Tekno

Hati-Hati! Bahaya Streaming Film di Situs Ilegal, Inilah Beberapa Situs Film Resmi

Sumber Poto : IStockphoto/scanrall

LiveNews – Ketika mengunjungi situs streaming ilegal, pengguna sering dihadapkan pada tautan atau iklan. Dengan mengklik tautan atau iklan tersebut, pengguna dapat terkena serangan virus dan malware yang dirancang untuk mencuri data pribadi seperti informasi login, nomor kartu kredit atau informasi sensitif lainnya. Peretasan seperti ini tidak hanya melanggar privasi, tetapi juga dapat mengancam keamanan finansial pengguna.

Selain itu, situs-situs ilegal kerap tidak memiliki tindakan keamanan yang memadai, sehingga menjadi sarang bagi malware, virus serta beragam program berbahaya lainnya. Malware atau virus yang ada pun dapat membuka peluang peretasan data pribadi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Situs seperti  IndoXXI dan LK21, tidak hanya melanggar hak cipta tetapi juga berpotensi membahayakan keamanan pribadi dan finansial pengguna.

Baca juga : Revisi UU Penyiaran, KPI Berwenang Awasi Netflix & Layanan Streaming Lain

Bahaya Menggunakan Situs Steraming Ilegal

1. Risiko Terkena Virus dan Malware

Saat mengunjungi situs streaming ilegal, pengguna sering dihadapkan pada tautan atau iklan yang tidak aman. Mengklik tautan atau iklan tersebut dapat mengakibatkan serangan virus dan malware. Virus dan malware ini dirancang untuk mencuri data pribadi seperti informasi login, nomor kartu kredit atau informasi sensitif lainnya.

2. Ancaman Terhadap Privasi dan Keamanan

Peretasan data yang dilakukan melalui situs-situs ilegal ini tidak hanya melanggar privsi tetapi juga dapat mengancam keamanan finansial pengguna. Data yang dicuri dapat digunakan untuk tindakan kriminal seperti pencurian identitas atau penipuan keuangan.

3. Keamanan yang tidak Memadai

Situs-situs ilegal kerap tidak memiliki tindakan keamanan yang memadai, sehingga menjadi sarang bagi malware, virus serta beragam program berbahaya lainnya. Hal ini membuka peluang peretasan data pribadi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:   4 Fitur Chatbot AI WhatsApp Resmi Diperkenalkan, Apakah Indonesia Kebagian?

4. Banyak Konten Eksplisit 

Situs ilegal, yang memiliki banyak iklan biasanya menyematkan dengan konten eksplisit yang bisa dilihat siapa pun, termasuk anak di bawah umur. hal ini bisa membahayakan anak-anak, seperti trauma atau merusak perkembangan sosial dan interpersonal anak.

Mengapa Harus Memilih Layanan Streaming Legal 

1. Jaminan Keamanan Data dan Privasi

Layanan streaming legal memiliki sistem keamanan yang terjamin. Mereka menggunakan teknologi enkripsi untuk melindungi data pribadi dan finansial pengguna.

2. Menghormati Hak Cipta Pembuat Film

Dengan menggunakan layanan streaming legal, turut menghargai hak cipta para pembuat film. Mereka mendapatkan imbalan yang layak atas karya mereka, yang pada gilirannya mendorong industri film untuk terus menghasilkan karya-karya berkualitas.

3. Kualitas Streaming yang Lebih Baik

Layanan streaming legal biasanya menawarkan kualitas video dan audio yang lebih baik dibandingkan situs ilegal. Pengguna dapat menikmati film dengan resolusi tinggi dan suara yang jernih tanpa ganguan iklan yang menggangu.

Ada banyak pilihan menonton film melalui aplikasi resmi dan pengguna hanya perlu berlangganan selama waktu tertentu dan keamanan yang turut terjamin.

Berikut ini daftar aplikasi straming film legal yang  bisa kamu jadikan pilihan ketimbang nonton di situs bajakan.

1. Netflix

Saat ini, Netflix jadi salah satu platform paling mendominasi di dunia. Pengguna dapat menikmati banyak konten film dari berbagai negara. Netflix juga menawarkan konten asli yang diproduksi dan hanya ada di platform tersebut. Untuk berlangganan, Netflix menawarkan beberapa paket mulai dari Rp 50.000.

2. HBO Go

Platform ini menyediakan tayangan dari HBO Original, HBO Asia Original dan Hollywood drama Asia. Sejumlah konten dapat diakses gratis. Namun ada pula yang harus berlangganan dulu agar bisa diakses.

Baca Juga:   Daftar 5 HP Xiaomi yang Turun Harga di Bulan April 2024, Cek Spesifikasi dan Harganya

3. iQiyi

Jika kamu menyukai film, drama hingga anime dari Asia, kamu bisa mengakses iQiyi, untuk menggunakan dan mengakses seluruh konten, pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu akun VIP.

4. VIU

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan nama VIU, Platform ini menyediakan berbagai konten film, drama, variety show asal Korea Selatan. Kamu perlu berlangganan akun VIP atau Premium untuk bisa mengakeses seluruh konten dalam platform. VIU menyediakan harga berlangganan mulai dari Rp. 33.000 perbulan.

5. CatchPlay+

CatchPlay+ menyediakan sejumlah film kartun, Indonesia dan Asia, kamu bisa mengaksesnya secara gratis namun untuk menikmati seluruh konten dapat berlangganan lebih dulu. Harganya mulai dari Rp 45.000 untuk satu bulan penggunaan.

6. Disney+Hotstar

Disney+Hotstar menyediakan film terkini, juga film mancanegara serta serial original lokal. 

7. MAXstream

Sejak diluncurkan pada 2018, MAXstream telah menghadirkan variasi konten lokal dan internasional berupa MAXstream original maupun kolaborasi dari straming platform dunia.

8. Vision+

Vision+ terdiri dari berbagai macam pilihan berlangganan. Mulai dari Rp.35.000 perbulan untuk Premium Spot hingga Rp.100.000 untuk satu tahun.

9. We TV

We TV  menampilkan beragam film, series, anime hingga tayangan variety show. Selain itu juga terdapat drama dari Korea, Thailand, China, Jepang dan negara Asia lain. Sejumlah konten bisa ditonton gratis namun adapula yang harus menggunkan akun VIP.

10. iFlix

iFlix banyak menyediakan film box office, serial TV, drama Korea, film Indonesia hingga tontonan untuk anak-anak. Seperti kebanyakan platform lain, platform ini bisa diakses gratis namun ada juga yang harus berlangganan.

Itulah beberapa aplikasi legal yang bisa digunakan untuk streaming film.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News

Baca Juga:   Kusumo Martanto, Kolaborasikan Budaya Indonesia dan Luar Negeri untuk Besarkan Blibli

(ay)

Related Articles

Back to top button