Tekno

Mau Berkarir di Dunia Web3? Ini Dia 4 Skill yang Harus Kamu Dalami!

Sumber Foto: Freepik

Web3 adalah konsep ekosistem internet yang dikembangkan untuk lebih terbuka, beroperasi secara otonom, serta dapat dikelola secara terdesentralisasi. Dicetuskan oleh Gavin Wood, Web3 merupakan evolusi internet yang ingin menjauh dari sentralisasi Web2, yang sebagian besar data dan operasionalnya masih dikontrol oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Google dan Amazon.

Banyak komunitas kripto yang menganggap bahwa masa depan Web3 akan menggunakan teknologi blockchain sebagai pondasinya, karena memiliki sifat trustless, permissionless, dan open-source.

Perubahan ini membuat peluang tenaga kerja baru muncul, dan dicari di Web3, khususnya perusahaan yang beroperasi di bidang blockchain, cryptocurrency, DeFi, metaverse, VR, dan AR. Pekerjaan yang paling banyak dicari di industri Web3 antara lain Developers, Developer Relations, Community Manager, Marketers, Business Development, Social Media Managers, atau Content Writer. 

Menurut hasil survey Consensys, setidaknya terdapat 4 skills yang harus dikuasai sebelum terjun dalam industri Web3, diantaranya financial trading, software engineering, marketing, dan creativity. 

1. Financial Trading

Salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan pada dunia web3 adalah trading, kegiatan ini berkaitan dengan aset cryptocurrency, di mana para pengguna akan menjalankan berbagai strategi untuk mendapatkan keuntungan. 

Skill financial trading sangat dibutuhkan bagi yang berminat bekerja sebagai Developer, Business Development ataupun Community Manager, karena pekerjaan ini membutuhkan pemahaman dasar terkait teknis dari aktivitas trading. Sehingga bisa menciptakan layanan yang sesuai, serta dapat membantu pengguna dalam menyelesaikan permasalahan terkait trading.

Financial Trading sendiri dapat diartikan sebagai kegiatan jual beli instrumen keuangan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Sebelum memulai financial trading pada industri web3, penting untuk mempelajari tentang dasar-dasar financial trading, seperti jenis-jenis aset cryptocurrency, strategi trading, potensi dan risiko pasar, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga:   Cara Meningkatkan Performa Website dengan Backlink

Skill financial trading ini sangat lekat dengan angka, perhitungan matematika, dan hal-hal teknis, sehingga dibutuhkan ketelitian dan fokus yang tinggi.

2. Software Engineering

Software engineering adalah ilmu komputer yang berkaitan dengan prinsip-prinsip,  teknik dan pemrograman untuk membuat aplikasi software. Skill ini sangat dibutuhkan bagi seseorang yang ingin bekerja sebagai Developer Web3, yang akan bertanggungjawab untuk merancang, mengembangkan, menguji, sampai melakukan audit. 

Skill software engineering harus menguasai keterampilan pengembangan web yang kuat, karena Web3 seringkali melibatkan pembuatan interface pengguna untuk aplikasi yang terdesentralisasi. Kemahiran dalam teknologi front-end seperti HTML, CSS, JavaScript, dan kerangka kerja seperti React atau Vue.js, serta keterampilan pengembangan back-end, dapat membantu dalam pembuatan dApps yang lancar dan ramah pengguna.

Selain itu, skill software engineering juga membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi, serta problem solving, karena dalam pelaksanaannya pasti banyak terjadi trial and error sehingga nantinya bisa ditangani dengan tepat dan sigap. 

3. Marketing

Sumber foto: Freepik

Marketing adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk bisa mempromosikan pembelian ataupun penjualan produk, ada beberapa hal yang mencakup marketing yaitu salah satunya adalah periklanan, penjualan, dan pengiriman produk kepada konsumen maupun mitra kerja lainnya.

Marketing pada web3 bertujuan untuk mempromosikan dan mengiklankan decentralized application (DApp) serta produk atau layanan berbasis blockchain. Biasanya aktivitas marketing yang dilakukan bertujuan untuk mengedukasi calon pengguna tentang keuntungan penggunaan produk dan layanan terdesentralisasi serta bagaimana mereka berbeda dari aplikasi web tradisional. 

Dalam menguasai skill ini, dibutuhkan keahlian untuk melakukan riset pasar, melakukan analisis kebutuhan konsumen sesuai dengan buyer persona, serta penggunaan berbagai tools. Skill marketing di web3 juga harus menguasai strategi kolaborasi dan memiliki komunikasi yang baik, karena pada dasarnya ekosistem web3 berbasis komunitas dan seorang marketer harus bisa membangun dan memperluas komunitas proyek. 

Baca Juga:   Kominfo Siapkan Regulasi Penggunaan Teknologi AI, Ini Tujuannya

4. Creativity

Skill kreativitas sangat penting dalam web3, karena dalam industri yang dinamis kita harus terus-menerus memunculkan ide-ide inovatif, menemukan solusi baru terhadap masalah, berpikir secara out of the box, sehingga dapat membantu pertumbuhan bisnis.

Skill kreativitas sangat dibutuhkan dalam setiap posisi pekerjaan yang ada di web3, misalnya dalam bidang marketing, kreativitas berfungsi untuk menciptakan pengalaman baru bagi pengguna lewat kampanye iklan yang dijalankan. Business Development juga membutuhkan kreativitas dalam mengembangkan produk yang berbeda dari kompetitor yang ada, dalam pengembangan NFT misalnya. Graphic Designer juga membutuhkan kreativitas dalam menciptakan ilustrasi, gambar, yang dibutuhkan dalam aktivitas maupun produk yang dikeluarkan proyek. 

Tentang Nusa Finance

Dokumentasi: Nusa Finance

Nusa Finance adalah platform Web3 penyedia layanan keuangan terdesentralisasi terlengkap pertama dari Indonesia. Fitur unggulan Nusa adalah pasar pinjaman kripto dimana pengguna dapat meminjamkan, dan menjaminkan aset kripto untuk membantu proses trading. Nusa bertujuan untuk membuat platform Web3 mudah diakses oleh siapa saja.

Kenali Nusa Finance lebih lanjut

Penjelasan lengkap : Docs Nusa Finance

Kunjungi website : Nusa Finance

Bergabung di komunitas : Nusa Finance Indonesia 

Referensi

Ambolis, D. (2023, June 6). Career In Web3- Top 10 Roles And Skills That Are In Demand. Blockchain Magazine. Retrieved March 12, 2024, from https://blockchainmagazine.net/career-in-web3-top-10-roles-and-skills-that-are-in-demand/

Beattie, A., & Ramos, C. (2023, February 13). 5 Skills That Traders Need. Investopedia. Retrieved March 12, 2024, from https://www.investopedia.com/articles/investing/091714/5-skills-traders-need.asp

Consensys. (2023, June). Executive Summary – Indonesia A Global Survey On Crypto and Web3. Consensys. Retrieved March 12, 2024, from https://consensys.io/insight-report/web3-and-crypto-global-survey-2023#download-report

Coursera. (2024, January 8). What Is Web3? (+ How Does It Work?). Coursera. Retrieved March 12, 2024, from https://www.coursera.org/articles/web-three

Baca Juga:   Ini Dia, Cara Mematikan Suara Shutter Kamera di Android dan iOS

Fakhriani, Z. (2023, September 17). Soft Skill Utama yang Dibutuhkan di Dunia Kerja Web3. BeinCrypto Indonesia. Retrieved March 12, 2024, from https://id.beincrypto.com/belajar/soft-skill-utama-yang-dibutuhkan-di-dunia-kerja-web3/#h-apa-saja-soft-skill-yang-paling-diperlukan-dalam-pekerjaan-web3

Weston, G. (2023, August 25). 5 Things To Help You Kickstart Your Career In Web3. 101 Blockchains. Retrieved March 12, 2024, from https://101blockchains.com/career-in-web3/

Related Articles

Back to top button