Tekno

Google Penelusuran Punya Filter ‘Web’ Baru, Ini Fungsinya

Foto: LiveNews

LiveNews – Suka sesuatu yang simple? Maka fitur baru ini cocok untuk Anda. Google Penelurusan, mesin pencari internet terpopuler di dunia, mengumumkan fitur baru pada acara Google I/O lalu. 

Raksasa teknologi yang berbasis di San Francisco ini mengumumkan bahwa pengguna yang tidak ingin melihat pratinjau yang dibuat oleh AI sekarang dapat menggunakan filter ‘Web’ baru.

“Kami telah meluncurkan filter “Web” baru yang hanya menampilkan tautan berbasis teks, seperti halnya Anda dapat memfilter untuk menampilkan jenis hasil lain, seperti gambar atau video,” tulis Google pada akun Twitter @searchliaison, (14/05/2024)

Baca Juga: Google Perkenalkan Veo AI: Bisa Bikin Video 60 Detik, Bakal Ada di YouTube Short?


Ketika Google didirikan, visi perusahaan untuk mesin pencari cukup sederhana, mesin pencari ini menunjukkan kepada pengguna tautan ke situs web yang relevan dengan kueri penelusuran. Namun, saat ini Google berkembang pesat dan mesin pencari ini memiliki beberapa lapisan di atas hasil penelusuran.

Sebagai contoh, Anda mungkin melihat hasil belanja untuk beberapa kueri sementara yang lain mungkin menampilkan panel pengetahuan atau cuplikan unggulan. Ditambah lagi, dengan adanya AI yang masuk ke hasil pencarian, tautan ke situs web mungkin akan terdorong ke bagian bawah halaman sehingga cukup membingungkan beberapa pengguna.

Dengan filter ‘web’ baru ini, alih-alih menampilkan semua hal yang ditampilkan Google, tab ini hanya akan menampilkan tautan ke halaman web berbasis teks. Google juga mengklarifikasi bahwa pengguna ponsel tidak perlu mengetuk tombol ‘lainnya’ untuk melihat filter web yang baru. Di desktop, filter ini ditampilkan secara dinamis tergantung pada seberapa relevan filter tersebut bagi pengguna.

Baca Juga:   7 Trik Easter Egg Google yang Wajib Kamu Coba

Selain fitur ini, Google juga membagikan berbagai fitur baru lain dalam acara Google I/O seperti Project Astra, Ask Photo, Video AI “Veo”, AI Overview, dan lain-lain. Cek berita selengkapnya di sini.

Baca Berita dan Artikel Lainnya di Google News

(kar)

Related Articles

Back to top button