Bisnis

Harga Helikopter Black Hawk dan Spesifikasinya, Indonesia Bakal Beli 24

LiveNews – Kerjasama pengadaan helikopter Sikorsky S-70M BlackHawk dari Amerika Serikat untuk Indonesia akhirnya berhasil ditekan. Selain dengan spesifikasi, tentu banyak yang penasaran tentang harga heli Black Hawk, terlebih PT Dirgantara Indonesia berencana membeli 24 unit sekaligus.

Dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama (Head of Agreement/HOA) antara Gita Amperiawan selaku Direktur utama PT DGI dan Lockheed Martin dan Jeff White selaku Vice President of Global Business Development Sikorsky, Indonesia siap memperkuat angkatan udaranya.

Harga Helikopter Black Hawk

Black Hawk adalah helikopter utilitas militer yang diproduksi oleh perusahaan AS, Sikorsky Aircraft. Helikopter ini dirancang untuk mengangkut pasukan, kargo, evakuasi medis, pencarian dan penyelamatan, serta operasi khusus.

Baca Juga:Bukan Isapan Jempol, Ternyata Nama Gibran Serius Dibahas Gerindra Jadi Cawapres Prabowo

Black Hawk memiliki kecepatan maksimum 296 km/jam, jangkauan 592 km, dan berat maksimum lepas landas 9.979 kg1. Helikopter ini juga dilengkapi dengan sistem avionik canggih, persenjataan fleksibel, dan kemampuan terbang di malam hari dan cuaca buruk.

Harga beli helikopter Black Hawk bervariasi tergantung pada tipe, konfigurasi, dan negara pembeli.

Menurut beberapa sumber, harga rata-rata helikopter Black Hawk berkisar antara 19 juta hingga 21 juta dollar AS per unit. Namun, harga ini bisa berubah sesuai dengan kurs mata uang, inflasi, dan faktor lainnya.

Heli Black Hawk di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang tertarik untuk membeli helikopter Black Hawk sebagai bagian dari upaya modernisasi alutsista TNI.

Baca Juga:Gibran Masuk Bursa Cawapres Prabowo, Fadli Zon Sebut Masih Dibahas di Koalisi

Sampai pada akhirnya, beberapa waktu lalu, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyaksikan penandatanganan kesepakatan awal antara PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dengan Global Business Development Sikorsky Lockheed Martin di Washington AS terkait rencana pengadaan 24 helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk tipe GFA.

Baca Juga:   Kronologi Gedung Wismilak Disita, Diduga Terkait Pencucian Uang

Related Articles

Back to top button