Nasional

Kebakaran Museum Nasional Berhasil Dipadamkan, Setelah Dua Jam Melalap Empat Ruangan di Gedung A

LiveNews – Setelah dua jam dilakukan upaya pemadaman atas kebakaran yang terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah pada Sabtu (16/9/2023) malam, petugas pemdam kebakaran akhirnya berhasil menjinakan si jago merah.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat berhasil memadamkan kebakaran pada jam 22.00 WIB.

“Kebakaran terjadi di empat ruangan di Gedung A Museum Nasional dan pada pukul 22.00 WIB api sudah dinyatakan padam,” katanya.

Meski begitu, sampai jam 23.00 WIB, tim masih terus melakukan pendinginan di lokasi kebakaran. Selain itu, akses sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat masih ditutup.

Baca Juga:Kerugian Akibat Kebakaran Museum Nasional Belum Diketahui, Perlu Libatkan Ahli untuk Identifikasi Koleksi Bersejarah

Lebih lanjut, ia mengemukakan, Museum Nasional akan ditutup sampai waktu yang belum ditentukan. Selain itu, ia mengungkapkan bakal menambah personel untuk pengamanan.

“Kita sudah persiapkan sebanyak 180 personel lagi, tetapi tadi sudah diterjunkan sekitar 70 personel, karena ini pengamanan aset negara yang diutamakan,” ujar Komaruddin.

Selain itu, ia juga menyampaikan, masih mendalami penyebab terjadinya api.

“Tahapannya setelah damkar menyatakan aman, akan kami lakukan pemeriksaan lebih lanjut di tempat kejadian perkara,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat.

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat mengerahkan 56 personil untuk memadamkan api.

“Total pengerahan unit dan personil ada 14 unit dengan 56 personil,” kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal dalam keterangannya, Sabtu (16/9/2023).

Pengerahan awal ialah tujuh unit mobil damkar dengan 21 personil. Kemudian, jumlah petugas dan mobil damkar ditambahkan beberapa kali.

Baca Juga:   Berapa Nilai Ambang Batas CPNS 2023? Cek Update Passing Grade CASN

Baca Juga:Kebakaran Museum Gajah Melalap Empat Ruangan Pamer Prasejarah

Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi sekitar pukul 20.07 WIB dan langsung melakukan operasi penanganan kebakaran.

Related Articles

Back to top button