Olahraga

Mengenal Kejuaraan Dunia Senior BWF, Turnamen Elite Bulutangkis Khusus Lansia

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) ternyata tidak hanya menggelar ajang level junior namun juga untuk lansia di Kejuaraan Dunia Senior.

LiveNews – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) ternyata tidak hanya menggelar turnamen di level junior namun juga untuk para pebulutangkis yang sudah berumur di Kejuaraan Dunia Senior.

Sebagaimana diketahui saat ini tengah berlangsung ajang Kejuaraan Dunia Senior 2023 pada 11-17 September 2023 di Korea Selatan.

Kejuaraan Dunia Senior sendiri memang masih terdengar asing, karena tidak masuk dalam rangkaian turnamen BWF World Tour.

Meski demikian, ajang yang juga bernama BWF World Senior Championships ini tetap menarik karena diikuti oleh sejumlah legenda dari berbagai negara.

Ya, Kejuaraan Dunia Senior memang dikhususkan untuk pebulutangkis yang sudah berumur dan telah pensiun dari dunia bulutangkis.

Turnamen bulutangkis yang satu ini juga terbilang spesial karena tidak digelar setiap tahunnya, melainkan diadakan dua tahun sekali.

Selain itu Kejuaraan Dunia Senior juga dibagi lewat kategori umur yakni mulai dari +35, +40, +45, +50, +55, +60 +65, +70, +75 dan +80.

Sama seperti turnamen pada umumnnya, setiap pemenang akan dianugerahi medali emas dan dinobatkan sebagai juara dunia dalam kategori usia tertentu.

Begitu juga dengan runner-up yang akan meraih medali perak, dan juara ketiga bakal mendapatkan medali perunggu.

Melansir dari laman resmi BWF, selain itu anggota dari setiap asosiasi diundang untuk memasukkan hingga empat pemain atau pasangan di masing-masing dari lima pertandingan di setiap kategori usia.

Untuk lebih lengkapnya, berikut catatan Kejuaraan Dunia Senior dari tahun ke tahun mulai pada 2011 silam:

Baca Juga:   Gara-gara Bellingham Timnas Inggris dan Real Madrid Terlibat Perang Dingin

Related Articles

Back to top button