Tekno

Fitur Pesan Video WhatsApp: Cara Baru untuk Berkomunikasi Secara Visual

LiveNews – Aplikasi pesan instan WhatsApp, atau sering disebut WA, bisa dibilang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam hidup kita. Setiap hari, jutaan pesan teks dan pesan suara (Voice Note) dipertukarkan melalui platform ini.

Namun, beberapa waktu terakhir, WhatsApp telah mengalami pembaruan yang mungkin belum disadari oleh banyak pengguna. Salah satu pembaruan yang menarik perhatian adalah tombol pesan suara atau Voice Note (VN) yang sekarang memiliki fitur tambahan yang menarik. Mari kita jelajahi lebih dalam mengenai perubahan ini dan mengapa tombol Voice Note WhatsApp tiba-tiba berubah menjadi tombol pesan video.

Munculnya Fitur Pesan Video Whatsapp: Mengubah Cara Kita Berkomunikasi Secara Visual

Saat pengguna WhatsApp klik tombol VN, mereka akan menemukan sebuah tombol baru dengan ikon video yang muncul. Bentuk tombol ikon video ini bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Perubahan ini tentu saja bisa membingungkan banyak pengguna yang biasanya mengandalkan tombol VN untuk merekam pesan suara. Namun, jangan khawatir, karena perubahan ini sebenarnya adalah sebuah inovasi yang menarik. Jadi, mengapa tombol VN WhatsApp berubah menjadi tombol pesan video? Mari kita simak penjelasannya lebih lanjut.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Kejutan, Bakal Rombak Total Tampilan di Android dan iOS!

Tombol Ikon Video pada Tombol VN WhatsApp

Tombol ikon video yang muncul saat tombol VN WhatsApp diklik sejatinya adalah tombol untuk mengakses fitur baru, yaitu instant video messages atau pesan video instan. Fitur ini merupakan langkah inovatif WhatsApp untuk memberikan pengguna pengalaman berkomunikasi yang lebih kaya secara visual.

Sebelum fitur pesan video instan ini hadir, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks dan pesan suara saja. Namun, dengan kehadiran fitur pesan video instan, pengguna kini dapat mengirim pesan dalam format video. Ini adalah terobosan yang signifikan dalam dunia pesan instan.

Baca Juga:   Cari Kerja Sulit? Simak Cara Berikut Ini Agar Mudah Diterima di Perusahaan Indonesia

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Pesan Video WhatsApp?

Fitur pesan video WhatsApp memiliki pengoperasian yang mirip dengan pesan suara. Namun, alih-alih merekam suara, pengguna sekarang dapat merekam video langsung dan mengirimkannya sebagai pesan instan dalam obrolan, bukan sebagai file media terpisah. Hal ini memungkinkan komunikasi yang lebih langsung dan pribadi antara pengguna WhatsApp.

Tidak seperti mengirim file media video dari galeri ponsel ke obrolan, fitur pesan video WhatsApp memungkinkan pengguna untuk merekam video secara instan dan mengirimkannya dalam bentuk pesan instan. Yang menarik, pesan video yang terkirim di obrolan WhatsApp memiliki bentuk yang berbeda dari file media video biasa. Mereka memiliki format berbentuk bulat, yang menjadi tanda bahwa video yang dikirim adalah pesan video, bukan file video biasa.

Fitur pesan video instan WhatsApp memungkinkan pengguna untuk membuat pesan video berdurasi maksimal 60 detik atau 1 menit. Ini adalah durasi yang cukup panjang untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan secara visual. Pengguna dapat merekam momen-momen khusus, berbagi pemikiran, atau mengungkapkan perasaan mereka dalam bentuk video yang mengesankan.

Letak fitur pesan video instan WhatsApp tidak berada di tombol ikon kamera pada kolom pengetikan chat. Untuk membuat pesan video, pengguna perlu mengetuk ikon mikrofon yang biasanya digunakan untuk membuat pesan suara. Saat ikon mikrofon itu diklik, pengguna akan menjumpai tombol ikon video untuk membuat pesan video WhatsApp. Proses ini sangat mirip dengan merekam pesan suara, tetapi dengan tambahan fitur video yang memungkinkan pengguna merekam diri mereka sendiri atau lingkungan sekitar mereka.

Foto: IGeeksBlog

Baca juga: Warganet Ramai Bahas Tanda “Kali” atau “x” di WhatsApp, Ini Penjelasannya

Cara Memutar Pesan Video WhatsApp

Baca Juga:   Waduh, Sejumlah Karyawan Kominfo pun Main Judi Online

Setelah pengguna menerima pesan video WhatsApp, memutarnya sangat mudah. Pesan video akan berputar otomatis seperti gambar GIF tanpa suara ketika pengguna membuka obrolan yang berisi pesan video tersebut. Pengguna dapat menghentikan pemutaran dengan mengklik pesan video dan melanjutkannya kembali sesuai keinginan mereka.

Pesan video WhatsApp membawa dimensi baru dalam komunikasi online. Mereka memungkinkan kita untuk berbagi momen-momen penting dalam hidup kita dengan cara yang lebih emosional dan kreatif. Ketika kita merekam diri sendiri atau lingkungan sekitar kita, pesan video bisa menjadi cara yang lebih pribadi untuk berkomunikasi dengan teman-teman, keluarga, atau rekan kerja kita.

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, pesan video juga dapat membuat kita merasa lebih dekat satu sama lain. Mereka memungkinkan kita untuk melihat ekspresi wajah dan emosi orang lain, yang seringkali sulit diungkapkan melalui pesan teks atau suara. Dengan pesan video WhatsApp, kita dapat berbagi cerita, pengalaman, dan perasaan kita dengan cara yang lebih mendalam dan bermakna.

Kapan Harus Menggunakan Pesan Video WhatsApp?

Pesan video WhatsApp dapat digunakan dalam berbagai situasi. Berikut adalah beberapa contoh kapan Anda dapat memanfaatkannya:

  1. Ucapan Selamat Ulang Tahun: Daripada hanya mengirim pesan teks biasa, Anda dapat merekam pesan video yang penuh dengan kebahagiaan dan ucapan selamat ulang tahun yang tulus.
  2. Pemberian Tutorial atau Petunjuk: Jika Anda ingin memberikan panduan atau tutorial kepada seseorang, pesan video bisa menjadi cara yang lebih efektif untuk menjelaskannya.
  3. Berbagi Pengalaman Perjalanan: Ketika Anda berlibur atau mengunjungi tempat-tempat menarik, Anda dapat merekam pesan video untuk berbagi pengalaman Anda dengan teman-teman atau keluarga.
  4. Pesan Motivasi: Jika Anda ingin memberikan semangat atau motivasi kepada seseorang, pesan video dapat menyampaikan pesan Anda dengan lebih kuat.
  5. Keterangan Produk atau Proyek: Bagi bisnis atau profesional, pesan video WhatsApp dapat digunakan untuk memberikan penjelasan lebih detail tentang produk, layanan, atau proyek yang sedang Anda kerjakan.
Baca Juga:   Pengguna Jalan Tol Wajib Daftar Aplikasi Cantas, Biar Gak Kena Denda!

Perubahan tombol Voice Note WhatsApp menjadi tombol pesan video adalah salah satu inovasi yang menarik dalam dunia komunikasi digital. Fitur pesan video WhatsApp memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara visual dengan cara yang lebih pribadi dan kreatif. Dengan pesan video, kita dapat berbagi momen-momen berharga, menjelaskan ide dengan lebih baik, atau hanya menyampaikan perasaan kita dengan lebih mendalam.

Jadi, jangan khawatir jika Anda melihat tombol ikon video saat mengirim pesan suara di WhatsApp. Itu adalah pintu ke dunia pesan video WhatsApp yang penuh potensi untuk mengubah cara kita berkomunikasi secara digital. Segera coba fitur ini dan nikmati pengalaman berkomunikasi yang lebih kaya dan bermakna dengan teman-teman, keluarga, dan rekan kerja Anda. Pesan video WhatsApp adalah langkah ke depan dalam evolusi pesan instan, dan kita bisa berharap melihat lebih banyak inovasi menarik di masa depan.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News. 

(law)

Related Articles

Back to top button