Hiburan

Film KHD angkat kisah hidup pahlawan pendidikan

Jakarta (LiveNews) – Wahana Kreator mengumumkan awal pembuatan film “KHD” yang mengangkat kisah hidup pahlawan pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang disutradarai dan ditulis oleh Gina S. Noer dan Maudy Ayunda sebagai salah satu produser yang ikut terlibat.

“Inisiatif film “KHD” berawal dari rasa penasaran mengapa hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selalu dirayakan sebagai Hari Pendidikan Nasional tetapi akses merata dan kualitas pendidikan yang memberdayakan belum jadi prioritas bersama semua orang? Jadi, saya berharap semoga semua proses film “KHD” bisa menjadi wadah “belajar bareng” lebih dalam lagi tentang akar filosofi pendidikan beliau untuk menumbuhkan harkat manusia,” kata Gina S. Noer saat menghadiri Exclusive Media Gathering Film Project Announcement “KHD” di Gedung Kemendikbud Ristek, Jakarta, Senin.

Baca juga: “Buya Hamka” puaskan dahaga akan biografi tokoh yang diteladani

Baca juga: Kelemahan seorang tokoh dalam film bisa jadi daya tarik untuk penonton

Ghina menjelaskan bahwa film “KHD” akan menampilkan kisah hidup Pahlawan Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara dalam memperjuangkan pendidikan di Indonesia dengan menyelipkan kisah-kisah kehidupannya.

Adapun, hingga saat ini produksi film KHD telah memasuki tahap riset, pengembangan cerita, dan penulisan naskah pada tahun 2024, lalu proses syuting akan dimulai pada tahun 2025.

Sementara itu, film “KHD” dijadwalkan akan dirilis pada Hari Pendidikan Nasional 2026 sebagai penghormatan atas warisan pendidikan yang ditinggalkan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Baca juga: Begini cerita film sekuel “Habibie & Ainun”

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Wahana Kreator Salman Aristo mengatakan Film “KHD” adalah sebuah perayaan akan kehidupan dan warisan pendidikan Ki Hadjar Dewantara.

“Kami berharap film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menginspirasi dan memberikan refleksi yang mendalam tentang pendidikan yang merdeka dan relevan bagi masa depan bangsa. Kami mengundang rekan-rekan yang juga peduli terhadap pendidikan Indonesia untuk bergabung bersama kami lewat dukungan dalam bentuk apapun untuk mewujudkan misi baik ini,” ungkapnya. 

Baca Juga:   Xdinary Heroes siap berbahasa Indonesia untuk sapa penggemar Jakarta

Baca juga: Film tentang Soekarno akan rilis Agustus 2013

Baca juga: Dirjen Kebudayaan: Milenial perlu nonton film Tjoet Nja Dhien

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © LiveNews 2024

Related Articles

Back to top button