Hiburan

Meghan Markle dan Pangeran Harry tiba di Nigeria untuk tur resmi

Jakarta (LiveNews) – Meghan Markle dan Pangeran Harry mendarat di Nigeria pada hari Jumat (10/5) untuk tur internasional resmi pertama mereka sejak mundur dari peran kerajaan mereka pada tahun 2020.

Duke dan Duchess of Sussex terlihat tiba di Bandara Internasional Nnamdi Azikiwe di Abuja pada Jumat pagi.

Pasangan itu diundang mengunjungi negara di Afrika tersebut oleh Kepala Staf Pertahanan Nigeria, yang merupakan pejabat militer berpangkat tertinggi.

Kunjungan tersebut menyusul perjalanan Harry baru-baru ini ke Inggris untuk memperingati 10 tahun Invictus Games.

Meski ia mengundang anggota keluarganya, termasuk ayahnya Raja Charles, saudara laki-laki Pangeran William, dan saudara ipar perempuan Kate Middleton untuk menghadiri kebaktian di Katedral St. Paul, tidak satupun dari mereka yang hadir.

Baca juga: Pangeran Harry syuting serial Netflix baru di Florida

Meghan (42) yang tidak menemani Harry ke Inggris, bergabung dengannya setelah itu, dan mereka melakukan perjalanan bersama ke Nigeria.

Melansir People di hari yang sama, pasangan itu dikabarkan akan mengunjungi sekolah dan bertemu dengan Kepala Staf Pertahanan.

Sore harinya, Harry (39) akan menemui anggota militer yang terluka di rumah sakit militer.

Pada hari Sabtu, mereka akan menghadiri sesi pelatihan untuk organisasi Nigeria “Unconquered” dan resepsi yang diselenggarakan oleh Kepala Staf Pertahanan untuk menghormati keluarga militer.

Nantinya, Meghan dijadwalkan menjadi co-host acara Women in Leadership bersama Dr. Ngozi Okonjo-Iweala, Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia.

Baca juga: Meghan Markle datang ke konser Taylor Swift di Los Angeles

Pada hari Minggu, Duke dan Duchess akan menghadiri acara bola basket bersama Giants of Africa, resepsi budaya, dan penggalangan dana polo untuk Nigeria: Unconquered.

Baca Juga:   Xiumin buka SHI 2024 dengan lagu “Brand New”

Selama menjadi bangsawan, Harry dan Meghan melakukan beberapa tur internasional resmi.

Pada tahun 2018, tak lama setelah pernikahan kerajaan mereka, mereka mengunjungi Australia, Tonga, Fiji, dan Selandia Baru, mengumumkan kehamilan Meghan selama perjalanan.

Pada bulan Februari 2019 saat menantikan Archie, mereka melakukan tur ke Maroko dan kemudian mengunjungi Afrika bagian selatan bersama putra mereka yang berusia 5 bulan.

Baca juga: Pangeran Harry ke London setelah Raja Charles III didiagnosis kanker

Selama kunjungan mereka ke Cape Town di Afrika Selatan pada tahun 2019, Meghan memberikan pidato yang berkesan, dengan bangga berbicara tentang banyak perannya termasuk warisan kulit hitamnya.

“Pada satu catatan pribadi, izinkan saya mengatakan bahwa ketika saya di sini bersama suami saya sebagai anggota keluarga kerajaan, saya ingin Anda tahu bahwa bagi saya, saya di sini sebagai seorang ibu, sebagai seorang istri, sebagai seorang wanita, sebagai wanita kulit berwarna, dan sebagai saudara perempuanmu. Aku di sini bersamamu, dan aku di sini untukmu,” katanya yang disambut sorak-sorai penonton.

Selama berada di Nigeria, Meghan dan Harry akan bertemu dengan anggota militer dan mengambil bagian dalam berbagai kegiatan budaya.

Kunjungan ini akan menyoroti Invictus Games Harry, yang menyambut 500 atlet pada acara tahun lalu di Jerman, dengan dihadiri 21 negara, termasuk Nigeria.

Baca juga: Pangeran Harry jadi saksi kasus peretasan ponsel oleh tabloid Inggris

Menteri Pertahanan, Alhaji Mohammed Abubakar Badaru yang berpartisipasi dalam acara tahun lalu di Jerman, telah mengindikasikan kesiapan Nigeria untuk menjadi tuan rumah pertandingan tersebut jika diberi kesempatan.

Pada tahun 2022, dalam salah satu episode podcast Arketipe, Duchess of Sussex mengungkapkan bahwa dia mengetahui bahwa dia memiliki keturunan Nigeria, yang mencakup 43 persen warisan genetiknya, melalui tes silsilah.

Baca Juga:   Pengenalan makanan lokal hingga Kemenparekraf ingatkan "Kolaboraksi"

Pada Invictus Games di Düsseldorf Jerman tahun lalu, Meghan dan Harry mendedikasikan waktu untuk berinteraksi dengan tim Nigeria, yang disebutkan Harry didukung oleh istrinya dalam pidato pembukaannya.

“Sekarang, saya tidak mengatakan kami bermain sebagai favorit di rumah kami, tapi karena istri saya mengetahui bahwa dia adalah keturunan Nigeria, kemungkinan besar kompetisi akan menjadi sedikit lebih kompetitif tahun ini,” candanya.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan diminta kosongkan tempat tinggal di Inggris

Baca juga: Pangeran Harry bicara tentang pencemaran nama baiknya dan Meghan

Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © LiveNews 2024

Related Articles

Back to top button