Tekno

Google Hadirkan Fitur “Circle to Search” pada iPhone, Lebih Praktis!

Sumber: sediksi.com

LiveNews – Di dunia teknologi seluler, terdapat banyak fitur yang menjadi keunggulan ponsel pintar tertentu. Salah satunya adalah “Circle to Search”, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna ponsel Android untuk melakukan pencarian instan tanpa harus beralih aplikasi. Namun, bagi para pengguna iPhone, fitur ini tidak tersedia secara langsung. Meskipun demikian, Google telah menciptakan trik untuk membawa pengalaman serupa ke iPhone, khususnya pada model iPhone 15 Pro.

“Circle to Search” pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian dengan cara menggulir jari mereka untuk membentuk lingkaran di sekitar objek yang ingin dicari di layar ponsel mereka, tanpa harus meninggalkan aplikasi yang sedang mereka gunakan. Misalnya, pengguna dapat mencari baju yang dipakai artis hanya dengan melakukan gestur sederhana ini.

Fitur tersebut sebelumnya hanya tersedia untuk ponsel Android, namun Google menemukan cara untuk menghadirkannya pada iPhone 15 Pro dengan memanfaatkan tombol Action Button yang terletak di bodi kiri ponsel. Action Button ini biasanya digunakan untuk berbagai fungsi seperti meluncurkan kamera, menerjemahkan percakapan, atau mengaktifkan senter.

Baca juga: Fitur Google “Circle To Search” Kini Bisa Terjemahkan Kalimat Tanpa Pindah Aplikasi

Dalam rangkaian upaya untuk memberikan pengalaman serupa kepada pengguna iPhone, Google meluncurkan sebuah pintasan yang memanfaatkan Google Lens. Google Lens sendiri adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan penelusuran visual, dan dengan menggunakan pintasan ini, pengguna iPhone 15 Pro dapat dengan cepat mengaktifkan fungsi pencarian visual tersebut hanya dengan menekan tombol “Action Button”.

Minsang Choi, seorang manajer desain Google Lens, menjelaskan bahwa aktivasi Google Lens melalui Action Button pada iPhone sebenarnya memberikan pengalaman yang sama seperti “Circle to Search”, tetapi dengan waktu yang lebih cepat. “Ini (aktivasi Google Kens lewat Action Button) sama saja seperti Circle to Search, tetapi lebih cepat!” tulisnya. Meskipun demikian, upaya ini tidak lagi terlihat di unggahan media sosialnya, menunjukkan bahwa mungkin ada beberapa perubahan atau penyesuaian yang dilakukan.

Baca Juga:   Indosat Siap Berikan Kelancaran Konektivitas pada Momen Lebaran 2024

Meskipun demikian, pengguna iPhone dapat dengan mudah menciptakan pintasan serupa sendiri. Melalui aplikasi “iOS Shortcuts”, pengguna dapat membuat sebuah shortcut yang diaktifkan ketika mereka menangkap layar. Dengan mengatur agar Google melakukan penelusuran gambar melalui Google Lens setiap kali mereka menangkap layar, pengguna dapat menciptakan pengalaman serupa dengan “Circle to Search” di ponsel Android.

Adapun cara lengkapnya adalah sebagai berikut: 

  • Buka aplikasi “iOS Shortcuts” yang sudah diunduh. 
  • Buatlah sebuah shortcut yang kemudian diaktifkan ketika screenshot.
  • Saat melakukan screenshot, atur agar Google dapat melakukan penelusuran melalui Google Lens (Search Image with Lens).

Bagi mereka yang tidak memiliki iPhone 15 Pro, ada juga alternatif lain. Pengguna dapat memanfaatkan fitur aksesibilitas “Back Tap” yang ada di pengaturan iPhone. Dengan mengaktifkan “Back Tap” dan mengaitkannya dengan pintasan yang mereka buat sebelumnya, pengguna dapat dengan mudah melakukan pencarian visual hanya dengan mengetuk punggung ponsel mereka. 

Pengguna iPhone bisa melakukan “Back Tap” dengan membuka pengaturan pada menu “Accessibility” dan klik “Touch.” Gulir layar ke bawah, dan pilih menu “Back Tap.” Atur sesuai keinginan, baik itu “Double Tap” ataupun “Triple Tap”. 

Selain itu, keberadaan pintasan ini juga membawa manfaat dalam hal kemudahan akses dan kecepatan. Dengan hanya menggunakan gestur sederhana atau mengetuk tombol, pengguna dapat segera melakukan pencarian visual tanpa harus melalui langkah-langkah yang rumit atau beralih antar aplikasi. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi penggunaan perangkat, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk lebih fokus pada konten yang mereka telusuri, tanpa terganggu oleh proses pencarian yang memakan waktu.

Penting untuk diingat bahwa upaya Google untuk membawa fitur “Circle to Search” ke iPhone bukanlah sekadar upaya untuk menarik pengguna, tetapi juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Dengan menyediakan solusi yang sederhana namun efektif, Google menunjukkan komitmennya untuk memperluas aksesibilitas dan memperbaiki pengalaman pengguna di berbagai platform.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Unable to Check for Update di iPhone

Melalui langkah-langkah seperti ini, perusahaan teknologi terus mengembangkan inovasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna modern yang semakin kompleks. Dengan memberikan solusi yang cerdas dan mudah digunakan, teknologi dapat menjadi alat yang lebih bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, membantu pengguna untuk lebih produktif, terhubung, dan terinformasi.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button