Tekno

Huawei Watch Fit 3 Resmi Meluncur, Harga Rp 2 Jutaan

Peluncuran Huawei Smartwatch Fit 3 di Malaysia

LiveNews – Huawei resmi meluncurkan arloji pintar (smartwatch) terbarunya, Huawei Watch Fit 3 untuk pasar Asia. Peluncuran yang diadakan di Malaysia pada senin 13 Mei 2024, Huawei Watch Fit 3 juga akan hadir pastinya di Indonesia pada 21 Mei 2024.

Huawei Watch Fit 3 di desain dengan ringkas dan ringan, selain itu yang berbeda dibandingkan pendahulunya, Huawei Watch Fit 2. Smartwatch ini memiliki bodi berbentuk persegi seperti Apple Watch, sedangkan model sebelumnya membawa desain persegi panjang.

Di sebelah kanan bodi, terdapat panel yang bisa diputar (rotating crown), tombol navigasi dan satu lubang mikrofon yang diletakan secara berurutan.  

Sementara itu, sisi  arloji pintar dilengkapi dengan dua lubang speaker. Adapun di bagian bawah smartwatch ini dilengkapi sensor pengukur detak jantung, sensor pengukuran inersia (IMU). Dari pihak Huawei sendiri mengatakan, bahwa hal ini pertama kali  crown premium  Huawei diboyong ke smartwatch Huawei yang punya desain persegi.

Adapun tombol crown di Huawei Watch Fit 3 digunakan untuk memperbesar (zoom in) atau memeperkecil (zoom out) layar home screen smartwatch, menggulir (swipe) ke atas dan bawah saat menelusuri daftar aplikasi, serta berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Adapun tombol di bawah crown berfungsi untuk membuka aplikasi yang sudah ditentukan (preset) dan untuk mengaktifkan asisten suara. Tombol crown ini dapat diputar dengan mudah alias tidak keras. Dengan begitu, dapat melakukan berbagai aktivitas seperti swipe daftar aplikasi dengan mudah.

Baca juga:Resmi! Huawei Akan Luncurkan 3 Produk Baru pada Awal Tahun 2024

Secara ukuran, Huawei Watch Fit 3 terbilang ringkas dengan dimensi 43,2 x 36,3 x9,9 mm dan bobot 26 gram (tanpa tali/strap). Sebagai perbandingan, Huawei Watch Fit 3 Classic Edition berbobot 30 gram tanpa tali. Strap bisa dilepas pasang dengan menekan tombol QuickLink yang terdapat di bawah tali.

Baca Juga:   X / Twitter Mulai Tarik Rp 15 Ribu/Tahun Bagi Pengguna Baru Agar Bisa Ngetwit

Huawei  Watch Fit 3 ini terasa kokoh dan tak mudah rusak berkat penggunaan material paduan aluminium. Arloji pintar ini dilengkapi sertifikasi tanah air dengan 5 ATM, sehingga pengguna tidak perlu takut apabila terkena percikan air.

Mengenai daya tahan, Huawei Watch Fit 3 ini juga sudah di tes dalam beberapa uji coba, yakni tes jauh, tes rol, tes beban keras, tes siklus suhu, tes ketahanana air. Dengan berbagai pengujian ini, Huawei Watch Fit 3 disebut cocok untuk dibawa untuk beraktivitas di luar rumah dan untuk berolahraga.

Layar yang Luas, Huawei Watch Fit 3 mengusug layar AMOLED berukuran 1,82 inci dengan resolusi 480 x 408 piksel, kerapatan piksel 347 ppi, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 1.500 nits, dan rasio layar ke bodi 77,4 %. Layar ini memiliki tepi yang melengkung (curved).

Layar ini lebih besar dari panel Huawei Watch Fit 2 (1,74 inci) ini nyaman digunkan, sebab layar besar ini memungkinkan antarmuka (UI) smartwatch makin terlihat alias aksesibel, dan terasa lebih lega.

Tingkat kecerahan ini pun memungkinkan pengguna smartwatch Huawei Watch Fit 3 tetap nyaman walaupun di bawah cahaya yang terang. Layarnya akan terasa mulus digunkan misalnya saat browsing dengan memnafaatkan rotating crown. Huawei tidak mengumbar refresh rate dari arloji pintar terbarunya ini.

Seperti berbagai Smartwatch Huawei sebelumnya, Huawei Watch Fit 3 ini dibekali banyak fitur yang membantu kehidupan sehari-hari penggunnya. Fitur ini dibagi menjadi dua yaitu fitur olahraga dan fitur kesehatan.

Untuk olahraga, salah satu fitur yang mengalami peningkatan signifikan di Huawei Watch Fit 3 yaitu Calorie Counter. Saat ini fitur tersebut memiliki tampilan yang ditingkatkan untuk pengalama pengguna (user experience/UX), desain yang dirombak, warna yang semakin kaya, dan jenis huruf (font) yang diperbesar.

Baca Juga:   Muncul Petisi Desak Menkominfo Mundur Gegara Server PDNS Tumbang

Tetapi jika masih belum familier dengan Calorie Counter, ini merupakan fitur yang membantu penggunanya melihat defisit kalori di layar, dengan berbagai metrik seperti asupan kalori, kalori aktif dan kalori istirahat. Hal ini dimungkinkan oleh sensor detak jantung yang tersemat di smartwatch Huawei Watch Fit 3.

Pengguna juga dapat memanfaatkan buku harian diet untuk mencatat kalori dalam makanan sehari-hari. Kemudihan bisa melakukan analisis untuk melihat nutrisis apa yang dikonsumsi. Contohnya, pengguna bisa melihat berapa gram karbohidat, protien, dan lemak yang dikonsumsi.

Perangkat ii pula turut membawa fitur rekomendai olahraga berdasarkan konsumsi olahraga, cuaca dn kebiasan olahraga. Tak lupa GPS bawaan, lebih dari 100 mode latihan termasuk lari trek baru dan mode sasaran harian Three Rings.

Huawei Watch Fit 3 dilengkapi dengan pulse Wave Arrythmia Analysis untuk memantau kelanan detak jantung dan kadar oksigen darah (SpO2) TruSeen 5.5 dengan akurasi yang tinggi.

selain itu fitur kesehatan untuk peerempuan seperti kalender bulanan, catatan kesehatan untuk keluaga dan fitur pemantauan tidur Huawei TruSleep yang komperhensif.  Ketika bangun dari tidur, pengguna akan disuguhkan penilaian seberapa baik tidur tersebut, nantinya smartwatch akan memberikan tips agar pengguna bisa beristirahat dengan baik.

Smartwatch ini memiliki baterai berkapasitas 400 mAh, yang dikalim bisa bertahan 10 hari dalam pemakaian maksimal 7 hari dalam pemakaian biasa, dan 4 hari untuk pemakaian dengan mengaktifkan layar always-on-Display (AOD). Melihat hal ini, pengguna kemungkinan bisa memeiliki baterai lebih awet apabila tidak banyak fitu saat menggunakan smartwatch ini. Jika baterai habis, nantinya pengguna dapat mengisi daya dengan menggunakan pin pengisi daya magnetis.

Konektivitas dan Sistem Operasi

Huawei Watch Fit 3 mendukung Bluetooth 5.2. Dengan fitur ini, pengguna bisa menghubungkan smartwatch ke smartphone, kemudihan menggunakan arloji pintar itu untuk menjawab panggilan telepon.

Baca Juga:   Resmi Dirilis, Cek Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Pad Pro 5G!

Huawei Watch Fit 3 kompatibel dengan sistem operasi (OS) Android 8.0 atau lebih baru dan iOS 13.0 ataua lebih baru. Smartwatch tidak dibekali layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS). Jadi, pengguna tidak bisa menggunakan layanan dari Google seperti peta Google Maps.

Harga Huawei Watch Fit 3

Huwaei Watch Fit 3 dipastikan bakal hadir di Indonesia pada 21 Mei 2024. Walaupun, Huawei belum mengumbar harga smartwatch terbarunya itu di Indonesia.

Sebagai referensi, harga Huwawei Watch Fit 3 sudah dirincikan di Malaysia.

  • Harga Huawei Watch 3 dengan tali fluoroelastomer – 599 Ringgit Malaysia (sekitar Rp. 2 juta)
  • Harga Huawei Watch 3 dengan tali kulit/nilon – 699 Ringgit Malaysia (sekitar Rp. 2,4 juta)

Pengguna Indonesia yang membeli Huawei Watch Fit 3 pada periode 21 Mei s/d 18 Juni 2024 akan mendapatkan benefit berupa earbus Huwei Freeuds SE 2. 

Baca berita dan artikel lainnya Google News

(ay)

Related Articles

Back to top button