Bisnis

Kemenhub Peringati Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional Berpusat di Menara Suar Tanjung Baron

LiveNews – Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, setiap akhir bulan September segenap unsur Kementerian Perhubungan selalu memperingati 2 (dua) hari besar yang berdekatan, yaitu Hari Menara Suar yang jatuh pada tanggal 22 September dan Hari Maritim Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 September.

Pada tahun 2023, Hari Menara Suar telah memasuki Tahun ke-9, dimana puncak peringatannya dipusatkan di Kota Gudeg Yogyakarta tepatnya di Menara Suar Tanjung Baron Gunung Kidul Yogyakarta, dan dilaksanakan secara bersama secara luring dan daring oleh 25 Distrik Navigasi di seluruh Indonesia pada Hari Jumat (22/9), sekaligus memperingati Hari Maritim Nasional Tahun 2023.

Seiring dengan tema Peringatan Hari Maritim Nasional “Layar Terkembang Menuju Indonesia Maju, maka tema peringatan Hari Menara Suar ke-9 Tahun 2023 adalah “Cerlang Suar Menjaga Keselamatan dan Laju Transportasi Laut”.

Menurut Direktur Kenavigasian, Capt. Budi Mantoro, kedua tema tersebut juga menyatu dengan tema Hari Perhubungan Nasional Tahun 2023 yaitu ‘Melaju Untuk Transportasi Maju'”.

Baca Juga:Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kini Berganti Nama Jadi Whoosh

Melalui tema tersebut diharapkan agar sumbangsih cahaya Menara Suar membantu para Navigator dalam bernavigasi sehingga tercapai keselamatan pelayaran yang aman, efisien dan efektif.

“Keberadaan Menara Suar serta para petugasnya yang tidak kenal lelah dalam menjaga cahaya Menara Suar agar tetap terang dan menerangi para pelaut, sehingga mereka layak dijuluki sebagai “Pahlawan di tengah lautan” serta sudah selayaknya mendapatkan apresiasi yang pantas dari seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat maritim di indonesia maupun di dunia” ucap Capt. Budi.

Selain itu, melalui peringatan kedua hari besar ini, semua lapisan masyarakat bisa mengenang sejarah panjang Menara Suar serta peran pentingnya dalam keselamatan pelayaran.

Baca Juga:   DPR Usul ke Jokowi Proyek Monumen Reog Senilai Rp85 Miliar jadi PSN

”Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional menjadi pengingat bahwa keselamatan pelayaran adalah aspek kritis dalam kelangsungan hidup dan kemajuan perdagangan dunia. Menara suar adalah penjaga setia yang membantu kapal-kapal melewati bahaya di laut dan mencapai tujuan mereka dengan selamat” kata Capt. Budi.

Lebih jauh, Capt Budi menjelaskan bahwa sesuai dengan perkembangan teknologi global, maka pengelolaan bidang keselamatan pelayaran di Indonesia harus mampu meningkatkan kinerjanya secara bertahap agar dapat tetap berperan efektif memenuhi tuntutan dunia pelayaran baik domestik dan internasional yang semakin meningkat.

Baca Juga:Kemenhub Dorong Pertumbuhan Industri Pelayaran Nasional dalam Perdagangan Internasional

”Tentunya dalam melaksanakan pencapaian tersebut dibutuhkan kerja keras, pemikiran dan pengorbanan untuk meningkatkan kehandalan serta merawat Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) di seluruh perairan Indonesia, khususnya Menara Suar yang berada di pulau-pulau terpencil atau terluar yang merupakan penunjang keselamatan pelayaran, serta harus diawasi oleh organisasi yang solid dan sumber daya manusia tangguh dan cekatan” kata Capt. Budi.

Related Articles

Back to top button