Nasional

Gempa Terkini 14 September 2023, Guncang Wilayah Lombok Barat NTB

LiveNews – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi gempa terkini 14 September 2023. Gempa berkekuatan 3,4 magnitudo mengguncang wilayah Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Kamis (14/09/2023) pukul 14.28 WIB. 

Menurut data yang dirilis oleh BMKG, pusat gempa berada di kedalaman 17 km Barat Daya Lombok Barat, NTB pada koordinat 8.78 Lintang Selatan – 115.77 Bujur Timur. BMKG menyatakan jika gempa ini tidak akan berpotensi tsunami. 

“#Gempa Mag:3.4, 14-Sep-2023 14:28:03WIB, Lok:8.78LS, 115.77BT (42 km BaratDaya LOMBOKBARAT-NTB), Kedlmn:17 Km #BMKG ” tulis BMKG dalam unggahan resminya, Kamis (14/9/2023). 

Lebih lanjut, BMKG menyatakan jika informasi tersebut mengutamakan kecepatan, sehingga belum dapat dipastikan apa saja dampak dari gempa ini. Sebab hasil pengolahan data belum sepenuhnya stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data. 

Baca Juga:Penyebab Gempa Bumi Maroko Menimbulkan Banyak Korban

Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa Bumi 

Gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa mengenal waktu maupun tempat. Oleh sebab itu, kita perlu membekali diri mengenai cara untuk menyelamatkan diri ketika gempa berlangsung. Hal ini bertujuan untuk menghindari cedera dan bahaya lain yang ditimbulkannya. 

Melansir dari BPBD Bogor berikut inu adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan diri saat gempa dengan aman: 

1. Posisikan tubuh dengan aman 

Cara umum untuk menyelamatkan diri dari guncangan gempa adalah dengan memposisikan tubuh ke bagian tangan dan lutut sebelum getaran gempa bumi semakin menghantam Anda. Posisi tersebut diyakini bisa melindungi Anda agar tidak terjatuh dan tetap memungkinkan Anda untuk bergerak. 

Baca Juga:Gempa Terkini 13 September 2023, Guncang Wilayah Jepara Jawa Tengah

Baca Juga:   Kronologi Ustaz Umar Khatib dan Istri Dijambret di Medan, Sempat Terseret

2. Cari alat perlindungan 

Usahakan cari penutup kepala dan leher (atau seluruh tubuh Anda jika masih memungkinkan). Perlindungan ini bisa Anda dapat jika berlindung di bawah meja maupun ranjanh yang kokoh.

Jika tidak ada tempat berlindung yang ada di dekat Anda, maka bergeraklah menuju dinding bagian dalam maupun di samping furnitur dengan posisi rendah yang tidak menimpa Anda, kemudian tutupi kepala dan juga leher dengan lengan dan tangan. 

3. Berdiam diri di tempat sampai guncanga berhenti 

Jika tidak bisa keluar rumah, usahakan Anda berlindung di tempat semula sampai guncangan gempa berhenti. Kemudian, bersiaplah untuk bergerak menuju tempat yang lebih aman jika guncangan merusak tempat dimana Anda berdiam diri. 

4. Perlindungan gempa saat di dalam rumah 

Jika Anda masih terjebak di dalam rumah saat gempa teradi, maka apabila memungkinkan dalam beberapa detik sebelum guncangan gempa semakin hebat, segeralah menjauh dari kaca, benda gantung, rak buku, lemari, maupun furnitur besar lainnya yang bisa saja jatuh. Menjauhlah dari sana dan lari menuju tempat yang tidak banyak benda menempel atau menggantung. 

5. Perlindungan gempa saat di apartemen 

Jika Anda terjebak di dalam apartemen atau gedung tinggi, usahakan tetap tenang. Coba untuk menarik perhatian petugas pencarian dengan cara mengetuk-ngetuk bagian struktur yang keras atau benda logam.

Cara ini dinilai dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan pertolongan sehingga bisa diselamatkan dan menuju tempat berlindung yang lebih aman. 

6. Perlindungan gempa saat di tempat ramai 

Usahakan saat di tempat ramai, Anda jangan terburu-buru menuju pintu keluar. Kerena biasanya orang lain juga akan berpikiran demikian, sehingga malah berebut dan berdesakan di depan pintu keluar. Bukannya bisa keluar, justru Anda akan terjebak di sana.  

Baca Juga:   Wahyu Dhyatmika dan Maryadi Terpilih Pimpin AMSI Periode 2023-2027

7. Perlindungan gempa saat di luar ruangan 

Saat gempa terjadi dan Anda di luar ruangan, maka usahakan untuk menjauh dari gedung, kabel listrik, pohon, lubang pembuangan, maupun saluran bahan bakar dan gas. Usahakan Anda mencari tempat lapang untuk berlindung agar tidak tertimpa reruntuhan ataupun pohon tumbang. 

8. Perlindungan gempa saat berkendara  

Terakhir, saat gempa dan Anda sedang mengemudi maka jauhilah persimpangan, kemudian pinggirkan kendaraan Anda di sisi kiri bahu jalan dan berhentilah. Ikuti instruksi atau arahan dari petugas berwenang dengan cara memerhatikan lingkungan sekitar atau melalui alat komunikasi lainnya. 

Nah demikian tadi informasi mengenai gempa terkini 14 September 2023. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Related Articles

Back to top button