Hiburan

Kemendikbudristek: AMI Awards 2023 kuatkan ekosistem musik Nasional

Jakarta (LiveNews) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2023 merupakan wujud penguatan ekosistem musik Nasional.

“Memang tugas pemerintah mendukung pengembangan ekosistem yang ada di Indonesia ke semua lini kesenian, dan sekarang pada penghargaan yang bergensi di bidang seni musik, AMI Awards, yang merupakan wujud penguatan ekosistem musik Nasional,” ujar Pamong Budaya Musik dan Media Kemendikbudristek Pandu Pradana, pada jumpa pers AMI Awards 2023 di Jakarta, Kamis.

Kemendikbudristek mewujudkan dukungan pada ajang penghargaan musik paling bergengsi di Indonesia yang ke-26 itu salah satunya dalam bentuk penyediaan dan akses lokasi pagelaran puncak acara yang akan dilaksanakan di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta, 8 November mendatang.

Baca juga: Pemerintah optimistis ekosistem lagu anak Indonesia semakin menguat

Sebelumnya, ajang ini hanya disiarkan melalui saluran televisi. Pandu mengatakan, penyelenggaraan di JIEXPO merupakan bentuk apresiasi yang lebih tinggi kepada para musisi Tanah Air, juga upaya untuk memperbesar jangkauan keterlibatan publik untuk turut menghargai musik Indonesia.

“Dukungan pemerintah pada hilirnya ada di panggung pertunjukannya,” jelas Pandu.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid mengatakan bahwa talenta dan karya yang dimiliki para musisi Indonesia menjadi bekal untuk mempertahankan dan merawat seni bagi kepentingan masa depan.

“Sejak masa lalu hingga saat ini, musik memberi makna mendalam sebagai ruang ekspresi kehidupan,” kata dia.

Baca juga: Kemendikbudristek: Lomba Inovasi Musik perkuat ekosistem musik tradisi

Oleh sebab itu, Hilmar menyebut, perhelatan AMI Awards bukan sekadar festival prestasi bagi para musisi Tanah Air, namun juga wadah yang mendorong masyarakat agar semakin berani menunjukkan inspirasi dan karya musiknya.

Baca Juga:   Paul McCartney kembali mainkan lagu The Beatles setelah dua dekade

“Saya berharap AMI Awards dapat mendorong semangat dan kapasitas bermusik para musisi Indonesia untuk lebih menyemarakkan industri musik Tanah Air. Selamat kepada para nominasi di setiap kategori AMI Awards. Saya berpesan agar terus berkarya,” ujar Hilmar.

Mengusung tema “Merayakan Perbedaan” AMI Awards 2023 akan menjadi pesta musik Indonesia dengan keberagaman genre yang ada pada saat ini.

Total sebanyak 4.858 lagu yang terdaftar tahun ini, berupa karya produksi single maupun album yang dirilis secara komersial dalam periode 1 Juli 2022 – 30 Juni 2023.

Dari hasil Sidang kategorisasi AMI yang berlangsung di 18 Juli hingga 3 Agustus 2023 yang dilakukan secara luring dan daring, terdapat total 62 jumlah kategori dalam AMI Awards tahun ini.

Baca juga: Program Kila diharapkan bisa menangkap keragaman bunyi Nusantara

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha

Related Articles

Back to top button