Tekno

Ini Beberapa Alat yang Bisa Buat Udara di Rumah Menjadi Sejuk & Bersih

Ilustrasi : Freepik

Udara yang sejuk dan bersih di dalam rumah atau ruangan tentunya akan membuat penghuni rumah nyaman selama tinggal di rumah.

Namun, polusi udara di beberapa wilayah seringkali membuat udara di rumah menjadi kotor dan berdebu.

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, hal ini juga dapat mendatangkan berbagai penyakit pernapasan seperti asma, ISPA dan lain sebagainya.

Untuk membuat udara ruangan sejuk dan bersih, Anda dapat menggunakan beberapa alat dan metode yang dirancang khusus untuk tujuan tersebut.

Salah satu yang paling umum digunakan orang adalah dengan menggunakan air purifier atau penyaring udara.

Air purifier dapat membantu membersihkan udara dari partikel-partikel yang mengganggu kesehatan, terutama untuk pernapasan.

Selain itu, tidak jarang juga orang-orang menggunakan AC Cassette seperti DAIKIN SkyAir Inverter R-32.

Daikin SkyAir Inverter R-32 memiliki 3 kelebihan utama diantaranya hemat energi, ringkas dan sudah menggunakan refrigerant R32 yang lebih ramah lingkungan.

Lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa alat yang dapat membuat udara ruangan menjadi sejuk dan bersih :

  1. AC (Air Conditioner)

AC, atau air conditioner, memiliki beberapa fungsi utama yang berkaitan dengan pengaturan suhu dan kualitas udara di dalam ruangan, diantaranya adalah pendinginan ruangan, pengaturan suhu, pengontrol kelembaban, penyaringan udara dan penghilangan bau.

Pada AC modern seringkali dilengkapi dengan filter udara untuk membersihkan partikel debu dan kotoran dari udara.

  1. Air Purifier (Pembersih Udara)

Air purifier merupakan alat yang dirancang khusus untuk membersihkan udara dari partikel-partikel mikro seperti debu, serbuk sari, bakteri,  bulu binatang dan virus.

Disamping itu, beberapa air purifier juga dapat menghilangkan bau tidak sedap.

Cara kerja air purifier bervariasi tergantung pada jenis teknologi yang digunakan. Beberapa air purifier menggunakan filter fisik untuk menangkap partikel-partikel di udara, sementara yang lain menggunakan teknologi seperti UV-C, ozon, atau ionisasi untuk membunuh atau menghilangkan mikroorganisme yang ada di udara.

  1. Kipas Angin

Baca Juga:   Contoh Kata-Kata Undangan WhatsApp untuk Pernikahan

Meskipun tidak mendinginkan udara seperti AC, kipas angin dapat membantu mengedarkan udara di dalam ruangan, menciptakan sensasi sejuk.

  1. Dehumidifier (Pengurang Kelembaban)

Dehumidifier adalah perangkat yang dirancang untuk mengurangi kelembaban di dalam ruangan dengan menghilangkan uap air dari udara. Fungsi utama dehumidifier adalah mengatasi masalah kelembaban berlebih di dalam ruangan.

Selain itu humidifier juga dapat mencegah pertumbuhan jamur, menghambat pertumbuhan tungau debu dan bakteri, menghilangkan bau yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur, bakteri, dan kelembaban berlebih, membantu melindungi peralatan dan barang-barang berbahan logam dari kerusakan akibat kelembaban serta masih banyak lagi lainnya.

  1. Tanaman Indoor

Beberapa jenis tanaman indoor dapat membantu meningkatkan kualitas udara dengan menyerap polutan udara dan menghasilkan oksigen. Contohnya seperti  tanaman sansevieria, spider plant, dan peace lily.

  1. Humidifier (Pembuat Kelembaban)

Jika udara terlalu kering, humidifier dapat digunakan untuk menambah kelembaban di dalam ruangan.

Humidifier adalah perangkat yang dirancang untuk meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan. Fungsi utama humidifier adalah menambahkan uap air ke udara untuk mencapai atau menjaga tingkat kelembaban yang nyaman.

Ini membuat udara terasa nyaman ketika dihirup dan tidak membuat kulit menjadi kering.

Demikianlah tadi beberapa alat yang dapat membuat udara ruangan menjadi sejuk dan bersih.

Beberapa alat di atas dapat Anda gunakan untuk membantu menciptakan lingkungan yang sejuk, bersih, dan nyaman di dalam ruangan.

Related Articles

Back to top button