Hiburan

Kriyanusa 2023 pamerkan karya perajin kriya Nusantara

Jakarta (LiveNews) – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menghadirkan acara bertajuk Kriyanusa 2023 yang menjadi wadah untuk memamerkan karya-karya para perajin kriya Nusantara.

“Ini adalah wadah yang tepat untuk mempromosikan karya-karya para perajin Indonesia yang mengagumkan,” kata Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma’ruf Amin di Jakarta, Rabu.

Acara dengan tema “Kriya Unggul, Indonesia Maju” itu berlangsung mulai Rabu (13/9) hingga Jumat (17/9) di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat.

Pembina DEKRANAS yang juga Ibu Negara Iriana Joko Widodo membuka rangkaian acara tersebut dengan menabuh rebana bersama-sama dengan para anggotanya. Dia pun menyambut positif kehadiran Kriyanusa 2023 yang menjadi ruang mempromosikan hasil kriya dari perajin-perajin nusantara.

“Pagi hari ini secara resmi saya buka Kriyanusa 2023 sebagai pameran kerajinan kriya nusantara di tahun 2023 ini,” ujar Iriana.

 

Pembina Dekranas Iriana Joko Widodo (tengah) dan Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin berfoto bersama dengan para anggota Dekranasda dalam pembukaan acara Kriyanusa 2023 di Jakarta Pusat, Kamis (13/9/2023). (LiveNews/Livia Kristianti)

Wury mengatakan diperlukan wadah yang tepat kriya sebagai bagian budaya di Indonesia karena hasil tangan para perajin Nusantara tersebut memiliki peranan penting untuk pelestarian hingga pengembangan budaya lokal. Maka, Dekranas dalam Kriyanusa 2023 mengajak lebih dari 300 perajin kriya Nusantara mengikuti ajang tersebut agar budaya-budaya dari setiap daerah di Indonesia bisa lebih dikenali oleh masyarakat mulai dari Ibu Kota.

Wury juga berharap dengan adanya wadah tersebut, maka para perajin kriya bisa saling bertukar ilmu dan kreativitas sehingga bisa memacu lebih banyak inovasi produk lokal asal Indonesia dan menciptakan produk berdaya saing yang tak kalah dengan produk di pasar internasional.

 

Ketua Dekranasda Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak, Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu Hj. Derta Rohidin serta Ketua Dekranasda Sumatera Utara Ayang Kahiyang melakukan peragaan busana dengan hasil kriya dari para perajin nusantara membuka Kriyanusa 2023 di Jakarta Pusat, Kamis (13/9/2023). (LiveNews/Livia Kristianti)

“Kunci dari peningkatan daya saing tersebut adalah inovasi dan kreativitas, Indonesia dapat berkreasi menciptakan kriya bermutu yang berbasis pada kekaayaan budaya atau tradisi masing-masing daerah menghasilkan desain menarik, kualitas baik, dan proses produksi efisien dan ramah lingkungan,” kata istri dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin itu.

Baca Juga:   Bupati lepas 20 Duta Seni Misi Kebudayaan Pelajar Boyolali 

Selain acara pameran, Kriyanusa 2023 menghadirkan acara menarik seperti peragaan busana produk lokal hingga edukasi-edukasi menarik seperti kelas kiat-kiat ekspor untuk menggaet pasar internasional.

Baca juga: Ibu Negara buka Kriyanusa Pameran Kerajinan Nusantara Tahun 2023

Baca juga: Dekranasda Jateng kirim sembilan perajin ke Kriyanusa 2023 di Jakarta

Baca juga: Dekranas sebut Indonesia punya potensi besar bidang industri kriya

Baca juga: Bantul ditetapkan sebagai Kabupaten Kreatif Indonesia sektor kriya

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas

Related Articles

Back to top button