Nasional

Komisioner Bawaslu Medan Kena OTT Polda Sumut, Lolly Suhenty: Mencoreng Nama Baik Lembaga

LiveNews – Penangkapan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan Azlansyah Hasibuan yang terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) oleh Polda Sumatera Utara dianggap mencoreng lembag pengawas pemilihan umum tersebut.

Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty mengatakan, peristiwa tersebut mencoreng nama baik lembaganya dan kini menjadi perhatian serius pihaknya.

“Peristiwa OTT yang terjadi pada salah satu komisioner Bawaslu Kota Medan telah mencoreng nama baik kelembagaan dan menjadi perhatian serius kami,” kata Lolly kepada wartawan, Kamis (16/11/2023).

Dia mengatakan, Bawaslu RI menghormati proses hukum tetapi tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah sampai ada putusan pengadilan yang berkekuata hukum tetap.

“Bawaslu dalam hal ini akan memberikan dukungan penuh pada aparat penegak hukum untuk dapat mengusut dan menegakkan proses hukum dengan sebaik-baiknya,” ujar Lolly

Dalam kesempatan yang berbeda, Anggota Bawaslu RI Herwyn Malonda menjelaskan, pihaknya telah mengarahkan Bawaslu Sumut untuk berkoordinasi dengan Polda Sumut. Koordinasi tersebut diperlukan untuk mendalami kasus tersebut.

“Hasilnya akan dijadikan pertimbangan kami dalam melakukan langkah-langkah selanjutnya,” tandas Herwyn.

Dari informasi yang dihimpun, Azlan disebut ditangkap bersama dua orang lainnya di salah satu hotel di Medan, Selasa 14 November 2023 malam. Dari foto yang diterima, tampak Azlan yang memakai kemeja kotak-kotak dalam kondisi tertunduk lesu.

Koordinator Divisi Humas, Data dan Informasi Bawaslu Sumut Saut Boangmanalu yang dikonfirmasi soal Azlan diduga ditangkap polisi tidak menampiknya.

“Nanti kita kasih informasi resmi,” katanya kepada SuaraSumut.id.

Saut mengatakan pihaknya sedang mengumpulkan informasi terkait Azlan yang terkena OTT. Oleh karena itu, Saut belum dapat menyampaikan secara lengkap terkait hal itu.

“Setelah ada info pasti ya,” katanya.

Baca Juga:   Polemik Pria di Riau Jadi Tersangka Usai Kalungkan Bendera Merah Putih di Leher Anjing

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sumut M Aswin Diapari Lubis mengatakan jika anggota Bawaslu Medan yang ditangkap diduga Azlansyah Hasibuan.

“Dugaan yang ditangkap anggota Bawaslu Medan bernama Azlansyah Hasibuan,” katanya.

Related Articles

Back to top button