Tekno

Keren! Ilmuwan Berhasil Buat Robot Lebah yang Bisa Terbang


Foto: E-Magazine Direct Industry

LiveNews – Semakin majunya teknologi membuat banyak orang berlomba-lomba menciptakan robot canggi, tak terkecuali Festo. Pada acara pameran teknologi Hannover Messe, Denis Mugrauer, dari Bionic Learning Network Festo mengenalkan proyek robot lebah baru mereka yang bernama BionicBee.

Dilansir dari Direct Industry, BionicBee membutuhkan waktu dua tahun untuk dikembangkan. Ia memiliki panjang 22 cm dan berat 30 gram dengan menggunakan teknologi pencetakan 3D SLS yang membantu menghasilkan desain yang sangat ringan tersebut.

Foto: Tech E Blog

Robot ini berisi banyak komponen, termasuk elektronik canggih untuk kontrol penerbangan dan stabilisasi sikap. Salah satu komponen yang ada dalam BionicBee adalah sistem GPS yang memungkinkannya untuk menentukan posisi dalam ruang 3D dan berbagi informasi dengan kawanan lebah lain.

“Komunikasi antar lebah sangat penting untuk mereplikasi perilaku kompleks dan terkoordinasi yang diamati dalam kawanan lebah di alam,” jelas Denis.

Baca Juga: Sulit Dipercaya! 13 Teknologi Canggih yang Ternyata Terinspirasi dari Alam!

Selain itu, BionicBee memiliki mekanisme sayap berdetak yang dapat meniru cara lebah asli menavigasi dan bermanuver. Bionic Bee juga menggunakan data penentuan posisi secara real-time sehingga sistem dapat memprediksi jalur penerbangan optimal bagi setiap lebah untuk mempertahankan formasi kawanan dan menghindari tabrakan.

Denis Mugrauer menjelaskan bahwa saat ini BionicBee adalah prototipe. “Ini adalah proses kreatif, di mana setiap eksperimen memiliki potensi untuk menghasilkan solusi dunia nyata yang praktis. Namun, terkadang proyek-proyek ini masih berupa prototipe, yang membuka jalan bagi teknologi baru dan inovasi di masa depan,” jelasnya.

Bionic Learning Network Festo adalah laboratorium khusus tempat para insinyur mempelajari alam untuk menemukan ide-ide inovatif untuk efisiensi energi, tenaga penggerak alternatif, dan desain ultra-ringan. Pada Hannover Messe edisi sebelumnya, mereka memamerkan robot yang meniru model semut, kanguru, dan gurita.

Baca Juga:   Ternyata Segini Harga 'Asli' dari iPhone 15 Series!

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

(kar)

Related Articles

Back to top button