Tekno

Instagram Perluas Marketplace Kreator di Indonesia, Makin Kuatkan Kolaborasi IG-Brand

Foto: Socialsamosa

LiveNews – Sejak pertama kali diluncurkan di AS pada tahun 2022 untuk sekelompok pengguna terpilih, Marketplace Kreator kini telah diperluas oleh Meta hingga mencakup ribuan pembuat dan brand.

Diketahui bahwa Instagram adalah salah satu platform terbaik bagi setiap brand dan kreator untuk berkolaborasi, mulai dari konten bermerek hingga iklan kemitraan.

Instagram akhirnya mengumumkan bahwa mereka memperluas pasar kreatornya ke 10 negara tambahan, termasuk Indonesia. Dua tahun setelah peluncuran awal, program ini kini dapat dinikmati oleh kreator di Indonesia.

Selain Indonesia, program yang memudahkan kreator menghasilkan uang di Instagram ini juga tersedia di Korea Selatan, Jerman, Belanda, Prancis, Spanyol, Israel, Turki, Meksiko, dan Argentina.

Pasar ini dirancang untuk menghubungkan para brand dengan pembuat konten guna mendorong kolaborasi. Tidak mengherankan jika Meta terus memperluas cakupannya hingga mencakup ribuan pembuat dan merek.

Pada bulan Februari lalu, Instagram juga telah meluncurkan Marketplace Kreator di Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Jepang, India, dan Brasil.

Baca juga: TikTok Shop dan Tokopedia Mau Kerjasama Bikin Marketplace Inovatif?

Sarana kolaborasi para Brand-Kreator

Foto: Instagram

Marketplace Kreator adalah sebuah inovasi berupa tempat khusus yang dirancang untuk memfasilitasi kolaborasi antara pembuat konten (kreator) dan merek (brand). Tujuannya untuk menyediakan ruang di mana kreator dapat menemukan peluang kemitraan dengan berbagai brand (merek), dan sebaliknya.

Nantinya brand dapat mencari kreator yang sesuai untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Untuk langkah selanjutnya, brand dapat mengirimkan proposal kolaborasi yang mencakup deskripsi dan detail proyek, serta jumlah pembayaran yang ditawarkan kepada pembuat konten (kreator).

Berdasarkan informasi dari laman Help Instagram, untuk berpartisipasi dalam program ini, kreator harus berusia minimal 18 tahun, memiliki akun profesional, dan memenuhi kriteria platform, seperti memiliki jumlah pengikut yang signifikan. Namun, Meta tidak menetapkan jumlah pengikut minimum yang spesifik untuk memenuhi kriteria tersebut.

Baca Juga:   Tak Perlu Repot! Ini Cara Kirim Pesan WhatsApp Ke Banyak Kontak Lewat Fitur Broadcast

Setelah kreator bergabung dengan program ini melalui dasbor profesional, mereka dapat memilih topik yang diminati untuk menarik perhatian merek atau perusahaan. Kreator dapat melihat proposal kerja sama dari merek atau perusahaan melalui kotak masuk “pesan kemitraan”.

Baca juga: Terbaru! Cara Buat Tulisan Caption Instagram dengan Efek Miring, Tebal, dan Dicoret

Foto: Instagram

Sebagaimana dilansir oleh teknologi.id yang mengutip Meta Newsroom pada Rabu (15/5), dari unggahan foto yang diposting di Instagram, konten hasil kerja sama ini akan diberi label “Sponsored”. Selain itu, konten akan diunggah menggunakan fitur “Tag Collaboration”.

Fitur ini memungkinkan unggahan yang sama untuk muncul di dua akun yang berbeda, yaitu milik kreator dan merek dalam hal ini. Selain itu, untuk menandai konten kolaboratif, unggahan juga akan menampilkan dua username sekaligus, yakni milik kreator dan merek.

Upaya Instagram untuk memperluas Marketplace Kreator-nya adalah bagian dari strategi untuk mengembangkan pangsa pasar di tengah persaingan yang ketat dalam inovasi saat ini.

Platform media sosial lainnya seperti Snap, YouTube, dan TikTok juga terus meningkatkan kualitas layanan mereka dan berusaha menghubungkan merek dengan pembuat konten.

Baru-baru ini, VSCO, sebuah aplikasi pengeditan foto, memperkenalkan platform untuk merek yang ingin berkolaborasi dengan fotografer profesional. Selain itu, startup seperti Catch+Release dan Agentio, dengan dukungan dari Accel, Craft Ventures, dan AlleyCorp, berfokus pada formalisasi hubungan antara merek dan kreator.

Manfaat Marketplace bagi kreator

  • Penghasilan Tambahan: Kreator memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui kolaborasi dengan merek. Merek dapat membayar kreator untuk membuat konten yang mempromosikan produk atau layanan mereka.
  • Ekspansi Jangkauan: Kolaborasi dengan merek memungkinkan kreator untuk menjangkau audiens yang lebih besar. Konten yang diproduksi bersama merek dapat membantu kreator menarik pengikut baru dan memperluas jangkauan mereka di platform.
  • Peningkatan Kredibilitas: Berkolaborasi dengan merek yang terkenal atau terpercaya dapat meningkatkan kredibilitas dan reputasi kreator di platform. Ini dapat membantu mereka menarik perhatian lebih banyak merek untuk kolaborasi di masa depan.
  • Akses ke Sumber Daya Tambahan: Kreator dapat memanfaatkan sumber daya tambahan yang disediakan oleh merek, seperti peralatan fotografi atau video, bahan promosi, atau dukungan kreatif, untuk meningkatkan kualitas konten mereka.
  • Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan: Kolaborasi dengan merek dapat membuka peluang bagi kreator untuk belajar dan mengembangkan keterampilan baru dalam produksi konten, pemasaran, dan manajemen merek.
Baca Juga:   Meta Luncurkan Produk Kacamata Pintar yang Bisa Livestream Facebook dan Instagram!

Manfaat Marketplace bagi brand

  • Efisiensi dalam Menemukan Kreator: Merek dapat dengan cepat menemukan kreator yang sesuai dengan kriteria kampanye mereka.
  • Jangkauan yang Lebih Luas: Merek dapat memanfaatkan jangkauan yang luas dari pengikut kreator untuk mencapai audiens yang lebih besar. Konten yang diproduksi bersama kreator dapat membantu merek menjangkau segmen pasar yang mungkin sulit dijangkau melalui saluran pemasaran tradisional.
  • Konten yang Autentik dan Relevan: Kolaborasi dengan kreator memungkinkan merek untuk menciptakan konten yang lebih autentik dan relevan bagi audiens mereka. Kreator memiliki pemahaman yang mendalam tentang audiens mereka dan dapat membantu merek menciptakan konten yang lebih menarik dan berdaya ungkit.
  • Peningkatan Keterlibatan Pengguna: Konten yang diproduksi bersama kreator cenderung memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi daripada konten merek saja. Ini dapat membantu merek meningkatkan interaksi dengan pengikut mereka dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens mereka.
  • Inovasi dan Kreativitas: Kolaborasi dengan kreator dapat membantu merek menghasilkan ide-ide inovatif dan kreatif untuk kampanye pemasaran mereka. Kreator sering kali membawa perspektif dan gagasan segar yang dapat membantu merek membedakan diri dari pesaing.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ny)

Related Articles

Back to top button