Tekno

Instagram Luncurkan Fitur Musik di Bio? Coba Sekarang!


Foto: Uzone

LiveNews – Siapa sangka, Instagram ternyata diam-diam meluncurkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk menyematkan musik di bio profil mereka. Fitur ini mengingatkan kita pada era MySpace di mana pengguna bisa memamerkan lagu favorit mereka di halaman profil. 

Fitur “musik bio” ini sudah diperkenalkan sejak Oktober 2022 lalu, namun  hanya sebatas uji coba internal. Namun, baru-baru ini, fitur tersebut mulai terlihat di beberapa pengguna iOS dan Android, manandakan bahwa Instagram sedang menggulirkannya secara bertahap untuk pengguna secara luas. 

Bagi Gen Z dan Millennial, fitur ini mungkin terasa seperti nostalgia, mengingat MySpace dulu menjadi platform media sosial favorit untuk memamerkan selera musik. Di sisi lain, bagi pengguna yang lebih muda, fitur ini bisa menjadi cara baru untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan musik favorit mereka kepada pengikutnya. 

Kembalinya Musik ke Profil Pengguna

Bertahun-tahun setelah MySpace memudar, Instagra menghadirkan kembali konsep serupa dengan fitur musik di bio. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyematkan lagu favorit mereka di bio profil mereka, yang dapat didengarkan oleh pengguna lain yang mengunjungi profil mereka. 

Kembalinya musik ke profil pengguna di era media sosial modern ini memiliki beberapa alasan: 

  • Meningkatnya Popularitas Streaming Musik: Layanan streaming musik seperti Spotify dan Apple Music telah menjadi tren populer dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini membuat pengguna semakin terbiasa mendengarkan dan menemukan musik baru secara online. 
  • Pentingya Musik dalam Ekspresi Diri: Musik memiliki peran penting dalam mengeskpresikan diri dan membangun identitas. Bagi banyak orang, musik dapat mewakili perasaan, pengalaman, dan kenangan mereka. 
  • Keinginan untuk Terhubung dengan Orang Lain: Musik dapat menjadi alat yang ampuh untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki selera musik yang sama. Hal ini mendorong terciptanya komunitas online yang terjalin melalui kecintaan mereka terhadap musik. 
Baca Juga:   Daftar 5 HP Xiaomi yang Turun Harga di Bulan April 2024, Cek Spesifikasi dan Harganya

Cara Menambahkan Musik di Bio Instagram

Menambahkan musik di bio Instagram cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya: 

1. Buka aplikasi Instagram dan pastikan sudah diperbarui ke versi terbaru. 

2. Masuk ke profil Anda.

3. Ketik “Edit Profil”. 

4. Pilih opsi “Musik”. 

5. Ketuk ikon “+” dan cari lagu yang ingin Anda sematkan. 

6. Ketuk “Selesai”. 

7. Musik yang Anda pilih akan muncul di bio profil Anda. 

Catatan: Lagu yang diputar hanya 30 detik, jadi pilihlah bagian favorit Anda. 

Pengguna lain yang mengunjungi profil Anda dapat mendengarkan lagu tersebut. Jika Anda menggantu lagu, Anda dapat menekan lagu yang disematkan saat ini, ketik “Ubah lagu profil”, dan ikuti langkah-langkah di atas. 

Tips Memilih Musik untuk Bio Instagram

  • Gunakan musik yang mencerminkan kepribadian atau minat Anda.
  • Pilih lagu yang sesuai dengan estetika profil Anda, 
  • Gunakan kutipan lirik lagu favorit Anda di bio Anda. 
  • Gunakan musik untuk mempromosikan karya musik Anda sendiri (jika Anda seorang musisi). 

Dampak dan Manfaat Fitur Musik di Bio Instagram

Selain sebagai cara untuk mengekspresikan diri, fitur msuik di bio Instagram juga dapat memberikan beberapa manfaat lain, seperti: 

  • Meningkatkan engagementPengguna yang mengunjungi profil Anda mungkin akan lebih tertarik untuk berinteraksi dengan Anda jika mereka menyukai musik yang Anda pilih. 
  • Membangun komunitas: Anda dapat menggunakan musik untuk terhubung dengan pengguna lain yang memiliki selera musik yang sama. 
  • Mempromosikan brandJika Anda seorang pebisnis, Anda dapat menggunakan musik untuk mempromosikan brand Anda dan menarik pelanggan baru. 

Prediksi Tren

Kemungkinan besar, fitur musik di bio Instagram akan menjadi tren baru di kalangan pengguna, terutama Gen Z dan Millennial, Fitur ini dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk menunjukkan kepribadian, minat, dan selera musik Anda kepada dunia. 

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu DeFi (Keuangan Terdesentralisasi) Bagi Pemula

Bagi para musisi, fitur ini dapat menjadi peluang untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mempromosikan musik mereka. Brand dan bisnis juga dapat menggunakan fitur ini untuk membangun citra merek yang lebih kuat dan menarik pelanggan baru. 

Fitur musik di bio Instagram adalah cara yang menyenangkan untuk menambahkan sentuhan personal pada profil Anda dan menunjukkan kepada dunia musik apa yang Anda sukai, Cobalah fitur ini dan lihat bagaimana hal itu dapat membantu Anda mengekspresikan diri di Instagram!

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button