Tekno

Jadi yang Pertama Uji Coba Wi-Fi 7, Kecepatan Internet Telkomsel Bisa Tembus 10 Gbps

Foto:hadhilchoirihendra

LiveNews – Baru-baru ini, Telkomsel dan Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan uji coba teknologi Wi-Fi 7. Uji coba validasi teknologi Wi-Fi 7 ini dilakukan Telkomsel dan Kominfo bersama mitra teknologi global. Telkomsel sendiri menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menyelesaikan validasi teknologi tersebut.

Dilansir dari WIRED, Wi-Fi 7 lebih cepat, mendukung lebih banyak koneksi, dan lebih adaptif untuk mempertahankan kinerja latensi rendah yang andal. Wi-Fi 7 juga mengatasi kemacetan dan gangguan yang sering dialami pengguna.

Dalam uji coba bersama dengan perangkat jenis Low Power Indoor (LPI), Wi-Fi 7 menunjukkan kinerja dan stabilitas yang dapat meningkatkan pengalaman jaringan secara signifikan. Denny Setiawan selaku Direktur Penataan Sumber Daya Direktorat Jenderal SDPPI Kominfo mengatakan bahwa Kominfo terus mendorong penggunaan teknologi terbaru di Indonesia.

“Kami akan terus berupaya menghadirkan perkembangan evolusi teknologi terbaru di Indonesia agar dapat terus meningkatkan pengalaman mengakses Internet yang makin baik bagi masyarakat,” kata Donny, dikutip dari CNBC Indonesia, Senin (7/6/2024).

Baca Juga: Telkomsel Ubah Limbah Sim Card Jadi Smartphone Holder dan Paving Block

Selanjutnya, Ronald Limoa selaku Vice President Technology Strategy and Consumer Product Innovation Telkomsel mengatakan keunggulan teknologi Wi-Fi 7 membuka peluang peningkatan kualitas layanan bagi pelanggan Telkomsel baik perorangan di rumah maupun bisnis. 

“Menggandeng Kominfo dan sejumlah mitra teknologi global, kami terus berupaya menciptakan terobosan yang dapat menggerakkan kemajuan ekosistem digital dan transformasi industri telekomunikasi Indonesia,” jelas Ronald, dikutip dari palpres.com, Senin (7/6/2024)

Telkomsel juga berharap dapat terus membuka semua peluang peningkatan kualitas layanan. Sebagai teknologi inti terkini yang dapat melengkapi solusi jaringan internet rumah, Wi-Fi 7 pun akan mendorong pengembangan jaringan Telkomsel bersama keahlian dan inovasi berkelanjutan para mitra teknologi globalnya.

Baca Juga:   Sederet Produk Teknologi Israel yang Ramai-ramai Diboikot di Seluruh Dunia

Seklias Tentang Wi-Fi 7 

Berdasarkan beberapa sumber, standar Wi-Fi 7 berbeda dengan teknologi Wi-Fi sebelumnya karena memanfaatkan tiga pita frekuensi radio yaitu 2,4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz. Pemanfaatan lebih banyak frekuensi memberikan kecepatan lebih tinggi, latensi lebih rendah, dan kemampuan untuk melayani lebih banyak perangkat dalam waktu yang sama.

Kecepatan puncak standar Wi-Fi 7 menembus 23 Gbps dengan frekuensi selebar 320 MHz hingga kapasitasnya 5 kali lebih besar. Adapun, latensi terburuk Wi-Fi 7 disebut 100 kali lebih baik dibanding Wi-Fi 6.

Baca Berita dan Artikel Lainnya di Google News

(kar)

Related Articles

Back to top button