Tekno

Indonesia Optimis Pimpin Pasar Crypto di Wilayah Asia

Dokumentasi: Nusa Finance

Crypto di kawasan Asia telah mengalami perkembangan yang signifikan, terutama di Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Hal ini tercermin dari peningkatan volume transaksi, daya beli, dan jumlah penduduk di wilayah tersebut. Indonesia sering disebut sebagai salah satu negara dengan perkembangan aset crypto paling dinamis di dunia.

Penguatan aspek regulasi dan perlindungan konsumen pada ekosistem crypto tanah air harus terus diusahakan karena peluang Indonesia menjadi pusat perkembangan aset crypto di kawasan Asia dapat mendatangkan efek berganda. Mulai dari peningkatan investasi asing hingga penciptaan lapangan pekerjaan. Kira – kira, apa saja ya faktor yang mendukung Indonesia sangat berpotensi dapat pimpin pasar crypto di wilayah Asia?

1. Posisi Ekonomi Digital Crypto di Indonesia 

Ekonomi digital Indonesia terus mengalami perkembangan yang positif di tahun 2023. Menurut laporan ‘e-Conomy SEA 2023’  yang disusun Google, Temasek, dan Bain & Company selama beberapa tahun terakhir, ekonomi digital Indonesia bertumbuh stabil dan diperkirakan akan mencapai Gross Merchandise Value (GMV) US$ 82 miliar pada 2023, atau tumbuh 8% year on year (yoy).

Pemerintah Indonesia sangat mendukung dan optimis bahwa sektor kripto dapat menjadi salah satu strategi pemerintah untuk mempercepat, menciptakan, dan mendorong upaya pengembangan ekonomi digital Indonesia pada 2030. 

Aset kripto telah masuk kedalam kategori komoditas, sebagai salah satu aset kelas baru yang menarik investor ritel dan institusional. Aset crypto juga menawarkan berbagai manfaat bagi ekonomi digital yang memungkinkan individu untuk mengelola dan mengembangkan kekayaan mereka secara lebih inklusif dan merata.

Sejauh ini, pemerintah telah memberikan dukungan dalam bentuk berbagai kebijakan strategis untuk memberikan ruang bagi pengembangan usaha inovasi komoditas digital serta kepastian dan perlindungan hukum bagi masyarakat. Kerangka peraturan di Indonesia untuk Web3, aset crypto, keuangan terdesentralisasi (DeFi), dan token non-fungible (NFT), berada di bawah yurisdiksi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Baca Juga:   Cara Membuat HP Jadi CCTV Jarak Jauh, Berlaku untuk Android dan iPhone!

2. Perkembangan Industri Crypto di Indonesia Saat Ini

Dokumentasi: Nusa Finance

Pada tahun 2023 lalu, Indonesia menduduki posisi ke-7 dalam adopsi aset crypto di dunia. Hal ini merupakan pencapaian yang sangat signifikan karena sebelumnya Indonesia berada di posisi ke-20. Peningkatan ini menunjukkan besarnya minat dan penerimaan terhadap aset crypto di Indonesia.

Indonesia secara umum mendukung crypto sebagai alat investasi, bukan sebagai alat pembayaran. Survei Gemini pada tahun 2022, menyatakan bahwa 41% orang Indonesia berusia antara 18 dan 75 tahun dengan pendapatan lebih dari $14.000 per tahun memiliki aset crypto. 

Bahkan di bulan Oktober 2023, jumlah total investor crypto di Indonesia mencapai 18,06 juta orang dengan nilai transaksi sebesar lebih dari Rp 10,5 triliun. Jumlah ini menunjukkan bahwa aset crypto telah menjadi bagian penting dari ekonomi digital Indonesia.

Menurut data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), saat ini terdapat 545 aset kripto yang telah terdaftar di Bappebti, dan boleh diperdagangkan di bursa aset kripto. Bursa kripto adalah sebuah badan usaha yang berperan menyediakan sarana kegiatan jual-beli aset crypto. Saat ini, terdapat 13 pedagang aset kripto yang telah terdaftar di Bappebti. 

Pengembangan sektor dan regulasi kripto di Indonesia diproyeksi akan terus berlanjut dengan adanya perpindahan pengawasan regulasi aset crypto dari Bappebti ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang ditargetkan selesai pada 2025. 

3. Keuntungan Adanya Bursa Crypto 

Dalam beberapa tahun terakhir, regulasi transaksi aset crypto di Indonesia mengalami perkembangan, salah satunya di akhir tahun 2023 diterbitkan Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 dan Nomor 13 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Aset Kripto di Bursa Berjangka.

Bappebti memberikan persetujuan perizinan Bursa Berjangka Aset Kripto, Lembaga Kliring Berjangka Penjaminan dan Penyelesaian Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto, dan Pengelola Penyimpanan Aset Kripto (Penyimpanan). Kehadiran bursa kripto ini semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai pusat perdagangan dan inovasi aset crypto, serta ekosistem digital di wilayah Asia Tenggara.

Baca Juga:   Cara Scan Barcode Spotify untuk Berbagi Lagu Hingga Playlist

Adapun manfaat bursa kripto bagi investor dan pelaku industri kripto:

Kemudahan Akses Informasi, berfungsi sebagai pusat informasi, memiliki potensi menjadi titik referensi bagi masyarakat Indonesia untuk mendalami lebih dalam tentang aset crypto

Proses Transaksi Terjamin,  bursa ini akan memiliki sistem pelaporan yang ketat, memastikan semua transaksi yang terjadi di dalamnya dicatat dengan benar dan dapat diakses oleh pihak berwenang

Transparansi Data, demi terhindar dari adanya segala bentuk kecurangan dan penipuan, bursa ini berkomitmen adanya keterbukaan, transparansi, tata kelola, dan akuntabilitas dalam mengawasi pergerakan industri crypto di Indonesia 

Februari lalu, PT Bursa Komoditi Nusantara atau dikenal dengan CFX selaku bursa kripto mengumumkan peresmian CFX Tower, gedung khusus bursa kripto pertama di Indonesia. CFX Tower dirancang untuk menjadi pusat perdagangan dan inovasi crypto di Indonesia. Gedung ini tidak hanya menjadi rumah bagi bursa kripto, tetapi juga nantinya diharapkan menjadi rumah bagi para pelaku industri crypto dan juga komunitas aset crypto di Indonesia.

Dengan adanya gedung bursa kripto pertama ini diharapkan akan menjadi tempat bertumbuhnya inovasi aset crypto sekaligus dapat mendorong Indonesia menjadi pemimpin pasar crypto di Asia.

Kesimpulan

Dengan pertumbuhan yang signifikan dalam industri kripto di Asia, terutama di kawasan Asia Tenggara, Indonesia optimis untuk memimpin pasar crypto di wilayah tersebut. Penguatan aspek regulasi dan perlindungan konsumen menjadi fokus dalam mengembangkan ekosistem crypto di Indonesia. Harapannya dengan dibentuknya bursa kripto oleh Pemerintah Indonesia dapat meningkatkan awareness masyarakat terkait keuangan digital khususnya crypto.

Tentang Nusa Finance

Dokumentasi: Nusa Finance

Nusa Finance adalah platform Web3 penyedia layanan keuangan terdesentralisasi terlengkap pertama dari Indonesia. Fitur unggulan Nusa adalah pasar pinjaman kripto dimana pengguna dapat meminjamkan, dan menjaminkan aset kripto untuk membantu proses trading. Nusa bertujuan untuk membuat platform Web3 mudah diakses oleh siapa saja.

Baca Juga:   Israel Bom Gaza Pakai AI Lavender, Tewaskan Ribuan Warga Sipil

Kenali Nusa Finance lebih lanjut

Penjelasan lengkap : Docs Nusa Finance

Kunjungi website : Nusa Finance

Bergabung di komunitas : Nusa Finance Indonesia 

Referensi

ASPAKRINDO. (2024, January 19). Indonesia Crypto & Web3 Industry report 2023. ASPAKRINDO. Retrieved March 7, 2024, from https://asosiasiblockchain.co.id/wp-content/uploads/2024/01/Indonesia-Crypto-Web3-Industry-Report-2023.pdf

Handayani, I. (2017, November 9). Tokocrypto Berpartisipasi dalam Bulan Fintech Nasional 2023. Investor.id. Retrieved March 7, 2024, from https://investor.id/market/347773/tokocrypto-berpartisipasi-dalam-bulan-fintech-nasional-2023

Indodax. (2023, August 21). Panduan Lengkap Tentang Bursa Kripto di Indonesia. INDODAX. Retrieved March 7, 2024, from https://indodax.com/academy/bursa-kripto-indonesia/

Santosa, A. B. (2023, October 23). Indonesia Masuk ke Peringkat 7 di Index Adopsi Crypto Global 2023. Pintu. Retrieved March 7, 2024, from https://pintu.co.id/academy/post/tingkat-adopsi-crypto-global

Viska. (2017, November 9). Perkuat Ekonomi Digital, Pemerintah Kembangkan Perdagangan Aset Kripto. Kominfo. Retrieved March 7, 2024, from https://www.kominfo.go.id/content/detail/46745/perkuat-ekonomi-digital-pemerintah-kembangkan-perdagangan-aset-kripto/0/berita

Wisnubroto, K. (2023, August 2). Indonesia.go.id – Bursa Kripto untuk Ekosistem Transaksi yang Aman. Retrieved March 7, 2024, from https://indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/7312/bursa-kripto-untuk-ekosistem-transaksi-yang-aman?lang=1

Related Articles

Back to top button