Tekno

India di Bulan: Potret Penjelajahan Berlanjut!

Foto: ISRO

LiveNews – Menyongsong semarak suksesnya pendaratan misi Chandrayaan-3 di kutub selatan Bulan, Indian Space Research Organization (ISRO) mulai membagikan lebih banyak dokumentasi hasil penjelajahan mereka.

Pada Minggu (27/08) lalu melalui cuitannya di platform X, ISRO membagikan potret dari penjelajah mereka, Pragyaan, yang berada 3 meter jauhnya dari sebuah kawah berdiameter 4 meter. Kawah ini cukup besar dan bisa menelan Pragyan utuh-utuh bila terperosok, sehingga penjelajah tersebut diperintahkan untuk menelusuri kembali jalurnya. Kini Pragyan pun aman dan telah menemukan jalur yang baru.

Melalui koleksi dokumentasi ini, India senantiasa membuktikan bagaimana penjelajah mereka dirancang untuk menjadi tangguh dalam menghadapi medan kutub selatan Bulan yang terkenal tak ramah dijelajahi. Capaian ini merupakan rekam jejak gemilang mengingat bagaimana sudah banyak negara dan perusahaan swasta yang mengincar wilayah kutub selatan Bulan, lebih tepatnya mengincar es yang terkubur di dalam kawah-kawahnya. Temuan ini kelak akan menjadi sumber daya alam untuk memasok air minum, udara, dan bahan bakar roket.

Namun dengan janji sumber daya yang melimpah tersebut, disertailah tantangan dalam mencapainya. Di area kutub inilah bayangan yang menyelubungi Bulan menciptakan kondisi pencahayaan kurang memadai. Kondisi ini akan sangat menyulitkan dalam navigasi. Penjelajah harus bisa mengidentifikasi keberadaan lubang-lubang yang curam agar tidak terperosok jatuh.

Baca Juga: India Sukses Mendarat di Bulan

Pragyan, penjelajah emas beroda enam dari misi Chandrayaan-3, terus bertahan di lingkungan keras tersebut. Di kala instrumennya melakukan eksperimen seperti mengidentifikasi bahan kimia dan mineral tanah, kameranya menangkap dan merekam situasi sekitar, memberi gambaran langsung mengenai kondisi kutub selatan yang sedang dijelajahi maupun elemen misi yang memboyongnya, yaitu pesawat ruang angkasa dan wahana antariksanya. Belum lama ini misalnya, ISRO mencuit potret wahana antariksa Vikram yang diambil oleh Pragyan.

Pada unggahan terbarunya pula, ISRO menunjukkan dokumentasi berupa video hasil rekaman Chandrayaan-3. Dalam video tersebut, terlihat bagaimana Pragyan sedang beputar-putar di permukaan Bulan untuk mencari jalur aman. Mengutip dari cuitannya, “Rasanya seperti melihat anak yang berlarian di halaman Chandamama, di mana sang ibu menyaksikan dengan penuh perhatian.”

Kabar-kabar menarik ini pun semakin mengundang perhatian dunia dalam penjelajahan Bulan. Sebagai pengguna media sosial, kalian bisa simak akun Twitter (X) @isro untuk terus disajikan konten menarik dari penjelajahan mereka.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(nar)

Baca Juga:   Bikin Nostalgia! Rabbit R1, Gadget AI Mirip Game Boy Resmi Diluncurkan

Related Articles

Back to top button