Tekno

Mengenal Lebih Dekat Teknologi Hijau dan Penerapannya di Indonesia

Ilustrasi teknologi hijau. Foto: Shutterstock

LiveNews – Beberapa tahun terakhir, berbagai negara di dunia berlomba-lomba menjadi yang terdepan. Mereka membuat berbagai inovasi mulai dari transportasi, alat telekomunikasi, alat perang, dan lain-lain.

Inovasi ini diterima dengan baik oleh masyarakat seluruh dunia yang juga merasakan dampaknya. Namun, tak jarang apa yang dilakukan oleh negara-negara ini kerap tidak memperhatikan lingkungan dan dapat mengancam kehidupan jangka panjang. 

Dalam beberapa dekade terakhir, dunia kian lekat dengan teknologi hijau (green technology) untuk mendorong pembangunan berkelanjutan. Di tengah minimnya inovasi, raksasa korporasi global berdatangan ke Indonesia menawarkan teknologi tersebut.

Istilah teknologi hijau mengacu pada penggunaan teknologi guna menciptakan produk dan layanan ramah lingkungan. Teknologi hijau—sering juga disebut sebagai teknologi lingkungan—berkonsentrasi pada inovasi berkelanjutan yang memperhitungkan dampak lingkungan jangka pendek dan jangka panjang.

Baca Juga: Tim RI Juarai ICT Competition Asia Pasific di Huawei, Kalahkan 6.400 Lebih Peserta

Manfaat Teknologi Hijau

Teknologi hijau memberikan beberapa manfaat bagi lingkungan dan masyarakat, antara lain:

1. Melindungi Lingkungan

Dengan mengurangi polusi, manajemen limbah berkelanjutan, dan mengadopsi metode berkelanjutan kita berkontribusi dalam melindungi ekosistem dan biodiversitas. 

2. Meningkatkan Kualitas Hidup

Teknologi hijau memberikan udara yang lebih bersih, sumber air lebih bersih, dan makanan yang lebih sehat. Teknologi hijau juga meningkatkan perkembangan komunitas berkelanjutan sehingga menciptakan lingkungan yang lebih aman dan sehat.

3. Mendorong Inovasi

Teknologi hijau memerlukan inovasi untuk pengembangannya. Tantangan perkembangan teknologi hijau mendorong ilmuwan dan insinyur untuk lebih kreatif dan inovatif, demikian juga dengan perusahaan- perusahaan melakukan penelitian dan pengembangan baru.

4. Meningkatkan Perekonomian

Penerapan teknologi hijau menciptakan lapangan kerja yang baru serta membuka akses ke pasar yang baru yang berkembang.

Baca Juga:   Ingin Mencoba Investasi? Kenali Dulu Cryptocurrency

Implementasi Teknologi Hijau di Indonesia

Bagaimana dengan Indonesia? Saat ini, Indonesia masih terus mengembangkan penerapan teknologi hijau. Salah satu contoh penerapan teknologi hijau yang sedang berkembang di Indonesia yakni merebaknya kendaraan listrik.

Masalah polusi udara dan harga bahan bakar minyak yang semakin meningkat dimana-mana menyebabkan orang beralih ke kendaraan listrik. Kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) tidak menghasilkan gas emisi dan tidak membutuhkan bahan bakar. Salah satu contohnya yang sedang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia yaitu transportasi publik ramah lingkungan seperti kereta rel listrik (KRL) maupun bus listrik Transjakarta.

Baca Berita dan Artikel Lainnya di Google News

Related Articles

Back to top button