Tekno

Ingin Mengganti Baterai iPhone? Pahami Dulu Resikonya

Foto: MacPoin

LiveNews- Baterai merupakan salah satu komponen vital pada setiap smartphone, termasuk pada iPhone. Baterai dapat memberikan tenaga yang diperlukan oleh iPhone untuk menjalankan semua fungsi.

Namun ketika kualitas baterai telah mengalami penurunan, maka hal tersebut akan mempengaruhi penggunaan iPhone oleh pengguna. Ketika hal ini terjadi, banyak pengguna yang memilih untuk mengganti baterai untuk mempertahankan kinerja perangkat. Namun, penggantian baterai pada iPhone nyatanya memiliki berbagai resiko. Berikut resiko penggantian baterai pada iPhone.

Resiko Mengganti Baterai iPhone

1. Penggantian Status Baterai

Ilustrasi

Ilustrasi perubahan status baterai pada iphone. Foto: Pukeva

Mengganti baterai iPhone dengan menggunakan baterai original buatan Apple, dikatakan tidak akan mempengaruhi fungsi perangkat. Dimana iPhone akan tetap dapat mengumpulkan informasi kesehatan baterai jika menggunakan komponen original. Namun meskipun begitu, tetap ada perubahan yang terjadi ketika pengguna mengganti baterai iPhone. 

Ketika baterai iPhone telah diganti maka pada opsi “about” di pengaturan, pengguna dapat melihat status baterai menjadi “Genuine Apple Part”. Meskipun tidak mempengaruhi performa iPhone, status ini menandakan bahwa baterai yang digunakan telah diganti dengan komponen original milik Apple. Ketika pengguna memilih status tersebut, maka pengguna dapat melihat detail mengenai tanggal servis atau penggantian komponen baterai. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Kamera iPhone Getar Saat Memotret dan Merekam Video

2. Mempengaruhi Performa Perangkat 

Ilustrasi

Ilustrasi pengguna iphone. Foto: iPhonesoft

Jika pengguna mengganti baterai iPhone dengan baterai tiruan atau tidak orginal, maka penggantian ini dapat mempengaruhi perfoma perangkat yang digunakan. Pada dasarnya, baterai iPhone buatan produsen lain tidak dapat dipastikan dapat bekerja degan baik sesuai dengan desain Apple. Dimana, baterai dapat didesain dengan kualitas lebih rendah dibanding dengan standar Apple. 

Baca Juga:   Kejanggalan Elaelo, Sosmed yang Diklaim Sebagai Calon ‘Pengganti’ X

Selain itu, mengganti komponen baterai yang tidak original memunculkan kemungkinan kapasitas daya yang tidak sesuai. Ketika kapasitas daya yang dihasilkan tidak sesuai, hal tersebut akan mengkibatkan permasalahan pada performa perangkat iPhone yang digunakan. 

3. Hilangnya Jaminan dan Harga yang Mahal

Ilustrasi

Ilustrasi baterai iphone. Foto: pukeva

Meskipun pengguna mengganti baterai iPhone dengan produk original buatan Apple. Namun, hal tersebut akan memungkinkan pengguna untuk kehilangan jaminan ketahanan air. Selain itu, pengguna juga perlu mengeluarkan harga yang cukup mahal demi mengganti komponen baterai menggunakan produk original milik Apple. 

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ras)

Related Articles

Back to top button