Tekno

Harga Starlink di Indonesia Rp750.000 untuk Paket Standar, Begini Cara Daftarnya!

Foto: People of Color in Tech

LiveNews – Starlink, perusahaan internet satelit milik Elon Musk, akhirnya resmi hadir di Indonesia! Layanan ini akan memberikan akses internet berkecepatan tinggi dan latensi rendah kepada masyarakat di seluruh penjuru negeri, terutama di daerah yang masih belum tersentuh oleh infrastruktur internet tradisional. Penasaran berapa harga Starlink di Indonesia? Simak artikel ini sampai habis! 

Bagaimana Cara Kerja Starlink?

Starlink menggunakan jaringan satelit yang mengorbit di sekitar bumi untuk menyediakan akses internet. Satelit ini memancarkan sinyal yang dapat diterima oleh antena khusus yang dipasang di rumah atau bisnis pengguna. 

Berikut adalah beberapa keunggulan Starlink: 

  • Kecepatan tinggi: Starlink menawarkan kecepatan download dan upload hingga 220 Mbps, jauh lebih cepat dibandingkan dengan internet DSL atau kabel di banyak daerah di Indonesia. 
  • Latensi rendah: Starlink memiliki latensi yang rendah, yang membuatnya ideal untuk bermain game online, streaming video, dan aktivitas lainnya yang membutuhkan koneksi internet yang cepat dan responsif. 
  • Tanpa batas: Starlink menawarkan kuota tanpa batas, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang penggunaan data berlebihan. 
  • Jangkauan luas: Starlink dapat menjangkau daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh infrastruktur internet tradisional. 

Berapa Harga Starlink di Indonesia?

Starlink menawarkan dua paket berlangganan: 

  • Paket Standar: Rp750.000 per bulan, cocok untuk keluarga dengan kuota tanpa batas. 
  • Paket Bisnis: Harga belum diumumkan. 

Selain biaya berlangganan bulanan, pengguna juga perlu membeli perangkat keras Starlink, yang terdiri dari antena dan router. Perangkat keras ini dibandrol dengan harga Rp7.800.000. 

Cara Mendaftar Starlink

Anda dapat mendaftar Starlink di situs web resmi mereka di https://www.starlink.com/. Pastikan untuk memastikan terlebih dahulu bahwa layanan Starlink tersedia di wilayah Anda. Jika layanan Starlink tersedia di wilayah Anda, Anda dapat langsung membuat akun di situs web dan klik tombol “Order Now”. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut: 

  • Masukkan informasi kontak: Masukkan nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon Anda. 
  • Pilih paket berlangganan: Starlink saat ini menawarkan dua paket berlangganan di Indonesia, yaitu paket standar dan paket bisnis. 
  • Pilih metode pembayaran: Anda dapat memilih untuk membayar dengan kartu kredit atau debit. 
  • Konfirmasi pesanan: Pastikan semua informasi yang Anda masukkan sudah benar, kemudian klik tombol “Confirm Order”. 
Baca Juga:   Suwandi Soh, Kembangkan Mekari demi Kesejahteraan Bisnis Berbasis Cloud

Starlink juga menyediakan uji coba selama 30 hari. Jika Anda tidak puas dengan layanan ini, Anda dapat mengembalikan perangkat keras dan mendapatkan pengembalian dana penuh. 

Baca juga: Ternyata Starlink Indonesia Beda dengan Starlink AS, Begini Kata Kominfo

Dampak Sosial dan Ekonomi

Akses internet yang lebih baik tidak hanya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tetapi juga dapay mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan Starlink, para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah terpencil bisa memasarkan produk mereka ke pasar yang lebih luas secara online. Pelajar dan mahasiswa bisa mengakses materi pembelajaran dan pendidikan berkualitas tinggi tanpa terkendala lokasi. 

Selain itu, Starlink dapat mendukung pengembangan layanan telemedicine di daerah terpencil. Dokter spesialis yang berada di kota besar dapat melakukan konsultasi jarak jauh dengan pasien di desa melalui video call, sehingga meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang berkualitas. 

Starlink: Potensi dan Tantangan

Starlink memiliki potensi besar untuk merevolusi internet di Indonesia. Layanan ini dapat membantu menjembatani kesenjangan digital yang ada di negara ini dan memberikan akses internet yang lebih baik bagi masyarakat di seluruh wilayah. 

Namun, Starlink juga memiliki beberapa tantangan yang perlu dihadapi. Salah satu tantangan utama adalah harga. Biayanya yang relatof mahal dapat menjadi penghalang bagi banyak orang di Indonesia. Tantangan lainya adalah regulasi, di mana Starlink perlu mendapatkan izin dari pemerintah Indonesia untuk beroperasi di negara ini. 

Meski ada tantangan, kehadiran Starlink membawa harapan besar bagi masa depan internet di Indonesia. Dengan kolaborasi yang baik antara pemerintah, Starlink, dan masyarakat, layanan internet satelit ini beroperasi menjembatani kesenjangan digital, membuka peluang ekonomi baru, dan membawa Indonesia menuju era informasi yang lebih inklusif. 

Baca Juga:   Bisakah Kita Mengirim Pesan Kosong di WhatsApp?

Pemerintah bersama Starlink dapat menyelenggarakan program pelatihan dan edukasi bagi masyarakat di daerah terpencil untuk meningkatkan kemampuan mereka dan memanfaatkan internet secara optimal. Selain itu, Starlink membuka jalan bagi inovasi dan pengembangan teknologi lokal dengan akses internet yang lebih baik, talenta-talenta digital di daerah dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam kemajuan teknologi Indonesia. 

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm

Related Articles

Back to top button