Tekno

Matikan 2 Fitur iOS Ini Agar Baterai iPhone Kamu Bertahan Lebih Lama

Foto: Pexels

LiveNews – Seri iPhone 15 telah resmi dirilis, dan sekarang terdapat berbagai penawaran yang melibatkan perangkat ini serta iPhone 14. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memastikan pengoptimalan baterai agar ponsel Anda tetap terasa segar.

Menjaga daya tahan baterai juga merupakan langkah penting yang harus diambil oleh pengguna smartphone agar ponsel dapat mendukung aktivitas harian dengan baik.

Apple telah menyediakan fitur-fitur penting untuk meningkatkan masa pakai baterai iPhone. Salah satunya adalah fitur Optimized Charging di iPhone, yang dirancang untuk mengelola pengisian daya ponsel agar baterai tetap terjaga dalam jangka panjang. Selain itu, pengguna juga disarankan untuk menghindari suhu panas saat mengisi daya dan tidak menguras baterai hingga kosong untuk menjaga kondisi baterai.

Namun, selain itu, terdapat sejumlah tips lain untuk menghemat daya baterai yang bisa menjadi solusi ideal. Pengguna dapat mempertimbangkan penggunaan iOS 16 dan iOS 17, meskipun keduanya mungkin kurang dikenal, namun dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai iPhone.

Simak langkah menggunakan iOS berikut di ponsel iPhone milikmu!

Baca juga: Ini Dia, Cara Mengatur Layar iPhone Sesuai Kebutuhan

1. Hilangkan Widget di Layar Kunci iPhone

Semua widget yang ada di layar kunci secara otomatis mengaktifkan aplikasi untuk berjalan di latar belakang, terus-menerus mengambil data untuk memperbarui informasi yang ditampilkan di widget. Akibatnya, aplikasi tersebut terus beroperasi di latar belakang karena adanya widget, yang dapat mengakibatkan penggunaan daya yang signifikan.

Jika Anda ingin menghemat daya baterai iPhone, Anda dapat menghapus widget yang terpampang di Layar Kunci dengan langkah-langkah berikut:

  • Tahan tekan layar kunci.
  • Pilih opsi “Customize”.
  • Pilih “Lock Screen”.
  • Sentuh widget yang terpasang di Layar Kunci.
  • Kemudian tekan tombol “-” untuk menghapus widget tersebut.
Baca Juga:   Apple Hapus Aplikasi yang menggunakan AI untuk Hasilkan Foto Vulgar

2. Matikan Haptic Feedback di Keyboard iPhone

Keyboard di iPhone dilengkapi dengan fitur Haptic Feedback yang memberikan sensasi mengetik mirip dengan keyboard fisik.

Fitur ini bekerja dengan cara memberikan getaran setiap kali pengguna mengetik pada keyboard iPhone, meningkatkan pengalaman pengetikan secara keseluruhan. Meskipun terlihat sederhana, Haptic Feedback dapat menyebabkan konsumsi daya yang signifikan pada baterai iPhone karena mengaktifkan mesin getar di perangkat.

Menurut informasi resmi dari Apple, penggunaan Haptic Feedback pada keyboard iPhone dapat berdampak pada daya baterai perangkat. Meskipun demikian, tidak ada detail spesifik yang diberikan mengenai seberapa besar pengaruhnya terhadap masa pakai baterai.

Jika Anda ingin menghemat daya baterai iPhone lebih lanjut, Anda dapat menonaktifkan fitur Haptic Feedback dengan cara berikut:

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih Suara & Getaran.
  • Sentuh Umpan Balik Keyboard.
  • Kemudian Matikan Haptic.

Baca juga: Terjawab! Lebih Aman Android atau iPhone? Cek Jawabannya di Sini!

Mengecas iPhone terlalu lama tidak dianjurkan

Untuk mempertahankan daya tahan baterai yang optimal, Apple, produsen iPhone, memberikan peringatan serius kepada pengguna iPhone terkait kegiatan pengisian daya ponsel.

Mereka menyarankan pengguna agar tidak meninggalkan perangkat terhubung dengan charger semalaman. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengisian daya berlebih yang dapat merugikan kesehatan baterai dan masa pakai perangkat.

Dalam panduan resmi yang diterbitkan oleh Apple, dijelaskan bahwa pengisian daya semalaman dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu panas, yang pada akhirnya dapat merusak baterai dan mempercepat penurunan umur perangkat. Oleh karena itu, Apple menyarankan agar pengguna mengisi daya iPhone hanya saat diperlukan, dan sebaiknya tidak melebihi 80 persen kapasitas baterai.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga:   TikTok Bikin Aplikasi Baru Pesaing Instagram, Namanya TikTok Photos

(ny)

Related Articles

Back to top button