Tekno

Fitur Baru, Caption di Foto dan Video Kiriman WhatsApp Kini Bisa Diedit

Foto: WABetaInfo

LiveNews – Aplikasi pesan populer, WhatsApp (WA), baru saja merilis fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengedit caption atau teks keterangan pada media seperti foto, video, GIF, dan dokumen yang dikirimkan dalam obrolan.

Fitur ini merupakan penyempurnaan dari fitur edit pesan yang sudah ada sebelumnya. Pada bulan Mei yang lalu, WhatsApp telah memperkenalkan fitur edit pesan yang memungkinkan pengguna untuk mengedit teks pesan biasa, namun belum termasuk teks caption pada foto atau video yang dikirim melalui aplikasi ini.

Menurut informasi dari situs WABetaInfo, fitur baru ini kini sudah tersedia untuk pengguna perangkat iOS dan Android. Namun, sejauh ini, fitur ini belum tersedia secara merata. Pada contohnya, pada pagi hari Senin tanggal 21 Agustus 2023, versi WhatsApp Android 2.23.16.76 masih belum memiliki fitur ini.

Namun, berdasarkan informasi dari WABetaInfo, fitur edit caption ini diharapkan akan segera tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa hari mendatang.

Baca juga; Ini Cara yang Bisa Dilakukan untuk Membuat WhatsApp Tidak Terlihat Aktif!

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengubah caption atau teks keterangan pada foto atau video yang telah dikirimkan dalam waktu kurang dari 15 menit sejak pengiriman. Namun, setelah batas waktu tersebut lewat, caption tidak dapat diubah lagi.

Proses mengedit caption foto atau video di WhatsApp cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengetuk dan menahan pesan yang ingin diubah, lalu memilih opsi “Edit” dari jendela menu yang muncul di samping pesan.

Dalam kolom “Message,” pengguna dapat langsung memperbaiki kesalahan ketik atau menambahkan informasi tambahan. Pesan yang telah mengalami proses edit akan ditandai dengan label “Edited” dan waktu perubahan di bagian kanan bawah gelembung obrolan, seperti contohnya “Edited 07.00.”

Baca Juga:   Geger Elon Musk Gugat OpenAI, Ini Sebabnya

Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya dapat digunakan pada perangkat yang sama. Artinya, jika pengguna mengirim foto dengan caption menggunakan smartphone, ia hanya bisa mengedit caption tersebut melalui smartphone yang sama, tidak bisa melalui WhatsApp Desktop atau perangkat lainnya.

Untuk mereka yang belum mendapatkan fitur ini, bisa memeriksa apakah aplikasi mereka sudah diperbarui ke versi terbaru dengan melakukan update melalui Google Play Store (untuk Android) atau Apple App Store (untuk iOS).

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Related Articles

Back to top button