Penyelenggaraan FIFA World Cup U-17 2023 antara Kemenpora RI dan PSSI, Selasa (12/09/23).

“Presiden FIFA sendiri nanti akan hadir pada kejuaraan dunia U-17 2023 ini, dan mudah-mudahan pada saat yang bersamaan juga akan megecek training center yang ada di Ibukota Nusantara (IKN),” ujar Erick Thohir kepada awak media.

Disisi lain, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) juga baru saja menerima kucuran dana dari pemerintah senilai Rp 399,5 Milliar untuk persiapan gelaran FIFA World Cup U-17 2023 sekaligus untuk persiapan Timnas Indonesia U-17 dalam hal pelatihan nasional.

“Kalau Rp 399,5 Milliar itu sudah disampaikan bahwa ini buat penyelenggaraan dan juga persiapan Timnas, untuk detailnya lebih baik nanti kita paparkan sendiri, ya daripada nanti salah persepsi,” pungkas Erick Thohir.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu bahwa berdasarkan kesepakatan PSSI dengan Kemenpora, nantinya soal kucuran dana tersebut akan dijaga dan dipertanggungjawabkan dengan didampingi oleh auditers Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Apalagi persiapannya kan tinggal 59 hari, dan ini tentu hal-hal yang jangan sampai pak Menpora melihat persiapan ini tidak maksimal, karena ini kan panggung kita di dunia,” ujar Erick Thohir, Selasa (12/09/23).

Baca Juga:   Presiden Barcelona Berjanji Deco Bakal Permanenkan Joao Felix dan Joao Cancelo

“Akan banyak bintang-bintang U-17 yang akan diprediksi jadi bintang baru, nah ini yang harus kita lakukan saat bersamaan juga ya timnas kita bisa perform baik,” kata Erick Thohir.

TC Timnas Indonesia U-17 di Jerman Mulai 17 September 2023

Timnas Indonesia U-17 akan mulai menjalani  pemusatan latihan (TC) di Jerman pada 17 September 2023.

Sekedar informasi, Timnas Indonesia U-17 akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Jerman sebagai persiapan untuk Piala Dunia U-17 yang akan dihelat pada 10 November – 2 Desember 2023.

Informasi tersebut diungkapkan Erick Thohir pada saat menghadiri agenda Penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) tentang Penyaluran Bantuan Pemerintah untuk Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Timnas Sepakbola U-17 dan Penyelenggaraan FIFA World Cup U-17 2023 antara Kemenpora RI dan PSSI hari ini, Selasa (12/09/23).

“Rencana akan berangkat pada 16 September 2023, Alhamdulillah rencananya juga di bulan September bapak Menteri akan mengunjungi pemusatan latihan (TC) Timnas U-17 secara langsung di Jerman,” pungkas Erick Thohir, Selasa (12/09/23).

“Dengan ini juga menjadi sebuah dukungan untuk anak-anak Indonesia. Generasi ini juga menjadi salah satu sumbangsih dari Kemenpora,” lanjut Erick Thohir.

Secara bersamaan, informasi tersebut pun dibenarkan oleh Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, pada hari ini, Selasa (12/09/23), di Kemenpora RI, Jakarta.

“Saya bisa sampaikan pada akhir September nanti rencananya kami akan meninjau ke Jerman untuk melihat kondisi Timnas U-17 yang sedang menjalani latihan,” ujar Dito Ariotedjo.

Lebih lanjut, jadwal peninjauan Menpora Dito ke TC Timnas U-17 di Jerman tersebut juga bertepatan dengan kunjungan ia ke Belgia guna menghadiri kejuaraan gymnastic.

“Pada event gymnastic, kami juga diumumkan sebagai tuan rumah kejuaraan dunia gymnastic selanjutnya. Jadi apa? Kehadiran negara itu searah dengan bagaimana kita mendukung sepak bola,” kata Dito Ariotedjo.

Baca Juga:   Crash di MotoGP Mandalika Adik Valentino Ingin Terapkan Kartu Merah-Kuning

Erick Thohir juga menuturkan bahwa Timnas Indonesia U-17 sendiri yang akan melakukan pemusatan latihan (TC) di Jerman ialah sekitar 34 pemain.

“Rencana jumlah pemain 28 sampai 34 tergantung nanti, tentu kita tidak mau bicara soal cedera, tapi yang namanya manusia bisa cedera, jadi tergantung nanti kondisi para pemain,” jelas Erick Thohir.

“Tentu kita mempersiapkan tim AFF yang juara, ini tim kelas dunia, artinya apa? Harus ada standarisasi yang harus dicapai para pemain,” imbuhnya.

Related Articles

Back to top button