Hiburan

Kemendikbudristek menggelar konser musikal “Memeluk Mimpi-Mimpi”

Jakarta (LiveNews) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama dengan Titimangsa menggelar sebuah pertunjukan konser musikal bertajuk “Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai” yang dipersembahkan oleh sekolah musik SMKN 2 Kasihan Yogyakarta pada Kamis (25/4).

Konser musikal yang digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat ini menjadi ruang bagi pelajar SMKN 2 Kasihan, sebagai bagian dari penerapan program Merdeka Belajar, untuk bebas berpikir dan berekspresi melalui pembelajaran yang relevan dan menyenangkan.

“Pembelajaran yang berbasis pada peserta didik kemudian terlaksana pembelajaran yang terdiferensiasi. Dari masing-masing teridentifikasi kompetensinya kemudian diperkuat, didampingi, dan berkolaborasi dalam bentuk orkestra dan berkolaborasi dengan industri musik dan opera,” kata Plt. Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbudristek Wardani Sugiyanto di Cikini, Jakarta Pusat pada Rabu.

Baca juga: Kemendikbudristek dan SMKN 2 Kasihan bersiap konser musikal 25 April

Baca juga: Sambut HUT ke-78 RI, Gita Bahana Nusantara gelar Konser Kemerdekaan

Konser musikal ini menghadirkan kolaborasi antara murid dan guru SMKN 2 Kasihan Yogyakarta dengan seniman-seniman ternama Indonesia. Sejumlah lagu klasik dan populer dari dalam maupun luar negeri akan disuguhkan dan ditafsir ulang menjadi adegan yang diperankan aktor dan aktris Indonesia.

Pertunjukan “Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai” berkisah tentang Larasati yang mengalami patah hati dan meninggalkan kehidupan di Jakarta untuk kembali ke Yogyakarta.

Di Yogyakarta, Larasati bertemu dengan sejumlah orang dari masa lalunya yang membawa dirinya pada refleksi mendalam tentang cinta, mimpi, dan kehidupan dengan luka-luka.

Pagelaran ini diproduseri oleh Happy Salma dan disutradarai oleh Wawan Sofwan. Adapun naskah cerita ditulis oleh Felix K. Nesi dan musisi Tohpati dipercaya sebagai penata musik. Sedangkan Rangga Djoned bersama Happy Salma bertindak sebagai direktur kreatif.

Baca Juga:   "Cruel Summer" Taylor nomor 1 pada Billboard Hot 100 4 November

Sejumlah aktor dan aktris ternama Tanah Air yang turut membintangi konser musik ini antara lain Sherina Munaf sebagai Larasati, Nyoman Paul sebagai Raka, Mawar de Jongh sebagai Rena, Danu Kusuma sebagai Agung, dan Happy Salma serta Ario Bayu sebagai narator.

Isyana Sarasvati dan Heny Janawati turut menyumbangkan suaranya sebagai penyanyi dalam pertunjukan “Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai”.

“Memeluk Mimpi-Mimpi ini adalah aksi nyata dari implementasi Merdeka Belajar di mana pembelajaran yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kasihan ini benar-benar dilaksanakan dengan menyenangkan,” kata Wardani.

Baca juga: Kemendikbudristek berikan dana apresiasi tahunan kepada 44 seniman

Baca juga: Kemendikbudristek: Kontribusi pegiat tari besar pada pemajuan budaya

Baca juga: Kemendikbudristek: Temu Seni Musik dorong anak muda majukan budaya

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © LiveNews 2024

Related Articles

Back to top button