Bisnis

Erick Thohir Punya Jurus Jitu Tangani Polusi Udara, Apa Itu?

LiveNews – Menteri BUMN Erick Thohir mengakui punya jurus jitu untuk mengurangi udara yang buruk Jakarta akibat polusi udara. Salah satunya, jurus andalannya, yaitu transportasi yang tengah jadi buah bibir masyarakat LRT Jabodebek.

Dirinya berkaca pada kita Beijing, China yang perlu waktu 6 tahun untuk mengatasi polusi udara. Kota itu pun meminta warganya untuk beralih ke transportasi publik untuk bisa mengurangi polusi udara.

Menurut Erick, meski banyak kekurangan sana-sini, LRT Jabodebek bisa memfasilitasi masyarakat untuk wara-wiri di kota Jakarta.

“Kalau kita tidak migrasi ke fasilitas publik, kendaraan publik seperti LRT, MRT dengan segala kelebihan dan kekurangannya, akhirnya apa kita memanjakan diri dan tidak mendorong yang namanya perbaikan polusi yang hari ini terjadi,” ujarnya di Jakarta yang dikutip, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga:Operasional LRT Jabodebek Banyak Masalah , Erick Thohir: Nggak Mungkin Negara Bikin Celaka Rakyat

Ketua Umum PSSI ini berhitung, jika warga beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum, maka polusi udara di Jakarta bisa berkurang 44%.

LRT Jabodebek Aman

Warga menaiki moda transportasi Light Rail Transit (LRT) Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek) di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Selasa (29/8/2023). [LiveNews/Alfian Winanto]

Di sisi lain, Erick Thohir memastikan, dalam operasional transportasi selalu ada prosesnya dan proses itu dijalankan secara bertahap.

Dia menampik, pemerintah tidak mengindahkan keamanan dalam membangun infrastruktur. Erick menegaskan, keamanan jadi yang utama dalam membangun infrastruktur, tapi memang ada prosesnya.

“Nggak mungkin negara membangun sesuatu mencelakan rakyatnya, betul? Tapi proses perbaikan terus berlanjut ya. Namanya juga baru bikin ya kan,” kata dia.

Baca Juga:4 PLTU Berhenti Operasi, Polusi Udara di Jakarta dan Sekitarnya Masih Parah

Mantan Bos Klub Inter Milan ini memastikan masyarakat bahwa operasional LRT Jabodebek itu bukan kaleng-kaleng alias Aman. Apalagi, dia menilai, kekinian keluhan penumpang lebih banyak pada sistem pintu yang kadang tak terbuka.

Baca Juga:   Warga Tuminting & BRI Ubah Lahan Timbunan Sampah Jadi Lahan Urban Farming 'BRInita'

“Tapi percayalah orang itu aman, ada prosesnya, makanya kita terus jaga uji cobanya, tapi persepsinya ya, kan pintu doang dari kemarin,” imbuh Erick.

Related Articles

Back to top button